Heyyy...

Wednesday, July 15, 2009

Business pLan punya EmA...

I. PROFILE PERUSAHAAN

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Bentuk Perusahaan : Yayasan

Nama Perusahaan : AZKA RAHSA

B. Alamat Perusahaan : Jln Sudirman No 91 Jakarta

C. Visi Perusahaan : Menjadi yayasan yang terbaik dan membanggakan

D. Misi Perusahaan : Yayasan berkinerja unggul pada perusahaan melalui pelayanan yang profesional

E. Tujuan Perusahaan : Untuk membantu perusahaan-perusahaan pemerintah maupun swasta yang membutuhkan tenaga kerja yang professional dan bertanggung jawab

F. Bidang Usaha Perusahaan : Pengekrutan Karyawan Kontrak

G. Susunan pengurus:

Organization Chart

I. Modal yang Diinvestasikan : Rp. 300.000.000

II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN YAYASAN

Dengan melihat peluang bisnis di bidang pengrekrutan karyawan kontrak ini, saya tertarik untuk mencoba membuka usaha di bidang tersebut. Dengan harapan dapat membantu kepada perusahaan-perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan kantor mereka.

Yayasan ini juga berharap dapat mempekerjakan mereka-mereka yang belum mendapatkan pekerjaan, dengan membekali mereka berbagai pengetahuan tentang dunia kerja yang diharapkan dapat bekerja dengan baik dan maksimal pada saat mereka langsung terjun ke dunia kerja tersebut.

Meskipun mereka tidak mendapatkan kerja di perusahaan yang membutuhkan mereka, mereka masih tetap bias bekerja di yayasan kami ini, salah satunya dengan melatih mereka kembali agar kinerja mereka lebih baik lagi.

III. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis

1. Company (perusahaan)

a. Penguasaan Pasar: Untuk saat ini kami belum begitu banyak menguasai pasar di karenakan yayasan kami yang baru saja berdiri dan masih dalam tahap penyesuaian.

b. Modal Perusahaan: Modal yayasan adalah sekitar Rp. 300.000.000,- dalam bentuk asset seperti gedung yayasan, peralatan gedung, dan beberapa peralatan untuk karyawan.

c. Sumber Daya Manusia: Kami akan merekrut tenaga kerja yang berpengalaman yang masing-masing akan kami seleksi dengan lebih memprioritaskan pengambilan tenaga kerja dari yang telah berpengalaman. Hal ini kami lakukan karena banyak orang-orang yang memiliki kemampuan dan skill tapi belum mendapatkan pekerjaan. Kemudian tenaga kerja itu akan kami sebarkan ke perusahaan perusahaan yang membutuhkan tenaga dan pikiran mereka.

Pelatihan dan pengembangan karyawan akan kami lakukan agar kinerja mereka semakin baik dan berkembang. Dengan semakin berkembangnya kinerja mereka otomatis pelanggan akan puas dan keuntungan yang akan kami dapatkan pun lebih banyak.

d. Teknologi: Peralatan yang digunakan berupa software computer, fax.

e. Kualitas Pekerja: Yayasan pastikan bahwa kualitas para pekerja kami adalah yang terbaik dan bekerja dengan professional dan bertanggungjawab.

2. Customer (Konsumen/Pelanggan)

a. Perilaku Konsumen Kepuasan Konsumen : dengan kualitas pekerja yang selalu dikontrol dengan baik dan pelayanan yang selalu ditingkatkan dengan baik maka yayasan optimis akan terus mendapatkan kepuasan dari pelanggan.

3. Competitor (Pesaing)

a. Jumlah Kompetitor : Saat ini competitor yang ada hanya ada 1 (satu) kompetitor

b. Nama Perusahaan : Yayasan Outsourcing

4. Change (Kekuatan Yayasan di dalam mengadaptasi Lingkungan) : Kami yakin bahwa yayasan yang kami jalankan ini mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan cukup baik, karena kami memilih mendirikan yayasan ini dengan tujuan merekrut orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.

B. Analisa SWOT/TOWS :

* Strengh (kekuatan): Pada yayasan ini kami dengan sekuat tenaga menjaga dan mempertahankan kualitas dan kuantitas para pekerja kami demi meningkatkan minat perusahaan-perusahaan lain, agar mereka merasa senang dengan karyawan kami yang bekerja dengan baik dan professional.

