Heyyy...

Thursday, July 2, 2009

Business Plan punya Tri iLma

BUSINESS PLAN

Ilma Foto Copy Center

Di Susun Oleh:

Tri Ilma Agustin

0806567

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2009

I. PROFILE PERUSAHAAN

A. Nama Dan Bentuk Perusahaan

Bentuk Perusahaan : Perusahaan Perseorangan

Nama Perusahaan : Ilma Foto Copy Center

B. Alamat Perusahaan : Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 3 Cirebon

C. Visi Perusahaan : Menyediakan jasa foto copy yang cepat, murah, serta berkualitas

D. Misi Perusahaan : Menjadikan Ilma Foto Copy Center sebagai pusat foto copy terdekat di wilayah sekitar dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan usaha foto copy lain dan dengan kualitas yang baik serta menyediakan fasilitas lain seperti penjilidan, laminating dan menjual berbagai jenis alat tulis kantor (ATK)

E. Tujuan Perusahaan : - Mendapatkan untung yang sebesar- besarnya dengan modal/biaya yang relatif kecil

- Membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan

- Menyediakan jasa foto copy yang cepat, murah, dan berkualitas

- Menyediakan jasa penjualan alat-alat tulis kantor (ATK)

- Membuka cabang Ilma Foto Copy Center diberbagai tempat

F. Bidang Usaha Perusahaan : Produksi barang dan jasa

G. Susunan Pengurus :-1 orang pemilik perusahaan sekaligus manajer

-1 orang kasir

-4 orang karyawan FC & penjilidan

-1 orang karyawan ATK

Struktur Organisasi Ilma Foto Copy Center:






















H. Modal Yang Diinvestasikan : Rp. 110.000.000

II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Latar belakang didirikannya Ilma Foto Copy Center ini karena dengan membukanya usaha foto copy sangat banyak peluang yang bisa didapat karena sasaran konsumennya adalah pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran atau siapapun. Selain itu foto copy dilihat relatif lebih murah jika dibandingkan dengan alternatif copy data lainnya.

III. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis

  1. Company (Perusahaan)

a. Penguasaan Pasar

Kondisi pasar dalam bisnis foto copy ini cukup bersaing. Dalam bisnis foto copy ini terdapat banyak kompetitor. Loyalitas kompetitor kepada pelanggan pun bermacam-macam ada kompetitor yang memberikan loyalitas kepada pelanggan dengan baik dan ada juga kompetitor yamg memberikan loyalitas kepada pelanggan kurang baik. Dalam hal ini Ilma Foto Copy Center merupakan usaha foto copy yang memiliki pelanggan yang banyak karena Ilma Foto Copy Center memberikan loyalitas kepada pelanggan dengan baik.

b. Modal Perusahaan

Modal perusahaan sebesar Rp. 130.000.000 dan berasal dari pemilik sendiri.

c. Sumber daya manusia

Dalam usaha foto copy ini tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga kerja. Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan adalah:

- 1 orang pemilik perusahaan sekaligus manajer

- 1 orang sebagai kasir

-4 orang karyawan FC & penjilidan

-1 orang karyawan ATK

d. Teknologi : Dalam menjalankan proses produksinya Ilma Foto Copy Center menggunakan mesin foto copy digital.

e. Kualitas Produk : Karena menggunakan mesin foto copy digital kualitas produk yang dihasilkan oleh Ilma Foto Copy Center sangat baik.

f. Diferensiasi

Diferensiasi Produk:

Ilma Foto Copy Center memiliki diferensiasi produk dengan usaha foto copy lainnya yaitu copy, penjilidan, laminating, dan ATK (dengan harga yang relative murah karena barang dagang di beli dengan harga grosir).

Diferensiasi Pelayanan:

Pelayanan yang diberikan oleh Ilma Foto Copy Center kepada konsumen sangat baik, ramah, memusatkan perhatian kepada yang membutuhkan pelayanan cepat, jika ada pesanan khusus memusatkan pada pesanan yang lebih besar tanpa mengabaikan pesanan kecil.

  1. Customer (Konsumen/Pelanggan)

a. Perilaku Konsumen Kepuasan Konsumen

Konsumen Ilma Foto Copy Center adalah orang-orang yang membutuhkan jasa foto copy, penjilidan, laminating maupun pembelian alat-alat tulis kantor seperti, pelajar, mahasiswa, dan para pegawai kantoran. Konsumen Ilma Foto Copy Center sangat puas akan pelayanan yang diberikan oleh pegawai/karyawan Ilma Foto Copy Center karena hasil produksinya sangat baik.

