Heyyy...

Friday, July 3, 2009

Business pLan punya Liliss...

BAB I

PROFIL PERUSAHAAN

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Nama Perusahaan

Nama Perusahaan untuk perusahaan ini adalah Smart Travel. Smart dan Travel merupakan istilah bahasa Inggris berarti Smart=pintar dan Travel=Perjalanan, maka Smart Travel bisa diartikan Perjalanan Pintar. Mengapa? Karena Smart Travel merupakan pilihan pintar bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan pariwisata yang menawarkan segala kemudahan dan berbagai macam fasilitas sesuia yayang konsumen inginkan

Bentuk Perusahaan

Bentuk kepemilikan Smart Travel adalah CV, karena Smart Travel adalah perusahaan yang memiliki 2 pemodal atau lebih. Para pemodal ini terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah sekutu yang bertanggungjawab memberikan modal (uang) dan tenaganya untuk kelangsungan perusahaan. Sedangkan sekutu pasif hanya menyetorkan modalnya saja. Pembagian keuntungan dari sekutu pasif dan aktif berbeda sesuai kesepakatan.

B. Alamat Perusahaan

Alamat : Jln Jend. A. Yani no 229, Garut-Jawa Barat

No. Telepon : (0262)236179

Fax : (0262)236178

Website : www. smarttravel.com

C.



342342341.jpg

Gambar logo/Lambang Perusahaan

Lambang diatas digunakan sebagai lambing atau logo perusahaan karena dianggap mampu mendeskripsikan bidang usaha. Dimana dalam logo tersebut terdapat gambar sebuah bis, yang melambangkan bahwa perusahaan kami bergerak dibidang jasa transportasi yaitu jasa transportasi pariwisata. Selain itu didalam logo tersbut terdapat motto sesuai dengan harapan atau cita-cita perusahaan yaitu perusahaan akan memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik terhadap konsumen dengan motto “the smart away for your travel”.

D. Visi Perusahaan

- Menjadi perusahaan yang sukses dibidangnya dengan memberikan pelayanan yang terjangkau, baik, mudah, cepat, dan tepat waktu tanpa kesalahan.

E. Misi Perusahaan

- Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

- Dapat mengembangkan usaha melalui cabang.

- Dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada.

F. Tujuan Perusahaan

- Memperoleh laba yang optimal dan maksimal sebagai hasil dari kinerja perusahaan .

- Turut membantu perekonomian nasional.

- Memuaskan konsumen dengan dengan pelayanan jasa yang berkualitas

- Sebagai bagian dari mata pencaharian dari pemegang saham dan seluruh pegawai. :

G. Bidang Usaha Perusahaan

CV. Smart Travel bergerak dalam bidang usaha Jasa Transportasi Pariwisata.

H. Susunan Pengurus

STRUKTUR ORGANISASI CV. SMART TRAVEL






Petugas Lapangan


Susunan Kepengurusan dari CV.Smart Travel terorganisir sebagaimana yang tertulis didalam struktur organisasi diatas.

Untuk Petugas Lapangan terdiri dari (Ketua Kendaraan, Sopir, Pembantu Sopir)

I. Modal yang diinvestasikan

Modal yang diinvestasikan untuk CV. Smart Travel. adalah sebagai berikut :

Modal yang diinvestasikan

Nominal

Pribadi

Rp. 3.500.000.000,-

Investor 1

Rp. 1.750.000.000,-

Investor 2

Rp. 2.250.000.000,-

Investor 3

Rp. 2.000.000.000,-

Investor 4

Rp. 2.000.000.000,-

Investor 5

Rp. 2.000.000.000,-

Investor 6

Rp. 600.000.000,-

Investor 7

Rp. 1.000.000.000,-

Investor 8

Rp. 1.000.000.000,-

Investor 9

Rp. 42.800.000,-

Investor 10

Rp. 1.700.000.000,-

Pinjaman dari Bank

Rp. 15.000.000.000,-

Total

Rp. 31.742.800.000,-

BAB II

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Kegiatan kepariwisataan merupakan kegiatan yang bersifat system, memiliki ruang lingkup, komponen, dan proses tersendiri. System pariwisata merupakan system perdagangan yang bersifat khusus, berobyek jasa, dan mendapat dukungan dari sistem lainnya, seperti system sosial, budaya, lingkungan hidup, system religi, dan system-sistem lainnya. Bisnis pariwisata adalah aspek kegiatan kepariwisataan yang berorientasi pada penyediaan jasa pariwisata.

