Heyyy...

Thursday, July 2, 2009

Business Plan punya Willy

I. PROFILE PERUSAHAAN

v Nama dan Bentuk Perusahaan

Bentuk Perusahaan : Perusahaan Komanditer

Nama Perusahaan : CV. Kaya Rasa

Berdiri Perusahaan : 11 November 2008

v Alamat Perusahaan

Alamat Perusahaan : JL. Kiara condong No. 123 Bandung.

Tlp/Fax : 022-46756 dan 022-46757

E-mail : kayarasa@yahoo.co.id

Website : www.kayarasa.com

v Lambang Perusahaan

CV. Kaya Rasa

v Visi Perusahaan

Menjadi pencipta dan penyedia makanan khas daerah (khususnya dodol) terlengkap, terlezat, dan terbaik di seluruh Jawa Barat, dan mewujudkan masyarakat yang cinta akan makanan khas daerah.

v Misi Perusahaan

§ Memberikan produk yang terjamin akan kuantitas dan kualitasnya

§ Memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada pelanggan dengan prinsip 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

§ Menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang bersih dan nyaman untuk menciptakan suasana nyaman bagi pelanggan yang sedang berbelanja.

§ Meningkatkan penjualan di masyarakat agar tercipta kesejahteraan ekonomi perusahaan yang meningkat secara berkesinambungan

v Tujuan Perusahaan

§ Meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap makanan khas daerah

§ Menciptakan makanan-makanan khas yang lebih baik dan inovatif

§ Mendapatkan laba sebesar-besarnya dan menjaga agar perusahaan dapat berjalan secara berkesinambungan

§ Menjadi perusahaan yang eksis di bidangnya

v Bidang Usaha Perusahaan

Perusahaan ini bergerak dibidang usaha makanan khas dengan jenis dodol dan sebagian jenis makanan oleh-oleh khas sunda (untuk jenis ini kami memasoknya dari perusahaan lain dan tidak memproduksinya sendiri). Perusahaan ini mengambil usaha jenis makanan khas karena pangsa pasar ini belum banyak yang melirik, padahal antusias konsumen cukup besar. Karena kebiasaan orang Indonesia yang suka ngemil dan tidak terbatas pada usia tertentu dapat menjangkau semua kalangan. Proses pembuatan dodol ini diolah tanpa bahan pengawet, pemanis tambahan dan tanpa zat pewarna ini menghasilkan dodol dengan aneka rasa yang enak, manis dan mempunyai daya simpan yang lebih lama. Oleh karena keunikan dan keunggulan dari produk kami ini maka kami dapat memastikan bahwa produk kami ini dapat diterima oleh konsumen.

v Susunan Pengurus

v Modal yang diinvistasikan

Modal yang diinvestasikan semuanya berjumlah Rp.250.000.000,-

Dimana semua uang tersebut sudah temasuk asset yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dan penambahan dari modal pinjaman bank.

II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Seperti kita ketahui bahwa orang yang sukses dan berhasil adalah orang yang jeli dalam melihat peluang dan berani mengambil resiko dalam menghadapi segala tantangan dan hambatan yang terjadi dalam dunia bisnis yang dinamis.

Makanan khas daerah merupakan salah satu symbol atau ciri dari daerahnya masing-masing. Dodol adalah sebagian dari makanan khas daerah yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sejauh yang kami ketahui di Bandung sendiri pabrik-pabrik dodol yang memproduksi aneka dodol dengan rasa yang khas belum begitu banyak, di bandingkan dengan Garut yang merupakan daerah pencipta dodol itu sendiri.

Dengan melihat hal seperti ini membuat kami ikut berfikir untuk lebih melestarikan lagi atau lebih meng-in kan lagi makanan khas Jawa Barat ini. Jadi selain kita memasarkan dan mengkonsumsinya, saya ingin di Bandung juga ada pabrik yang membuat dodol yang lebih enak dan lezat. Karena respon dari konsumen itu sendiri sangat baik bagi jenis makanan seperti ini.

III. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

v Analisis Lima Pelaku Utama Bisnis

1. Company

· Penguasaan Pasar :

Produk yang telah kami produksi sangat diminati oleh masyarakat jawa khususnya, tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan permintaan konsumen dari luar jawa yang begitu baik dan banyak maka kami pun sekarang sudah membuka cabang-cabang yang berada di luar jawa.

Maka pasar yang kami kuasai hampir mencakup seluruh Indonesia, dan ini pun tidak menutup kemungkinan untuk memasrkan produk kami ke luar negeri.

· Modal Perusahaan :

Perusahaan menginvestasikan modal sebesar Rp.250.000.000,-, dimana semua uang tersebut sudah temasuk asset yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan penambahan dari modal pinjaman bank.

· Sumberdaya manusia :

Karyawan yang kami pekerjakan semuanya berjumlah 588 orang (sudah termasuk para karyawan yang berada di perusahaan cabang)

· Teknologi :

Teknologi yang kami gunakan bukan hanya dari mesin untuk membuat dodol itu sendiri, tetapi juga peralatan yang menunjangnya. Seperti komputer, adanya akses internet untuk pemasaran.

· Diferensiasi

Diferensiasi Produk :

Produk yang kami hasilkan berbeda dalam segi:

o Rasa, karena kami lebih berani dalam menginovasikan berbagai bahan baru.

o Bentuk, kami membentuk dodol-dodol ini dengan cetakan yang lebih bervariasi lagi, selain untuk menarik minat anak-anak, remaja juga untuk membrikan terobosan baru. Sehingga menghasilkan produk yang sangat baik dalam segi mutu dan kuantitasnya.

o Kemasan, dodol yamg sudah di bungkus dengan plastik biasanya di simpan didalam dus yang bertuliskan nama perusahaan, tetapi kami selain hal itu kami pun membuat kemasan yang unik yaitu dengan mengkemas dodol-dodol tersebut menjadi sebuah rangkaian parsel. Dengan demikian para konsumen dan masyarakat pun yertarik dengan produk kami.

Diferensiasi Pelayanan:

Seperti yang telah kami lakukan selama ini dengan memberikan pelayanan yang sangat mengutamakan kepuasan konsumen, dan mengiklankan produk. Kami pun membuka Custemer Service apabila ada pelanggan yang ingin memberikan kritik dan sarannya kepada perusahaan baik dari produk yang kami hasilkan atau dalam segi pelayanan kami.

Selain itu kami pun mengadakan inovasi-inovasi lain untuk memudahkan konsumen memesan atau membeli produk kami yaitu dengan membuka website agar para konsumen merasa lebih puas dengan pelayanan yang kami berikan. Jadi pengiklanan produk kami bukan hanya dari sebatas brosur, koran, atau katalog yang kami keluarkan setiap tahunnya, tetapi konsumen dapat memesan atau membeli produk kami kapan pun dan dimana pun bisa mendapatkannya lebih mudah.

2. Costumer (Konsumen/Pelanggan)

Pelanggan baik yang sudah berlangganan tetap maupun yang belum memberikan respon yang positif atas produk yang dihasilkan mereka pun memberikan saran-saran agar produk lebih baik lagi. Dan konsumen pun merasa sangat puas dengan kualitas dan kuantitas produk yang kami hasilkan, karena kami selalu mengontrol barang yang diproduksi dengan baik. Dan pelayanan yang selalu ditingkatkan dengan baik maka perusahaan optimis akan terus mendapatkan kepuasan dari pelanggan.

3. Competitor

· Jumlah Competitor

Jumlah competitor yang ada sekarang ini cukup banyak dan produk mereka pun tidak dapat dipungkiri sudah menguasai sebagian dari masyarakat. Seperti: aneka dodol Garut, dodol Cirebon, dan lain-lain.

· Penguasaan Skala Ekonomi

Karena produk para competitor ini lebih dulu berada didalam paaran maka lebih jelas sekali penguasaan skala ekonominya pun lebih besar dari yang telah kami jangkau, namun hal demikian yang membuat kami lebih bersemangat lagi dalam berkompetisi dan mengeluarkan produk-produk yang lebih inovatif dan berbeda dari yang lain.