* Weakness (kelemahan): Dalam hal ini kami masih ada beberapa kelemahan dan kekurangan antara lain, dalam hal jumlah karyawan yang masih terbatas dan keadaan financial yang masih belum begitu lengkap. Namun, keterbatasan ini tidak membuat yayasan kami ini menyerah, justru dengan kelemahan ini kami akan buktikan bahwa kami dapat menjadi yayasan yang bertanggung jawab dan bekerja dengan professional.

* Opportunity (peluang): Untuk peluang di bidang ini, kami melihat belum begitu banyak yayasan yang bergerak di bidang pengrekrutan karyawan kontrak.

* Threat (ancaman): Tentunya akan banyak sekali ancaman yang akan datang pada jalannya yayasan ini, baik itu intern maupun extern.

C. Analisa POAC

Ø Planning: Yayasan yang kami jalankan ini kami beri nama “Yayasan Azka Rahsa”. Rencananya kami akan beroperasi mulai pukul 08.00 s.d 18.00 WIB dari hari senin s.d jumat.

Ø Organizing: Pengorganisasian yayasan kami akan di bagi kedalam:

CEO

Financial Manager

Marketing Manager

HRD Manager

Ø Actuating: Yayasan ini akan mulai bekerja pada hari senin s.d jumat pada pukul 08.00 s.d 18.00. Karyawan yang bekerja pada yayasan kami harus menerapkan kedisiplinan pada masalah pekerjaan.

Ø Controling: Rencana yang telah kami susun akan kami control pelaksanaannya dengan cara memantau langsung kedisiplinan para karyawan kami agar tidak mengecewakan perusahaan yang memakai karyawan kami ini.

IV. STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

A. Cara meningkatkan karyawan: kami akan merekrut orang-orang dari berbagai daerah yang sedang membutuhkan pekerjaan.

B. Memperbesar usaha : Untuk memperbesar usaha kami berusaha untuk meningkatkan kinerja para karyawan kami

C. Mengatasi pesaing: Memberikan pelayanan yang baik dan melaksanakan semua pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab, agar para perusahaan merasa puas dengan pekerjaan para karyawan kami.

D. Mengatasi masalah kebangkrutan: Untuk mengatasi masalah kebangkrutan kami akan menambah modal dengan cara mengambil kredit (pinjaman) kepada Bank. Membimbing para karyawan agar dapat mengembangkan skillnya dengan baik.

V. STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya: Kami akan merekrut tenaga kerja yang berpengalaman yang masing-masing akan kami seleksi dengan lebih memprioritaskan pengambilan tenaga kerja dari yang telah berpengalaman. Hal ini kami lakukan karena banyak orang-orang yang memiliki kemampuan dan skill tapi belum mendapatkan pekerjaan. Kemudian tenaga kerja itu akan kami sebarkan ke perusahaan perusahaan yang membutuhkan tenaga dan pikiran mereka.

2. Manajemen Operasi/Jasa: Kami akaan muali beroperasi pada hari senin s.d jumat mulai pukul 08.00 s.d 18.00 untuk usaha penyewaan karyawan kepada perusahaan pemerintah maupun swasta.

3. Manajemen Pemasaran: Perusahaan yang menjadi target dari yayasan ini adalah perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa dari bisnis yang kami tawarkan. Akan tetapi kami juga tidak menutup kemungkinan untuk berbagai kalangan yang membutuhkan jasa dari bisnis kami.

4. Manajemen Keuangan: Kami akan mengatur keuangan kami dengan sebaik-baiknya, seperti dengan melakukan pembukuan setiap periodenya. Kauntungan yang kami dapat akan kami pergunakan untuk ekspansi yayasan, dan kerugiannya akan kami tutupi dengan menekan biaya produksi.

VI. PENUTUP

Demikian rencana bisnia yang kami buat, kami berharap dapat merekrut para tenaga kerja yang mau bergabung dengan perusahaan kami ini dan mereka dapat kami bimbing supaya mereka merasa lebih siap bila di salurkan kepada perusahan-perusahaan yang membutuhkan.

Terima kasih kepada mereka-mereka yang telah mendukung kepada yayasan kami ini, sehingga yayasan ini akhirnya dapat didirikan dengan kesiapan yang matang.

Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi semua orang terutama mereka-mereka yang membutuhkan pekerjaan

No comments:

Post a Comment