Secara teoritis, bisnis (business) dapat diartikan sebagai:

(1) Commercial activity engaged in for again or livelihood;

(2) Activity or enterprise, for gain, benefit, advantage or livelihood;

(3) Enterprise in which person engaged show willingness to invest time and capital on future outcome.

Jadi kegiatan bisnis pariwisata adalah segala kegiatan usaha yang berorientasi pada keuntungan. Meliputi seluruh kegiatan penyediaan jasa (services) yang dibutuhkan wisatawan. yang meliputi:

1. Jasa perjalanan (travel) dan transportasi (transportation),

2. Penginapan (accommodation), jasa boga (restaurant),

3. Rekreasi (recreation), dan

4. Jasa jasa lain yang terkait, seperti jasa informasi, telekomunikasi, penukaran uang (money changer), dan jasa hiburan (entertainment).

Perdagangan jasa pariwisata dapat bersifat domestic (domestic tourism) dan dapat juga bersifat internasional (international tourism). Bersifat domestic, apabila pelayanan jasa tersebut dilakukan di dalam wilayah suatu Negara, oleh pelaku bisnis domestic terhadap wisatawan domestik.

Sifat khas perdagangan jasa pariwisata terletak pada sifat dan bentuk objeknya, yaitu jasa. Bentuk ini memiliki karakter yang sangat berbeda dengan barang. Sebagai contoh misalnya standard, lingkungan bisnis, peraturan perundangan, mekanisme dan prosedur, kebutuhan pasar, kemasan produk, kualitas produk, penyajian produk, dan sebagainya.

Karakteristik lainnya, terletak pada posisi jasa pariwisata sebagai objek hukum. Bisnis pariwisata memiliki system pengaturan tersendiri, institusi institusi, tradisi, azas-azas, ketentuan, standar-standar, mekanisme dan prosedur yang berbeda dengan perdagangan barang.

Karakteristik demikian menunjukkan bahwa bisnis pariwisata merupakan system tersendiri. Mencakup kesatuan konsumen, tata kerja, fungsi, dan proses tersendiri. Sistem demikian membutuhkan system hukum sui generis, yaitu sistem hukum khusus, sesuai dengan karakter obyeknya.

Mencermati perkembangan neraca pembangunan indonesia dari tahun ke tahun, tidak diragukan lagi bahwa kontribusi pendanaan yang berasal dari usaha jasa pariwisata telah meningkat dengan cukup berarti. Peranan industri pariwisata dalam menopang dan menggalakkan roda perekonomian nasional menjadi semakin kokoh di urutan kedua setelah migas.

Maka dari itu, kami memilih perusahaan yang bergerak diibidang jasa transportasi pariwisata untuk membantu meningkatkan devisa negara dan menyediakan fasilitas yang nyaman bagi para wisatawan dalam rangka memperkenalkan alam dan budaya Indonesia (khususnya), yang perlu diketahui dan dibanggakan. Dan untuk kedepannya, tentunya perusahaan akan memperluas jaringan usahanya hingga ke mancanegara.

BAB III

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Bisnis

1. Perusahaan (Company)

a. Penguasaan Pasar

Sebagai Perusahaan yang baru berdiri namun kami yakin CV. Smart Travel Mempunyai kemampuan bersaing yang bagus, maka CV. Smart Travel akan mengusahakan penguasaan pasar maksimal 40 persen, Sebuah angka yang terbilang wajar untuk suatu perusahaan yang baru berdiri.

b. Modal Perusahaan

Modal CV. Smart Travel berasal dari modal pribadi dan Modal yang dipinjamkan oleh Lembaga Keuangan. Namun, sebagian besar modal berasal dari modal pribadi, yaitu sebagian dari pemilik perusahaan dan sebagian dari para investor yang menginvestasikan modalnya dalam bentuk uang. Modal yang tersebut nantinya akan digunakan untuk modal usaha dan biaya operasional perusahaan.

c. Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan CV. Smart Travel adalah SDM yang berkualitas, memiliki keinginan yang kuat dalam bekerja, mempunyai intelektualitas dan loyalitas yang tinggi sehingga mampu membaca situasi perusahaaan, dan membawanya ke arah yang lebih maju. Selain itu SDM yang bekerja di CV. Smart Travel. diseleksi secara ketat sesuai dengan bidang pekerjaan yang mereka inginkan, sehingga setiap karyawan dan staf ditempatkan dibagian yang sesuai dengan keahlian mereka.