· Merek

Produk-produk competitor ini mereknya sudah di kenal oleh masyarakat luas pada umumnya, dan menjadi kebanggaan masyarakat daerahnya sendiri pada khususnya.

· Loyalitas Pelanggan

Sejauh ini para pelanggan cukup baik merespon produk kami yang baru saja di produksi dan belum begitu terkenal dibandingkan produk-produk para competitor yang lebih dulu keluar dipasaran.

· Diferensiasi Chanel

Chanel yang memasarkan produk kami pada dasarnya sama, karena kami pun merupakan chanel bagi para competitor. Tetapi yang membedakannnya para competitor tidak begitu jauh dalam mencakup konsumen, karena mereka memasarkannya mengandlkan dari media-media tertentu dan media internet belum tersentuh.

· Jumlah Perantara

Perantara yang memasarkan produk para competitor cukup banyak dibandingkan kami yang baru hanya beberapa, karena para competitor merupakan perusahaan yang sudah dulu berdiri dan mempunyai jaringan yang sangat luas. Tetapi demikian, kami akan selalu meningkatakan komunikasi dan kerjasama baik itu dengan kawan ataupun para pesaing.

· Harga Yang Ditawarkan

Harga yang ditawarkan oleh para competitor relatif sama dengan harga yang ditawarkan oleh perusahaan kami dan yang memdedakannya hanya dari segi produk yang ditawarkan. Karena produk yang ditawarkan kami ada yang berbeda, maka kami pun optimis dapat bersaing dalam harga yang ditawarkan ini.

· Kualitas Perantara

Seperti yang telah kami kemukakan, para perantara yang sudah bekerjasama dengan para competitor merupakan perantara yang berpengalaman dibidangnya. Mereka rata-rata memiliki jaringan yang sangat bagus dalam memasarkan produk, tetapi hal yang demikian itulah yang memacu semangat kami agar memasarkan produk kami lebih gencar lagi, seperti yang dilakukan oleh para pesaing.

  1. Center

Pemasok bahan-bahan dasar untuk produksi kami berasal dari berbagai kota di daerah jawa, terutama untuk bahan dasar buah-buahan kami pun memasoknya dari luar jawa, seperti buah durian.

Barang yang kami pasarkan bukan hanya dodol yang dihasilkan oleh pabrik sendiri saja tetapi kami juga memasarkan produk-produk lain yang didistribusikan oleh perusahaan lain.

  1. Change

· Analisa SWOT

Strong

o Memiliki keunikan baik dalam segi bentuk, maupun kemasan

o Memiliki keanekaragaman rasa yang lezat dan enak

Weaknees

o Bahan-bahan dasar yang berasal dari buah-buahan dan kacang-kacangan sehingga jangka kadaluarsa barangb tidqk begitu lama

o Harganya sedikit mahal, karena biaya bahan bakunya pun cukup mahal dipasaran

o Modalnya yang sedikit

Opportunity

o Makanan ini sangat digemari oleh seluruh lapian masyarakat

o Belum banyak perusahaan yang menekuni bisnis ini

o Proses produksi dan pengembangan usaha gampang

o Keuntungan bisa mencapai 100%

Treath

o Persediaan bahan baku terbatas (karena buah tergantung dengan musim)

o Pesaing yang menawarkan produk serupa maupun yang berbeda berbagai jenis

o Selera konsumen yang berubah-ubah

· Analisa POAC

Planning

o Membuat masyarakat menyukai akan makanan khas daerah khususnya dodol.

o Menjadi perusahaan yang memproduksi makanan oleh-oleh khas sunda yang sangat diminati masyarakat

o Menjadi perusahaan yang eksis dibidang bisnisnya

Organization

Pengorganisasian sangat lah diperhatikan dengan matang karena ini merupakan faktor yang menunjang dalam pergerakan perusahaan kami, untuk itu dibutuhkan suatu pengorganisasian yang sangat baik. Dalam hal ini kami menyusun pengurus di perusahaan kami sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh para karyawan kami.

(sebagtai susunannya bisa dilihat di susunan kepengurusan perusahaan).