  1. Competitor (Pesaing)

a. Jumlah Competitor : 2 (dua)

b. Penguasaan Skala Ekonomi: Lebih rendah jika dibandingkan dengan Ilma Foto Copy Center

c. Merek : Kiky Foto Copy Center dan Indah Foto Copy Center

d. Loyalitas Pelanggan : Melayani pelanggan dengan baik

e. Diferensiasi Chanel : Menyebarkan brosur kepada

(Perantara) orang-orang.

f. Jumlah Perantara : 5 orang

g. Harga Yang Ditawarkan : Agak mahal

h. Kualitas Perantara : Kurang baik

  1. Center (Pemasok)

Ilma Foto Copy Center memasok bahan-bahan baku dari pusat grosir yang menjual alat-alat tulis kantor seperti kertas, buku, pulpen, dll. Hal ini dilakukan agar kami dapat membeli bahan baku dengan harga yang murah.

  1. Change (Kekuatan Perusahaan di dalam mengadaptasi Lingkungan)

Kekuatan Ilma Foto Copy Center dalam menghadapi lingkungan adalah:

1. Ilma Foto Copy Center memiliki lokasi yang baik, mudah dijangkau, strategis, dan dekat dengan pangsa pasar.

2. Memilki diferensiasi produk sebagai berikut:

- copy

- penjilidan

- laminating

- penjualan alat-alat tulis kantor

3. Harga murah dan ada diskon

4.Melayani pelanggan dengan baik dan ramah, memusatkan perhatian kepada yang membutuhkan pelayanan cepat, jika ada pesanan khusus memusatkan pada pesanan yang lebih besar tanpa mengabaikan pesanan kecil.

5.Menggunakan mesin yang masih bagus, jarang terjadi kerusakan, jika terjadi karyawan sudah dibekali teknik perbaikan, sehingga lancar.

B. Analisa SWOT/TOWS

1. Kekuatan/kelebihan (Strengths)

Indikator Pembanding

Ilma Foto Copy Center

Foto copy lainnya

Lokasi

Diferensiasi produk

Harga

Kemampuan pelayanan

Keadaan mesin foto copy

Baik, mudah dijangkau, strategis, dekat dengan pangas pasar.

Copy, penjilidan, laminating, dan ATK (dengan harga yang relative murah karena barang dagang di beli dengan harga grosir).

Murah dan ada diskon.

Sangat baik, ramah, memusatkan perhatian kepada yang membutuhkan pelayanan cepat, jika ada pesanan khusus memusatkan pada pesanan yang lebih besar tanpa mengabaikan pesanan kecil.

Menggunakan mesin yang masih bagus, jarang terjadi kerusakan, jika terjadi karyawan sudah dibekali teknik perbaikan, sehingga lancar.

Baik, mudah dijangkau, strategis, dekat dengan pangas pasar.

Copy, penjilidan, laminating.

Agak mahal

Baik

Menggunakan mesin yang masih bagus, tetapi biasanya jika terjadi kerusakan lama memperbaikinya, karena tidak tersedia tenaga ahli.

2. Kelemahan/Kekurangan (Weaknesses)

Tempat yang digunakan untuk usaha masih menyewa bukan punya sendiri, jadi harus bayar uang sewa dan itu membuat pengeluaran jadi lebih besar.

3. Kesempatan (Opportunities)

Berpeluang menjadi usaha foto copy yang lebih besar lagi, karena selain kelebihan yang dimiliki, di lokasi usaha masih tidak terlalu banyak pesaing.

Berpeluang membuka cabang foto copy di daerah lain, karena diperhitungkan keuntungan yang didapat cukup menunjang untuk membuka cabang tersebut.

4. Hambatan (Threats)

Hambatan kedepan yang mungkin terjadi adalah:

1. Munculnya pesaing dengan bentuk usaha yang sama yang lebih menawarkan fasilitas foto copy yang lebih lengkap dan variatif, harga yang relative lebih terjangkau.

2. Biaya produksi akan naik karena berbagai faktor yang mempengaruhinya.

C. Analisa POAC

1. Planning/Perencanaan

· Menentukan tempat dimana akan didirikannya usaha.

· Menentukan mesin apa dan berapa banyak yang diperlukan untuk proses produksi.

· Menentukan berapa banyak karyawan yang harus dipekerjakan.

· Memotivasi karyawan agar pekerjaannya berhasil dengan baik

· Menentukan harga yang harus dikalkulasikan untuk suatu produk.

· Mempromosikan produk dengan memasang papan nama di depan tempat usaha, menempelkan famflet serta menyebarkan brosur-brosur.

2. Organizing/Pengorganisasian

Pengoraniisasian dalam Ilma Foto Copy Center ialah sebagai berikut:

· 1 orang manajer sekaligus pemilik

· 1 orang sebagai kasir

· 4 orang karyawan FC & Penjilidan

· 1 orang karyawan ATK

3. Actuating/Penggerakan

· Berusaha dengan sungguh-sungguh.