d. Teknologi

Teknologi sangat berperan dalam usaha CV. Smart Travel karena sebagian besar sistem jaringan dan komunikasi menggunakan teknologi yang modern. Misalnya. Kami menyediakan fasilitas pelayanan melalui jaringan internet, sehingga para wisatawan tidak perlu bersusah payah untuk mendatangi kantor kami. Selain itu, untuk registrasi pembayaran, kami juga bekerjasama dengan salah satu lembaga keuangan, sehingga para wisatawan cukup mentransfer uang kedalam rekening perusahaan kami. Tujuannya yaitu agar mempercepat dan mempermudah bagi kami dalam mendapatkan informasi dan memberikan pelayanan.

e. Kualitas Produk

Sebagaimana dikemukakan didalam profil perusahaan, bahwa CV. Smart Travel merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa tarnsportasi pariwisata, maka produk yang kami hasilkan adalah jasa itu sendiri. Kualitas produk CV. Smart Tavel sangat mampu bersaing dengan produk-produk perusahaan lainnya, karena CV. Smart Travel mempunyai program kerja yang sangat berbeda dengan perusahaan-perusahaan sebelumya yang bergerak dibidang usaha serupa yang dianggap mampu untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan menarik minat pelanggan.

f. Diferensiasi

- Diferensiasi produk

Perubahan yang terjadi pada dunia bisnis saat ini benar-benar tak menentu. Untuk itu, setiap perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dan sukses di abad ini harus menerapkan konsep diferensiasi produk, maka perusahaan dapat mengguanakan seluruh sumberdaya dan keunggulan yang ada dalam memanfaatkan segala perubahan untuk memenangkan persaingan. Diferensiasi ini sangat penting dan cocok sebagai kunci sukses dalam perusahaan.

Oleh karena itu, CV. Smart Travel pun menciptakan suatu diferensiasi produk dalam usaha yang digelutinya, yaitu CV. Smart Travel akan memberikan reward kepada para wisatawan yang telah menggunakan jasa perusahaan lebih dari dua kali.

- Diferensiasi Pelayanan

Sebagaimana diferensiasi produk, diferensiasi peleyanan pun perlu dilakukan supaya para wisatawan lebih merasakan perbedaan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. CV. Smart Travel akan memberikan bonus peserta pariwisata untuk setiap peserta wisata lebih dari 30 orang. Selain itu, CV. Smart Travel menyediakan catering berbagai jenis makanan dari berbagai daerah sesuai pesanan dan sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, tentunya dengan makanan khas yang berbeda pula sehingga para wiasatawan dapat tetap merasa berada di kampun halaman sendiri ketika berada dalam perjalanan.

2. Konsumen atau Pelanggan

- Memberikan kualitas pelayanan dan jasa yang baik maka perusahaan optimis para konsumen akan mendapatkan kepuasan.

- Selalu melakukan perbaikan terutama pada kualitas pelayanannya supaya seluruh jasa yang ditawarkan akan mendapat tempat yang baik dimata masyarakat selaku konsumen dan calon konsumen, karena setiap konsumen dalam memilih jasa selalu didasari oleh motivasi yang nantinya akan mempengaruhi jasa yang digunakannya.

- Semakin banyak konsumen maka perusahaan akan semakin sulit mengenali konsumennya secara teliti. Terutama tentang suka atau tidaknya konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan dan alasan yang mendasarinya. Dengan memberikan kualitas yang baik, maka konsumen akan merasa puas, setelah konsumen merasa puas mereka akan membandingkan jasa yang diberikan oleh perusahaan kami dengan jasa yang diberikan perusahaan lain dalam bidang usaha yang sama, karena perusahaan kami memberikan fasilitas yang lebih baik maka mereka benar-benar merasa puas dan akan memakai ulang jasa perusahaan kami, serta merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan jasa dari CV. Smart Travel.