Actuating

Dalam memasarkan produk kami, kami merencanakan dan melakukan segala kegiatan dengan penuh perencanaan yang sangat matang. Untuk itu di butuhkan tindakan-tindakan yang sangat cermat, maka dari itu kami (baik itu pemilik, karyawan, perantara dan pemasok) saling bekerjasama untuk mewujudkannya visi, misi, dan tujuan perusahaan.

Controling

Sebelum mendirikan perusahaan ini kami melakukan beberapa kegiatan untuk mengontrol apakah jenis produk yang akan di produksi, kegiatan apa yang akan kami lakukan apa itu hanya memproduksi barang yang dihasilkan, atau memproduksi sekaligus memasarkan produk tersebut.

Selain itu kami pun mengontrol tempat yang akan dijadikan pusat dari perusahaan kami, karena halini sangatlah mendukung akan keberlangsungan perusahaan kami di masa yang akan datang.

Pengontrolan pun tidak hanya dari hal-hal tersebut diatas, tetapi setelah perusahaan kami berdiri pun kami harus tetap mengontrol akan kualitas dan kuantitas barang yang kami produksi, pelayanan para pegawai kami dalam menghadapi pelanggan, dan sumberdaya manusia yang berkomitmen tinggi.

IV. STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

1. Cara Meningkatkan Produksi

· Membuat produk yang berkualitas tinggi dan mengedepankan kepuasan konsumen.

· Melakukan diferensiasi produk.

· Melakukan segmentasi dengan penelitian

· Menggunakan sumberdaya manusia yang kompeten dibidangnya

· Menggunakan teknologi yang dapat menunjang kegiatan produksi denag baik.

2. Memperbesar Usaha

· Mengikuti kegiatan pameran-pameran bermanfaat memperkenalkan produk baru ke pasar. Dengan pameran konsumen mendapat manfaat berupa harga yang lebih murah dan bagi produsen adalah pengenalan produk baru atau memperbaharui citra produk lama.

· Membuat iklan yang tepat mengenai sasaran, iklan digunakan untuk membangun citra serta menyebarluaskan informasi agar mendapat tanggapan dari pasar/konsumen.

· Mulai membangun image dan awareness dengan menerapkan model public relation.

· Dengan adanya website yang kami buat bisa membuat masyarakat tahu akan produk kami

· Membuat toko-yoko cabang dimana dengan adanya hal tersebut kami bisa lebih menjangkau konsumen/Target Market lebih dekat lagi.

3. Mengatasi pesaing

· Membuka pasar baru selain pasar yang sudah

· Melakukan kerjasama dengan copetitor, jadi selain kita menjual barang yang kita produksi ada sebagian barang yang dihasilkan oleh kompetitor yang kita jual.

4. Mengatasi Masalah Kebangkrutan

· Melakukan pinjaman modal ke bank

· Mempekerjakan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan

· Memproduksi barang tidak terlalu berlebihan, jika pesanan banyak baru kita memproduksi barang sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen.

V. STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

v Manajemen Sumberdaya Manusia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Manajemen SDM merupakan rangkaian proses kegiatan fungsional yang diarahkan untuk memperoleh sumberdaya manusia produktif dalam mencapai tujuan organisasi secara optimal.

Maka dari itu kami sebagai perusahaan pemula dan dalam perjalanannya tidak menemui begitu besar hambatan yang berarti akan mempekerjakan karyawan yang mempunyai bakat sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.

Dengan itu kami melaksanakan beberapa program dalam fungsi manajerial ini diantaranya:

· PLANNING

· ORGANIZING (STAFFING)

· DIRECTING (ACTUATING, LEADING)

· CONTROLLING

v Manajemen Operasi/Jasa

Di dalam pengambilan keputusan dalam setiap kegiatan operasional semuanya adalah tanggung jawab dari manajemen operasional. Dimana manajemen ini mengatur segala kegiatan produksi, baik itu jenis barang yang akan di produksi, jumlah barang yang di produksi dan membuat rancangan operasi dalam berproduksi.