· Adanya kerja keras, kerja cerdas, dan kerja sama antar manajer dan karyawan.

· Dedikasi yang tinggi dari pemilik.

· Semangat untuk maju tinggi.

· Selalu optimis dalam segala sesuatunya.

4. Controling/Pengontrolan

Pengontrolan dilakukan dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Hal ini dilakukan agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja.

IV. STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

A. Cara Meningkatkan Produksi

Cara yang dilakukan Ilma Foto Copy Center dalam meningkatkan produksi adalah dengan memanfaatkan sumber daya dengan sebaik mungkin.. Sumber daya haruslah dikelola secara optimal dalam bentuk menentukan lokasi yang tepat, mencari sumber bahan baku, daerah konsumsi, mengatur penempatan mesin, merencanakan proses produksi, menjaga ketepatan waktu dan pekerjaan lain yang bersifat teknis dalam perusahaan.

B. Memperbesar Usaha

Ilma Foto Copy Center akan bekerja sebaik mungkin agar mendapatkan untung yang sebesar-besarnya dengan modal yang sedikit sehingga dengan untung tersebut Ilma Foto Copy Center dapat membuka cabang baru di berbagai daerah.

C. Mengatasi Pesaing

Untuk mengatasi pesaing Ilma Foto Copy Center akan berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan juga akan bersaing menentukan harga sehingga konsumen akan tetap dan lebih tertarik pada semua barang dan jasa yang ditawarkan di Ilma Foto Copy Center.

D. Mengatasi Masalah Kebangkrutan

· Menyusun perencanaan yang sempurna.

· Memperhatikan analisa pasar.

· Memiliki tenaga kerja yang dapat diandalkan untuk dididik agar berkembang.

· Melakukan pengawasan dengan baik.

· Tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

· Meningkatkan kualitas produksi.

V. STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

A. Manajemen Sumber Daya Manusia

· Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang digunakan oleh Ilma Foto Copy Center adalah struktur organisasi fungsioal, mengingat SDM yang terbatas dan memang dalam usaha ini tidak banyak membutuhkan tenaga kerja adapun yang ada dalam struktur organisasi perusahaan adalah sebagai berikut:

ü 1 orang pemilik sekaligus manajer

ü 4 orang karyawan untuk menjalankan mesin foto copy dan penjilidan

ü 1 karyawan sebagai kasir

ü 1 orang karyawan ATK

· Job Description

Adapun job description atau deskripsi pekerjaan di perusahaan kami adalah sebagai berikut:

1. Manajer

§ Mengambil keputusan dalam operasi perusahaan

§ Melakukan pemeriksaan dan pelaporan program kerja dari karyawan

§ Menetapkan harga dan besarnya diskon

§ Menganalisis kompetitor yang ada dan mendeskripsikannya

§ Melakukan riset pasar dan menganalisis pangsa pasar

§ Mengadakan rekruitmen dan pemberhentian karyawan

§ Membuat anggaran belanja bahan baku secara rutin atau RAPB

§ Menganalisis laporan keuangan

2. Kasir

§ Memeriksa perlengkapan dan sarana kassa

§ Melayani transaksi penjualan

§ Melakukan perhitungan terhadap jumlah uang yang diterima dari penjualan dan melakukan serah terima uang hasil penjualan kepada manajer

§ Membuat laporan penjualan harian

3. Karyawan Foto Copy

§ Melakukan pelayanan pada konsumen yang akan foto copy

§ Bertanggung jawab terhadap perawatan mesin

4. Karyawan ATK

§ Menjaga keamanan ATK yang dipajang di etalase

§ Melayangi pembeli yang akan membeli ATK

· Job Spesification

Ada pula job specification yang telah ditentukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

1. kasir

§ Perempuan

§ Pendidikan terakhir minimal D1

§ Berumur 20-23 tahun

§ Memiliki keahlian dalam bidang akunting

§ Teliti dalam menghitung uang

§ Jujur, ramah, dan komunikatif

2. karyawan foto copy dan penjilidan

§ laki-laki

§ pendidikan terakhir minimal SMU

§ Berumur 18-25 tahun

§ Teliti dan tangkas dalam bekerja

§ Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai mesin foto copy

3. karyawan ATK

§ perempuan

§ pendidikan terakhir minimal SMU

§ Berumur 18-23 tahun

§ Jujur, ramah dan komunikatif

· Kompensasi

Untuk memotivasi para karyawan agar terus berkomitmen terhadap pekerjaannya, maka perusahaan memberikan kompensasi diluar gaji berupa bonus tambahan pada hari raya (Tunjangan Hari Raya).