3. Competitor (Pesaing)

a. Jumlah competitor\

Jumlah competitor yang bergerak dalam bidang usaha ini sangat banyak sekali. Contohnya: Astra tone travel, Cipaganti Travel, TX Travel, dll. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha perusahaan, karena dengan adanya competitor yang sangat banyak dan para competitor tersebut sudah lebih dikenal oleh masyarakat tentunya mengharuskan CV.Smart Travel berusaha keras untuk mencapai tujuanny yaitu menjadi perusahaan yang sukses dibidangnya dengan memberikan pelayanan yang terjangkau, baik, mudah, cepat, dan tepat waktu tanpa kesalahan.

b. Penguasaan skala ekonomi

Penguasaan skala ekonomi akan diperoleh CV. Smart Travel dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Dengan memberikan atau mempersiapkan sarana dan prasarana yang baik untuk administrasi dan operasional lapangan agar dapat bersaing atau lebih baik dari competitor.

- Memberikan servis atau pelayanan yang baik, mudah dan cepat.

- Menawarkan harga ang bersaing terhadap konsumen.

Dengan ketiga langkah diatas diharapkan CV.Smart Travel memperoleh penguasaan skala ekonomi min 30%.

c. Merek

Merek yang digunakan harus merek yang memiliki kualitas layanan dan kualitas kenyaman menengah keatas, Contonya Mercedess, mempunyai kualitas bagusm dan sudah dikenal oleh masyarakat.

d. Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dapat dipelihara dan ditingkatkan dengan cara memberikan pelayanan yang terjangkau, baik, mudah dan cepat, tepat waktu tanpa kesalahan.

e. Diferensiasi chanel (perantara)

- Dibuat kantor-kantor cabang sesuai dengan pengembangan usaha yang dilakukan.

- Kerjasama yang baik dengan perusahaan atu lembaga terkait. Seperti: Perusahaan Bus, Lembaga-lembaga Pemerintahan.

- Harus ada bonus bagi tenaga perantara.

f. Jumlah Perantara

Disesuaikan dengan pengembangan usaha dengan acuan satu kabupaten satu kantor cabang.

g. Harga yang ditawarkan

Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan fasilitas yang ingin disediakan dengan harga bersaing dengan harga yang ditawarkan para kompetitor, dalam artian juga dengan harga yang terjangkau.

h. Kualitas Perantara

- Pengembangna atau sarana-prasarana perantara terus ditingkatkan untuk lebih memperbaiki pelayanan.

- Lokasi Perantara mudah dijangkau dari seluruh penjuru.

- Pemanfaatan Teknologi dan Informasi.

4. Center (Pemasok)

Pemasok untuk CV. Smart Travel terdiri dari :

- Tempat pembelian kendaraan

- Sarana dan Prasarana bagian administrasi dan lapangan seperti bengkel-bengkel.

- Kantor cabang sebagai pemasok konsumen.

- Srana-prasarana operasional. Seperti rumah makan, penginapan, tempat-tempat pariwisata, serta surat ijin.

5. Change (Kekuatan Perusahaan didalam Mengadaptasi Lingkungan)

Suatu perusahaan untuk menjadi kuat harus dinamis, melakukan pengembangan-pengembangan dan peningkatan-peningkatan diseluruh sektor agar bisa terus memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan yang meliputia:

- Peningkatan SDM.

- Peningkatan Teknologi Informasi.

- Peningkatan kualitas produk dan pelayanan.

B. ANALISIS SWOT

Swot Singkatan dari Strength Weaknesses Opportunitis Threats (Kekuatan Kelemahan Kesempatan Ancaman). Sedangkan pengertian analisis SWOT itu sendiri adalah suatu analisis yang dilakukan dengan cara memahami serta meneliti kinerja perusahaan. Analisis SWOT ini memungkinkan manajer untuk mengembangkan model stretegi organisasi yang didasarkan pada informasi yang telah dikumpulkan. Analisis SWOT mengasumsikan bahwa oraganisasi akan mencapai strategi yang suskses dengan memaksimumkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelamahan serta hambatan.

² Strengths (Kekuatan)

- Memiliki kendaraan yang berkualitas, sehingga akan memberikan kenyamanan.

- Memiliki karyawan yang professional, sehingga kemungkinan untuk melakukan kesalahan sangatlah kecil.

- Memiliki sitem administrasi yang beik, mudah dan cepat.

- Lokasi perusahaan yang mudah dijangkau dari seluruh penjuru.

- Menggunakan teknologi Informasi yang modern.

² Weakness (Kelemahan)

- Masih terbatasnya jumlah sarana

- Kemampuan SDM harus terus mengikuti perkembangan jaman dan perkambangan usaha juga perkembangan masyarakat.

- Masih terbatasnya kantor cabang.

- Biaya promosi belum memadai.