v Manajemen Pemasaran

o Produk

· Jenis produk : Produk makanan khas daerah (aneka jenis dodol)

· Nama merek : Kaya Rasa

· Keunikan : Mempunyai aneka rasa yang khas (baik itu buah-buahan, keju, kacang, dll), dan bentuk yang unik, dan bungkus kemasan yang menarik.

o Harga

Harga tiap jenis dodol berbeda-beda tergantung pada alat, bahan, dan pembuatannya, sehingga harga yang ditawarkan sangat bervariasi berkisar antara Rp.15.000,- sampai Rp.30.000,-/kg.

o Distribusi

Perusahaan memiliki took-toko untuk menjual produk-produk yang telah dibuat kepada komsumen, sehingga konsumen bisa dengan leluasa membeli aneka dodol yang diinginkan.

o Promosi

Promosi melibatkan komunikasi informasi untuk membantu orang menemukan produk, dan membantu pemasar menemukan pelanggannya. Promosi juga dilakukan untuk menciptakan positioning dan citra produk. Keuntungan dari kegiatan promosi adalah;

· menciptakan citra merek

· mengkomunikasikan keunggulan produk dan jasa

· menciptakan perhatian atas produk baru

· menjaga kepopuleran produk dan jasa

· menciptakan kesetiaan konsumen.

v Manajemen keuangan

Investasi awal/modal/ biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp.250.000.000,- dengan rincian biaya sebagai berikut:

Gedung : Rp.114.000.000,-

Peralatan (mesin) : Rp. 45.000.000,-

Bahan : Rp. 22.000.000,-

Gaji Karyawan : Rp. 43.750.000,-

Biaya Promosi : Rp. 15.250.000,-

Biaya Lain-lain : Rp. 10.000.000,-

Untuk modal periode bulan Juni 2009 ini dimulai dari
Rp. 85.000.000

o Laporan Laba/Rugi

CV. Kaya Rasa

Laporan Laba/Rugi

Bulan Juni 2009

o Laporan Perubahan Modal

CV. Kaya Rasa

Laporan Perubahan Modal

Bulan Juni 2009

o Neraca

CV. Kaya Rasa

Laporan Neraca

Bulan Juni 2009

VI. PENUTUP

CV. Kaya Rasa adalah perusahaan komanditer yang bergerak dalam bidang produksi makanan khas daerah dengan modal usaha berasal dari pemilik perusahaan yaitu Willy Yanti N dan Wookie, dan sebagian modalnya berasal dari pinjaman bank dengan sifat pinjaman jangka pendek. Perusahaan ini berdiri 11 November 2008 di Jl. Kiaracondong No. 123 Bandung. Perusahaan ini mempunyai karakter bisnis sebagai berikut:

· Pemilik yang aktif berperan sebagai seorang CEO

· Wilayah operasi masih bersifat Nasional dan baru akan mulai mengekspor ke beberapa negara tetangga

· Banyak melakukan inovasi

· Organisasi bersifat sederhana

Dalam menjalankan perusahaannya CV. Kaya Rasa mempunyai beberapa kendala, oleh karena itu pembuatan Bussines Plan ini dapat menjadi panduan dalam melakukan kegiatan bisnisnya dan memperkecil resiko bisnis. Dengan harapan target dapat tercapai dengan baik. Wirausahawan bagi ahli ekonomi adalah seorang yang mengkombinasikan resources, bagi psikolog wirausahawan adalah orang yang memiliki dorongan kuat dari dalam, bagi seorang bussinesman wirausahawan adalah pesaing sekaligus partner, sedangkan bagi pemodal, wirausahawan adalah wadah tanam investasi untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu sebagai seorang wirausahawan untuk menjadi sukses tentunya harus bisa menyatukan semua pendapat itu menjadi satu kesatuan yang utuh dan menjadikannya suatu tantangan yang harus ditaklukan. Pembuatan bussines plan dapat menjadi suatu modal untuk seorang wirausahawan dalam memulai bisnisnya. Bussiness yang baik bisa mencerminkan kelangsungan bisnis yang baik pula.

No comments:

Post a Comment