B. Manajemen Operasi/Jasa

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa perusahaan yang kita miliki merupakan perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa yang mana untuk itu perlu menggunakan berbagai sumber daya. Sumber daya haruslah dikelola secara optimal dalam bentuk menentukan lokasi yang tepat, mencari sumber bahan baku, daerah konsumsi, mengatur penempatan mesin, merencanakan proses produksi, menjaga ketepatan waktu, dan pekerjaan lain yang bersifat teknis dalam perusahaan.

1. Penentuan lokasi perusahaan

Untuk dapat bersaing dengan bisnis yang serupa, dan agar perusahaan dapat lebih maju maka diperlukan penentuan lokasi perusahaan yang baik, sebagai berikut:

§ Dekat dengan konsumen (perguruan tinggi, sekolah, dan kantor)

§ Mudah dalam mendapatkan tenaga kerja yang relaif murah

§ Dekat dengan pasar

§ Mudah dalam fasilitas transportasi

§ Minimnya saingan bisnis yang serupa

Mengenai bahan baku ada dua bentuk bahan baku yang dipakai, yaitu:

1. Persediaaan barang dagang seperti buku, alat tulis,

2. Barang setengah jadi, seperti kertas

2. Lay out

Keadaan ruang yang dikehendaki dan peralatan yang akan digunakan serta penempatannya sangat menentukan bentuk dan letak bangunan. Untuk menghemat biaya, lay out harus diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan aliran kerja dan kondisi kerja yang baik.

Oleh karena itulah perusahaan memilih lay out fungsional, yaitu lay out yang berdasarkan pada pengelompokan mesin yang didasarkan pada pekerjaan sejenis. Adapun mengenai tipe produksi, perusahaan menghasilkan produksinya berdasarkan pesanan, baik itu bersifat missal ataupun eceran.

3. Proses produksi

Karena bisnis perusahaan dibidang produksi barang dan jasa, maka alur produksinya pun berupa serangkaian alur kegiatan bagaimana cara menggunakan jasa dan bagaimana menjual barang kepada konsumen. Untuk lebih jelasnya dapat melihat bagan berikut ini:






Keluar ruangan


4. Rekruitmen karyawan

Agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan baik dan lancar, maka perusahaan memerlukan beberapa orang karyawan dengan pembagaian sebagai berikut:

§ 4 orang karyawan foto copy dan penjilidan

§ 1 orang karyawan bagian ATK

§ 1orang kasir

Oleh karena itu karyawan menjadi sangat penting bagi Ilma Foto Copy Center dalam melaksanakan kegiatannya. Sehingga direkrutlah beberapa orang karyawan yang dibutuhkan tersebut dengan cara lebih mngutamakan kerabat dekat yang sangat membutuhkan lapangan pekerjaan untuk menambah penghasilan. Apabila calon karyawan telah memenuhi persyaratan serta lulus penyeleksian maka diadakan kesepakatan diantara kedua belah pihak mengenai kontrak kerja.

C. Manajemen Pemasaran

Sesuatu yang sangat menentukan kelancaran dan kemajuan suatu perusahaan adalah manajemen pemasaran, jika manajemen pemasarannya aik maka perusahaan itu pasti akan maju dengan cepat, begitu pula sebaliknya. Jadi setiap perusahaan dituntut untuk lebih menangani manajemen pemasaran dengan lebih baik. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut.

1. Analisis Situasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi tehadap permintaan akan jasa foto copy, penjilidan, laminating, ATK, adalah:

§ Ekonomi

Pengaruh kurs dollar terhadap rupiah sangat menentukan sekali dalam menghitung biaya operasional, karena bila terjadi ketidak stabilan nilai tukar mata uang hal tersebut akan berdampak pada harga bahan baku, harga barang dagang, gaji karyawan, dan daya beli konsumen akan menurun.

§ Sosial Budaya

Jasa foto copy ini dapat dinikmati oleh semua kalangan tanpa mementingkan status sosial, juga karena harganya yang relative murah.

§ Teknologi

Perubahan zaman kearah teknologi yang semakin mutakhir tidak membuat foto copy merasa ketinggalan dalam penerapan teknologi. Walaupun kini sudah terdapat computer yang juga dapat menduplikat berkas, namun jasa foto copy yang jauh lebih mudah dan cepat, masih sangat dicari konsumen.

2. Analisis Pesaing

Ilma Foto Copy Center yang tumbuh dan berkembang sehingga menjadi Ilma Foto Copy Center yang seperti sekarang ini memiliki tidak sedikit pesaing. Adapun kelebihan dan kekurangan dari Ilma Foto Copy Center dibandingkan dengan foto copy lainnya adalah:

- kelebihan

1.Ilma Foto Copy Center memiliki lokasi yang baik, mudah dijangkau, strategis, dan dekat dengan pangsa pasar.