² Opportunities (Kesempatan)

- Semakin banyak konsumen pengguna jasa transportasi pariwisata karena masyarakat semakin banyak memerlukan banyak memerlukan hiburan Dn refreshing sehubungan dengan kesibukan maasyarakat.

- Perusahaan bisa dikembangkan lebih luas dengan cara pengembangan sarana dan prasarana kualitas pelayanan.

- Lebih diterima masyarakat atau konsumen, karena disamping memberikan pelayanan yang berkualitas, juga dilakukan diferensiasi produk dan pelayanan sehingga konsumen lebih banyak pilihan (produk dan pelayanan) sesuia dengan kemampuannya.

² Threats (Ancaman)

- Semakin banyak perusahaan yang sejenis, sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat.

- Semakin tingginya tuntutan kualitas sarana-prasarana dan pelayanan yang menuntut peningkatan dan pengembangan diseluruh sektor.

- Deferensiasi produk dan pelayanan masih terbatas jika dibandingkan dengan pilihan-pilihan yang disampaikan konsumen.

C. ANALISIS POAC

Dari analisis SWOT, maka dapat dibuat analisis POAC sebagai berikut:

² Planning

Pengembangan usaha yang selalu ditingkatkan dan disesuaikan dengan tuntutan jaman dan tuntutan konsumen.

² Organizing

- Dilakukan koordinasi dari seluruh bagian perusahaan untuk melakukan dan mengusahakan rencana diatas.

- Melakukan penelitian dalam rangka pengembangan usaha.

² Actuating

Melakukan rencana yang sudah ditetapkan secara profesional, disiplin, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

² Controling

- Dilakukan pengawasan yang ketat diseluruh sektor didalam pelaksanaan rencana yang sudah ditetapkan.

- Memberikan umpan balik dari hasil pengawasan untuk membuat perencanaan yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

BAB IV

STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

A. Cara meningkatkan produksi

Langkah awal yang akan dilakukan oleh CV. Smart Travel dalan rangka meningkatkan produksi jasa adalah memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik kepada para konsimen, sehingga mereka nyaman dan maksimalnya mempunyai loyalitas untuk tetap menggunakan jasa CV. Smart Travel dengan kepuasan yang diperoleh para konsumen, maka mereka secara tidak langsung akan memberikan informasi kepada orang lain, sehingga merasa tertarik dan jumlah konsumen semakin banyak. Dengan jumlah konsumen yang semakin banyak maka otomatis tinkat produksi jasa pun akan semakin meningkat karena jumlah permintaan yang banyak. Selain dari pada itu, CV. Smart Travel akan mempublikasikan keberadaanya sebagai perusahaan yang baru bergerak dibidang Jasa Transportasi Pariwisata melaui media massa, seperti:

- Media massa, seperti Majalah, tabloid

- Media elektronik seperti radio, internet

- Promosi lainnya seperti brosur dan pamflet

Rencana tersebut akan diimplementasikan pada saat kami melakukan pembukaan awal (grand opening) sampai kapada waktu yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan perusahaa. Dalam satu tahun pertama untuk menarik minat konsumen terhadap CV. Smart Travel maka diadakan diskon khusus bagi member CV. Smart Travel. Keuntungan member bagi member diantaranya :

- Mendapatkan diskon khusus

- Mendapatkan poin setiap menggunakan jasa yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan hadiah-hadian menarik.

B. Memperbesar usaha

Segala sesuatu yang akan CV. Smart Travel jalankan tentunya berdasarkan survei-survei yang telah dilakukan. Maksud dari survei tersebut adalah supaya apa yang akan dilakukan sesuai dengan rencana sehingga, mendapatkan hasil yang optimal.

Mengingat bahwa kegiatan bisnis pariwisata adalah segala kegiatan usaha yang berorientasi pada keuntungan. Meliputi seluruh kegiatan penyediaan jasa (services) yang dibutuhkan wisatawan. yang meliputi:

1. Jasa perjalanan (travel) dan transportasi (transportation),

2. Penginapan (accommodation), jasa boga (restaurant),

3. Rekreasi (recreation), dan

4. Jasa jasa lain yang terkait, seperti jasa informasi,

telekomunikasi, penukaran uang (money changer), dan jasa

hiburan (entertainment).

Maka salah satu upaya untuk memperbesar usaha adalah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam penyediaan jasa diatas, karena dengan begitu CV. Smart Travel akan semakin banyak dikenal dan semakin banyak yang menggunakan jasa CV. Smart Travel.

Dengan demikian, laba yang diperolehpun akan semakin besar, maka dimulailah program memperbesar usaha dengan membuka kantor cabang diberbagai daerah.

C. Mengatasi Pesaing

Memberikan pelayanan yang sangat baik

Memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya

- Proses publikasi yang terus menerus tetapi tetap inovatif supaya tidak terkesan membosankan.

- Memberikan fasilitas yang nyaman dengan harga terjangkau.

- Manajemen yang handal dan mampu mengantisipasi pada setiap persaingan yang dapat menjalankan perusahaan secara efektif dan efisien.

- Memanfaatkan diferensiasi produk (jasa) dan diferensiasi pelayanan sebagai program andalan perusahaan yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

D. Mengatasi masalah kebangkrutan

- Memanajemen keuangan dengan tepat

- Selalu tanggap dengan kondisi perusahaan, sehingga setiap masalah yang timbul dapat segera diatasi.

- Selalu melakukan evaluasi kerja setiap 1 bulan sekali.

- Mempertahankan dan menjaga citera perusahaan dimata masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terus meningkat dan selalu memberikan keuntungan terhadap perusahaan.

BAB V

STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manusia merupakan unsur yang penting dalam menjalankan suatu perusahaan, oleh sebab itu perusahaan sangat membutuhkan manusia yang mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga perusahaan dapat berdiri dengan tegak dari masa ke masa sesuai dengan apa yang diharapkan. Langkah-langkah yang akan dilakukan CV. Smart Travel dalam memanajemen SDM adalah sebagai berikut :

1. Seleksi rekruitmen

2. Diklat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia

3. Disiplin kerja harus dikembangkan dengan aturan main dan tata terib.

4. Jenjang karir.

Jenjang karir ini akan disesuaikan dengan prestasi kerja dan dedikasi terhadap perusahaan.

Struktur Organisasi




² Job Description

1. Direktur Utama

- Bertanggungjawab secara luas atas seluruh kegiatan baik operasional maupun administrasi keuangan.

- Menetapkan kebijakan perusahaan demi menciptakan kondisi perusahaan yang baik

- Mengawasi, mengendalikan, serta menganalisis setiap perkembangan perusahaan

- Meningkatkan kinerja, produktivitas dan efektifitas dalam lingkunagn perusahaan

2. Kepala Bagian Administrasi

Bertanggung jawab penuh atas sistem administrai perusahaan

3. Manajer Pemasaran

- Bertanggungjawab memasarkan product/jasa secara luas.

- Menjaga stabilitas pemasaran jasa.

- Bertanggungjawab untuk mengawasi proses pemasaran sesuai target yang telah ditetapkan oleh manajemen dalam kurun waktu yang di break down oleh perusahaan perbulan menurut kebutuhan masing-masing bulan dan membuat laporan penjualan harian, bulanan dan tahunan.

- Bertanggung-jawab dalam menganalisa, merencana, mengimplementasikan dan mengawasi segala kegiatan guna mencapai tingkat pemasaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

4. Manajer Operasi atau Jasa

- Bertanggung jawab atas segala kegiatan operasional perusahaan.

- Bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan dilapangan kerja.

5. Manajer Keuangan

- Bertangguangjawab atas administrasi keuangan secara umum

- Menerima, mencatat seluruh keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran

- Menyediakan informasi kuantitatif mengenai keuangan perusahaan.

- Menyediakan informasi laporan keuangan dan rekapitulasi.

- Menyiapkan laporan keuangan setiap periode (setiap satu bulan sekali).

5. Manajer Sumber Daya Manusia

- Bertanggungjawab atas hasil kerja karyawan.

- Memberi pengarahan terhadap karyawan baru maupun lama.

- Memberikan sanksi jika karyawan tersebut membuat kesalahan.

6. Kepala Cabang

- Bertanggung jawab mengelola kantor cabang dengan sebaik-baiknya.

- Menjadikan kantor cabang sebagai pemasok konsumen.

- Memberi pertanggung jawaban atas hasil kerja kamtor cabang kepada kantor pusat.

7. Koordinator Lapangan

Bertanggung jawab atas operasi dilapangan.

8. Sopir

- Bersikap ramah terhadap pelanggan.

- Mengemudikan kendaraan dengan dengan beik

- Mengerti tentang mekanisme kendaraan

9. Connector

- Bersikap ramah terhadap pelanggan.