2. Memilki diferensiasi produk sebagai berikut:

- copy

- penjilidan

- laminating

- penjualan alat-alat tulis kantor

3. Harga murah dan ada diskon

4.Melayani pelanggan dengan baik dan ramah, memusatkan perhatian kepada yang membutuhkan pelayanan cepat, jika ada pesanan khusus memusatkan pada pesanan yang lebih besar tanpa mengabaikan pesanan kecil.

5.Menggunakan mesin yang masih bagus, jarang terjadi kerusakan, jika terjadi karyawan sudah dibekali teknik perbaikan, sehingga lancar.

- kekurangan

Tempat yang digunakan untuk usaha masih menyewa bukan punya sendiri, jadi harus bayar uang sewa dan itu membuat pengeluaran jadi lebih besar.

3. Analisis Pelanggan

Para pelanggan dari Ilma Foto Copy Center adalah orang-orang yang membutuhkan jasa baik foto copy, penjilidan, laminating, dan alat-alat tulis atau kerja seperti mahasiswa, pelajar, dan para pekerja kantoran. Dari sekian banyak barang dan jasa yang ditawarkan foto copy yang paling dibutuhkan, karena kita ketahui jasa ini sangat membantu baik dalam segi manfaat maupun waktu, serta harganya yang murah dibandingkan proses copy lainnya, bahkan dibandingkan dengan jasa yang sama yang ditawarkan oleh tempat foto copy lainnya, jadi foto copy ini diperuntukan untuk semua lapisan masyarakat.

4. Analisis Strategi dan Program Pemasaran

a. Analisis Strategi Pemasaran

1. Segmentasi

Ilma Foto Copy Center ini memilih pemasaran yang memandang sebuah pasar sebagai pasar yang besar tanpa segmen-segmen individual, yang mana diharapkan dengan memilih jenis pemasaran ini, maka konsumen yang akan menggunakan jasa Ilma Foto Copy Center menjadi lebih banyak. Karena tidak membedakan konsumen yang akan menggunakan jasa maka segmen dari Ilma Foto Copy Center ini diharapkan adalah masyarakat dari berbagai lapisan.

2. Targetting

Target yang paling utama bagi Ilma Foto Copy Center adalah para pelajar, dan mahasiswa, disamping para pekerja kantoran, karena lokasi Ilma Foto Copy Center berdekatan dengan beberapa sekolah dan kampus.

3. Position

Ilma Foto Copy Center berada di lokasi yang sangat strategis dekat dengan para konsumennya. Kemudian pelayanan yang lebih menekankan pada kecepatan dan kemurahan menjadikan Ilma Foto Copy Center lebih diperhitungkan oleh para konsumennya.

b. Program Pemasaran

1. Produk

Produk yang dihasilkan berupa barang dan jasa. Produk dari barang berupa penjualan ATK, sedangkan produk dari jasa berupa jasa foto copy, penjilidan dan laminating. Pelayanan terhadap konsumen selalu ditingkatkan setiap harinya baik dari segi hasil, maupun prosesnya, karena kami ingin memberikan kesan yang baik terhadap produk yang ditawarkan pada konsumen. Dengan adanya kepercayaan konsumen terhadap produk maka akan ada jaminan bahwa konsumen akan melakukan pembelian ulang.

2. Price

Beragam penjualan yang ditawarkan, tentunya akan mengakibatkan variasi harga. Dasar dalam menentukan harga adalah besarnya biaya tetap dan biaya variable yang dikeluarkan dalam produksi barang dan jasa di Ilma Foto Copy Center.

Harga yang ditawarkan oleh Ilma Foto Copy Center lebih murah jika dibandigkan dengan foto copy yang lain, perbandingannya dapat dilihat di table berikut:

Jenis produk/jasa

Ilma Foto Copy Center

Foto copy lainnya

Foto copy

Penjilidan

Laminating

ATK

Rp. 110 /lembar

a. pakai lakban Rp. 2.000./jilid

b. pakai ring Rp 2.500/jilid

Rp. 1.000 /lembar

Harga dapat disesuaikan dengan pasaran, bahkan bisa lebih murah karena mengambil stok dari pasar grosir.

Rp. 140 /lembar

a. pakai lakban Rp2.500./jilid

b. pakai ring Rp. 3000/jilid

Rp.1.500 /lembar

Tidak ada.

3. Promotion

Dengan promosi yang baik dan menarik tentu akan mengingatkan penjualan akan produk, namun promosi yang dilakukan oleh Ilma Foto Copy Center tidak banyak dikarenakan dana yang sangat minim. Oleh karena itu maka Ilma Foto Copy Center hanya dapat melakukan promosi yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, seperti dibawah ini:

§ Memasang papan nama di depan perusahaan.

§ Membuat menyebarkan brosur-brosur kepada mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum.

§ Menempelkan famflet di tempat-tempat umum agar terlihat oleh orang.

§ Mengadakan diskon atau potongan harga bagi yang melakukan jasa dengan kapasitas yang besar.

4. Place

Tempat merupakan hal yang paling incidental bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu kami mengambil lokasi yang strategis bagi bisnis foto copy, yaitu di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo.

Tempat itu sangat strategis karena tempatnya yang persis di pinggir jalan dan ada beberapa sekolah yaitu SMAN 2, SMA dan SMP BPK PENABUR kota Cirebon dan di sekitar nya juga terdapat beberapa kantor pemerintahan maupun swasta.

5. Proses

Ilma Foto Copy Center ini jam kerjanya dimulai dari pukul 08.00-21.00, dari hari Senin sampai hari Sabtu. Ilma Foto Copy Center hari Minggu tutup, dikarenakan untuk memberikan waktu libur untuk istirahat bagi para karyawannya agar mereka dapat bekerja lebih optimal. Lagi pula pada hari Minggu konsumennya yang datang sedikit karena pada hari Minggu, sekolah, kampus, dan kantor pada hari itu tutup atau libur.

6. Promises

Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan komitmen dari semua pihak yang terkait. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diadakan peranjian baik antara pemilik/manajer dengan karyawan, pemilik/manajer dengan pemilik tempat, dan antara pihak Ilma Foto Copy Center dengan pelanggan. Dimana kesepakatan itu berupa hal-hal seperti di bawah ini:

§ Pihak Ilma Foto Copy Center tidak boleh mengubah bentuk bangunan, tetapi selama jangka waktu sewa keutuhan dan kebersihan gedung adalah tanggung jawab Ilma Foto Copy Center.

§ Pihak Ilma Foto Copy Center membayar sewa gedung sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

§ Kontrak kerja dilakukan setiap satu tahun sekali.

§ Manajer memberikan gaji pada karyawan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Jika ada pelanggaran karyawan dapat menuntut.

§ Bila ada karyawan yang melakukan penyimpangan atau kesalahan maka akan diminta petanggungjawaban, selalu diberi peringatan sampai batas yang ditentukan jika masih melakukan kesalahan maka akan dipecat.

§ Setiap transaksi dibayar tunai jikalau terjadi utang ada perjanjian walaupun berupa lisan. Pelanggan akan mendapatkan ganti rugi jika hasil tidak sesuai dengan permintaan.

5. Peramalan (Forecasting) situasi pasar pada masa yang akan dating

1. Asumsi-asumsi peramalan

a. Nila tukar mata uang rupiah terhadap dollar (bahan baku akan naik)

b. Kebiasaan pemerintah (faktor eksternal seperti transportasi)

c. Munculnya competitor

2. Ramalan kondisi pasar secara kualitatif

Dimasa yang akan datang diramalkan bahwa pesaing akan semakin banyak, akan tetapi tidak dapat diramalkan berapa jumlah pesaing yang akan memasuki bisnis foto copy ini. Banyaknya perusahaan yang akan menggeluti sudah barang tentu akan menimbulkan persaingan. Persaingan akan dimulai dari harga dan pelayanan. Para pesaing pasti akan meningkatkan kualitas pelayanan dan juga akan berlomba dalam menetapkan harga yang semurah-murahnya.

Begitu pula halnya dengan Ilma Foto Copy Center yang akan berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan juga akan bersaing menentukan harga sehingga konsumen akan tetap dan lebih tertarik pada semua barang dan jasa yang ditawarkan di Ilma Foto Copy Center.

D. Manajemen Keuangan

1. Pengelolaan Modal

Pendapatan modal perusahaan berasal dari pemilik sendiri sebesar Rp. 110.000.000, maka perusahaan berusaha untuk menggunakan modal seefisien mungkin agar tujuan perusahan dapat tercapai.

- 2.Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan dilakukan setiap hari, setiap penjualan langsung dicatat di dalam buku penjualan yang kemudian dilaporkan kepada manajer/pemilik usaha. Adapun laporan keuangan dibuat perbulan. Dalam business plan milik Ilma Foto Copy Center ini manajer memprediksi mengenai beberapa hal yang bersangkutan dengan keuangan diantaranya adalah neraca perusahaan pada tahun berjalan sampai dengan satu tahun ke depan, perkiraan laba yang didapat pada satu tahun ke depan. Berikut pada halaman selanjutnya dilampirkan perkiraan neraca keuangan perusahaan pada tahun berjalan dan perkiraan laba pertahun berjalan.