- Bisa menggunakan kendaraan.

- Mengerti tentang mekanisme kendaraan.

- Bekerjasama dengan supir dalam melaksanakan tugas.

10. Office Boy/Girl

- Bertanggung jawab penuh atas kebersihan CV.Smart Travel.

- Memberikan pelayanan terbaik terhadap karyawan maupun perusahaan.

10. Security

- Menjaga keamanan.

- Memberikan rasa aman terhadap pelanggan.

- Memberikan pelayanan.

² Kompensasi yang Diberikan

Jabatan

Jumlah

Per Orang

Total Gaji

Direktur Utama

1

Rp. 25.000.000

Rp. 25.000.000

KABAG. Administrasi

1

Rp. 7.500.000

Rp. 7.500.000

Manajer Pemasaran

1

Rp. 6.000.000

Rp. 6.000.000

Manajer Operasi/Jasa

1

Rp. 6.000.000

Rp. 6.000.000

Manajer Keuangan

1

Rp. 6.500.000

Rp. 6.500.000

Manajer SDM

1

Rp 6.000.000

Rp. 6.000.000

Kepala Cabang

3

Rp. 3.000.000

Rp. 9.000.000

Koordinator Lapangan

4

Rp. 2.500.000

Rp. 10.000.000

Sopir

24

Rp. 2.000.000

Rp. 48.000.000

Connector

24

Rp. 1.500.000

Rp. 36.000.000

Office Boy / girl

6

Rp. 800.000

Rp. 4.800.000

Security

8

Rp. 1.000.000

Rp. 8.000.000

Total kompensasi

Rp.172.800.000

² Job Specification

² Manajer Pemasaran

· Pria / Wanita

· Usia min 25 max 35 thn

· Pendidikan min S1 bidang akuntansi

· Pengalaman bekerja min 2 thn

· Manpu mengelola keuangan

² Manajer Operasi atau Jasa

· Pria / Wanita

· Usia min 25 max 35 thn

· Pendidikan min S1 bidang pemasaran

· Pengalaman bekerja min 2 thn

² Manajer Keuangan

· Pria / Wanita

· Usia min 24 max 35 thn

· Pendidikan min S1

· Pengalaman bekerja min 1 thn

² Manajer Sumber Daya Manusia

· Pria/Wanita

· Usia min 24 max 35 thn

· Pendidikan min D3

· Pengalaman bekerja min 1 thn

² Kepala bagian Administrasi

· Pria / Wanita

· Usia min 23 max 35 thn

· Pendidikan min D3

· Pengalaman bekerja min 1 thn

· Mampu mengelola administrasi

² Supir

· Laki-laki

· Pendidikan min SMA

· Sehat Jasmani dan Rohani

· Sopan

· Disiplin

· Mempunyai kamapuan mengemudi yang baik

· Hapal setidaknya jalur-jalur tempat wisata yang ada di daerah Jawa-Barat

· Mengerti tentang mekanisme mesin kendaraan.

² Conector

· Pria / Wanita

· Pendidikan min SMK

· Mampu membantu tugas supir

· Sopan

· Mengerti tentang makanisme mesin kendaraan

² Security

· Pria

· Usia min 20 th

· Pendidikan min SMA / sederajat

· Mampu bersikap tegas dan bijaksana

· Mampu menjaga keamanan

· Disiplin

· Bersikap sopan

² Office Boy/Girl

· Pria / Wanita

· Pendidikan min SMP

· Mampu menjaga kebersihan

· Sopan

2. Manajemen Operasi atau Jasa

Manajemen Operasi pada CV. Smart Travel diklasifikasikan kedalam dua bagian, yaitu bagian administratif dan bagian lapangan. Masing-masing harus dipegang oleh tenaga ahli dibidangnya masing-masing. Operasional lapangan harus berkoordinasi dengan bagian administrasi sehingga diperlukan coordinator operai lapangan yang bertanggung jawab atas operasi dilapangan kepada bagian administrasi.

Bagian promosi dan coordinator lapangan sekaligus bertugas sebagai petugas litbang sehingga dalam pekerjaannya harus bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk pengembangan usaha.

3. Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia lah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

² Segmenting

Menurut demografis CV. Smart Travel merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi, sehingga segmentasinya yaitu semua kalangan karena Jasa Pariwisata sangat dibutuhkan terutama untuk kalangan civitas dunia pendiikan.

² Targeting

Setiap toko memiliki beberapa target untuk dicapai. Kirei Girls Stuff memiliki beberapa target pencapaian, diantaranya yaitu :

· Target Jangka Pendek

a. CV. Smart Travel dapat sukses dengan image yang baik.

b. CV. Smart Travel dapat menjadi panutan setiap konsumen.

· Target Jangka Menengah

a. Membuka cabang di kota-kota besar.

b. Dapat meningkatkan jumlah pelanggan

c. Mengadakan kerja sam dengan instansi-instansi atau perusahaan yang terkait seperti perusahaan jasa pariwisata yang lainnya, pengelola objek-objek wisata, pengelola penginapan, pengelola Rmah makan, dll.

· Target Jangka Panjang

Dapat menjadi perusahaan yang sukses dibidangnya dan tetap mengemban visi dan misi perusahaan.

4. Manajemen Keuangan

Keuangan perusahaan dipegang oleh seorang bendahara yang bertanggungjawab langsung kepada pimpinan perusahaan dan dua orang pembantu bendahara yang bertanggung jawab kepada bendahara.

Keuangan dalam perusahaan dikelompokkan menjadi tiga bagian besar yaitu :

1. Keuangan yang dipergunakan untuk modal usaha.

2. Keuangan yang dipergunakan untuk operasional perusahaan.

3. Keuangan yang dipergunakan untuk pengembangan usaha.

Ketiga kelompok keunagan tersebut dipergunakan dan dikelola sebagai berikut :

1. Keuangan yang dipergunakan sebagai modal usaha

Keuangan ini diperoleh dari para pendiri perusahaan dan dipergunakan untuk :

· Pembelian tanah untuk lokasi perusahaan, besarnya Rp. 2.000.000.000,-

· Pembuatan bangunan perusahaan yang meliputi kantor pimpinan, kantor para pembantu pimpinan, kantor tenaga administrasi dan pemasaran, serta tempat parkir kendaraan. Besarnya biaya Rp 2.000.000.000,-.

· Pembelian kendaraan, yaitu :

3 buah bis eksekutif Rp 6.000.000.000,-

3 buah bis kelas bussiness Rp 4.500.000.000,-

3 buah bis ekonomi Rp 3.000.000.000,-

5 buah minibus eksekutif Rp 5.000.000.000,-

5 buah minibus bussiness Rp 4.000.000.000,-

5 buah minibus ekonomi Rp 5.000.000.000,-

Total Rp 27.500.000.000,-

· Biaya seleksi dan rekruitment karyawan perusahaan yang terdiri dari pimpinan perusahaan, pembantu pimpinan perusahaan, tenaga administrasi, koordinator lapangan, tenaga promosi, personil kendaraan (kepala kendaraan, sopir, dan kernet), tenaga pemeliharaan bangunan dan lokasi, serta tenaga pemeliharaan kendaraan (bengkel). Besarnya biaya Rp 20.000.000,-.

· Biaya promosi perusahaan pada tahap awal oleh sales man atau dengan memakai jasa teknologi informasi sebesar Rp 50.000,000,-

2. Keuangan yang dipergunakan untuk operasional perusahaan.

Biaya operasional perusahaan meliputi :

· Gaji tetap karyawan

· Uang tunjangan kesejahteraan keluarga karyawan

· Uang bonus prestasi kerja

· Biaya pengadaan barang dan pemeliharaan.

· Uang pajak perusahaan.

· Biaya promosi rutin

· Biaya pengembangan usaha.

3. Keuangan yang dipergunakan untuk pengembangan usaha

Keungan ini dipergunakan untuk lebih memperluas akses serta kemampuan pelayanan terhadap konsumen. Keuangan ini meliputi :

· Uang pengembangan profesionalisme sumberdaya manusia.

· Biaya peningkatan karir karyawan berdasarkan lama pengabdian dan prestasi kerja

· Pengadaan barang dan sarana baru

· Pembuatan kantor-kantor cabang

· Rekruitmen karyawan baru.

· Pengembangan sarana prasarana administrasi

BAB VI

PENUTUP

Demikian business plan ini dibuat dengan harapan dapat berguna bagi penyusun khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Tidak lupa juga penyusun sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga business plan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Manusia tidak pernah luput dari adanya kesalahan, oleh sebab itu penyusun mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan dalam business plan ini. Semoga business plan ini dapat bermanfaat bagi penyusun maupun pembaca.

No comments:

Post a Comment