3. Physical Evidence

Ilma Foto Copy Center memiliki beberapa peralatan tetap yang menjadi inventaris perusahaan, yang dapat dijadikan bukti fisik dari perusahaan kami yaitu:

§ 4 unit mesin foto copy dengan merk Canon

§ 1 unit alat pemotong kertas (QD series paper cutter)

§ 1 unit laminator (SF 320P)

§ 1 unit alat penjilid ring

§ 1 buah papan nama (canon foto copy)

§ 1 buah papan nama perusahaan

§ 1 set meja dan kursi kasir

§ 3 set etalase ATK

§ 1 set etalase kertas jilid

§ 4 set meja kantor

§ 4 set kursi kantor

§ 12 kursi tunggu

§ 1 unit computer

§ 1 unit printer

§ 1 buah lemari arsip

§ 1 unit telepon

BIAYA INVESTASI

Nama

Jml Unit

Hrg/Unit

Nilai Investasi

Umur Ekonomi

Biaya Penystn/thn

A. Peralatan

Mesin foto copy

Alat pemotong kertas

Laminator

Alat penjilid ring

Papan nama (canon foto copy)

Papan nama perusahaan

Meja kasir

Kursi kasir

Etalase

Meja kantor

Kursi kantor

Kursi tunggu

Komputer

Printer

Lemari arsip

B. Biaya sewa tempat usaha

Biaya Investasi

4

1

1

1

1

1

1

1

4

4

4

12

1

1

1

Rp. 20.000.000

Rp. 900.000

Rp. 700.000

Rp. 600.000

Rp. 500.000

Rp. 500.000

Rp. 400.000

Rp. 200.000

Rp. 900.000

Rp. 400.000

Rp. 200.000

Rp. 40.000

Rp. 3.500.000

Rp. 600.000

Rp. 1.000.000

Rp. 8.000.000

Rp. 80.000.000

Rp. 900.000

Rp. 700.000

Rp. 600.000

Rp. 500.000

Rp. 500.000

Rp. 400.000

Rp. 200.000

Rp. 3.600.000

Rp. 1.600.000

Rp. 800.000

Rp. 480.000

Rp. 3.500.000

Rp. 600.000

Rp. 1.000.000

Rp. 8.000.000

Rp.103.380.000

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

1

Rp. 8.000.000

Rp. 90.000

Rp. 70.000

Rp. 60.000

Rp. 50.000

Rp. 50.000

Rp. 40.000

Rp. 20.000

Rp. 360.000

Rp. 160.000

Rp. 80.000

Rp. 48.000

Rp. 350.000

Rp. 60.000

Rp. 100.000

Rp. 8.000.000

Rp. 17.538.000

Biaya Produksi

Jenis Biaya

Jumlah Unit

Harga/unit

Total Biaya/bulan

1. Biaya Tetap

- Manajer

- Kasir

- Karyawan FC & Penjilidan

- Karyawan ATK

-Pemeliharaan

-Penyusutan

Total Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

- Kertas HVS

- Tinta

- Plastik

- Biaya Telepon

- Biaya Listrik

Total Biaya Tidak Tetap/bulan

Total Biaya Produksi/bulan

Total Biaya Produksi/tahun

1 orang

1 orang

4 orang

1 orang

150 pak

Rp. 1.200.000

Rp. 525.000

Rp. 500.000

Rp. 500.000

Rp. 18.000

Rp. 1.200.000

Rp. 525.000

Rp. 2.000.000

Rp. 500.000

Rp. 450.000

Rp. 1.461.500

Rp. 6.136.500

Rp. 2.700.000

Rp. 700.000

Rp. 70.000

Rp. 350.000

Rp. 650.000

Rp. 4.470.000

Rp. 10.606.500

Rp. 127.278.000

Harga Pokok Penjualan =

=

= 71/lembar

Pendapatan Jasa

1. Foto copy

Harga jual Rp. 110/lembar, 1 tahun 1.800.000 lembar, maka penjualan dalam 1 tahun Rp. 198.000.000

2. Penjilidan

Biaya: a. lakban jilid @ Rp. 6500 sebulan membutuhkan sekitar 4 buah, 1 tahun 48 buah = Rp. 312.000

c. plastik jilid sepasang Rp. 700, setahun membutuhkan 7.200 pasang = Rp. 5.040.000

d. ring jilid Rp. 1.200 per jilid, setahun membutuhkan 1.800 = Rp. 2.160.000

Total biaya = R.p 7.512.000 untuk 1 tahun menghasilkan 7.200 jilid

Jadi harga Jasa Penjilidan =

= Rp. 1.043/jilid

Harga 1 kali menjilid:

1. yang pakai lakban Rp. 2000, 1 tahuan 5.400 jilid = Rp. 10.800.000

2. yang pakai ring Rp. 2.500, 1 tahun 1.800 jilid = Rp. 4.500.000

total pendapatan jilid = Rp 15.300.000

jadi total pendapatan jasa = Rp. 198.000.000 + Rp. 15.300.000

= Rp. 213.300.000/tahun

Keuntungan = pendapatan – total biaya

= Rp. 213.300.000 – (Rp. 127.278.000+ R.p 7.512.000)

= Rp. 78.510.000 / tahun

Analisi Kelayakan Usaha

Analisis yang digunakan adalah titik impas Break Even Point (BEP) Dan Revenue Cost Ratio (R/C)

  1. Break Even Point (BEP) untuk jasa foto copy

BEP =

=

= Rp. 100.999.750,6/tahun

usaha foto copy tidak untung dan tidak rugi pada pendapatan Rp. 100.999.750,6/tahun.

    • BEP Volume =

=

= 1.157.073lembar/tahun

Berdasarkan nilai di atas usaha akan impas setelah penjualan mencapai 1.157.073lembar.

    • BEP Harga =

=

= Rp. 71/lembar

  1. Pay Back Periode (PBP)

PBP =

=

= 1,5

modal akan kembali dalam jangka waktu 1 tahun 6 bulan

  1. Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C =

=

= 1,6

artinya, setiap pendapatan Rp. 1,00 maka penerimaan yang diperoleh sebesar Rp. 1,6 dengan demikian, usaha ini layak dilaukan.

Ilma Foto Copy Center

Neraca

Periode 1 tahun berjalan

Modal awal Rp. 110.000.000

Biaya investasi awal:

4 unit mesin foto copy Rp. 80.000.000

1 unit alat pemotong kertas Rp. 900.000

1 unit laminator Rp. 700.000

1 unit alat penjilid ring Rp. 600.000

1 buah papan nama(canon foto copy) Rp. 500.000

1 buah papan nama perusahaan Rp. 500.000

1 set meja kasir Rp. 400.000

1 set kursi kasir Rp. 200.000

4 set etalase Rp. 3.600.000

4 set meja kantor Rp. 1.600.000

4 set kursi kantor Rp. 800.000

12 set kursi tunggu Rp. 480.000

1 unit komputer Rp. 3.500.000

1 unit printer Rp. 600.000

1 buah lemari arsip Rp. 1.000.000

biaya sewa tempat usaha Rp. 8.000.000

Total Biaya Investasi (Rp. 103.380.000)

Saldo Awal Rp. 6.620.000

Ilma Foto Copy Center

Laporan Laba/Rugi

Periode 1 Tahun Berjalan

Penjualan Rp. 198.000.000

Jumlah Rp. 198.000.000

Beban Produksi:

Biaya Tetap:

Gaji Pegawai Rp. 4.225.000

Pemeliharaan Rp. 450.000

Penyusutan Rp. 1.461.500

Total Biaya Tetap Rp. 6.136.500

Biaya Tidak Tetap:

Kertas HVS Rp. 2.700.000

Tinta Rp. 700.000

Plastik Rp. 70.000

Biaya Telepon Rp. 350.000

Biaya Listrik Rp. 650.000

Total Biaya Tidak Tetap Rp. 4.470.000

Total Biaya Produksi/Bulan Rp. 10.606.500

Total Biaya Produksi/Tahun (Rp. 127.278.000)

Laba Rp. 70.722.000

Lay Out









VI. PENUTUP

Ilma Foto Copy Center adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa. Modal yang di dapat untuk menjalankan usaha ini berasal dari pemilik sendiri. Usaha ini dijalankan oleh 1 orang manajer sekaligus pemilik, 1 0rang sebagai kasir, 4 karyawan Foto copy & penjilidan, 1 karyawan ATK.

Dalam mengelola usaha foto copy ini, pemilik menerapkan berbagai analisis, seperti sudah dijelaskan di atas, pemilik dalam menjalankan usahanya melihat berbagai kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan hambatan yang dimiliki usahanya. Dengan demikian pemilik bisa melakukan antisipasi dan mengatasi masalah yang akan terjadi.

Selain menggunakan analisis SWOT, Ilma Foto Copy Center juga menganalisis keadaan dan menentukan strategi/rencana yang akan dilakukan selanjutnya untuk dapat menjadikan usaha Ilma Foto Copy Center menjadi usaha yang berhasil dan lebih maju.

2 comments: