Heyyy...

Thursday, July 2, 2009

Business Plan punya Wiwin

I. PROFIL PERUSAHAAN

Bentuk Perusahaan : Firma

Nama Perusahaan : Wind’s

Berdiri : 8 Agustus 2008

Telp/Fax : +62270877214/78021477

E-mail : winds@winds-course.co.id

Website : winds-course.co.id

Alamat Perusahaan : Jalan Sulanjana No.8 Dago, Bandung 40122, Jawa Barat, Indonesia (kantor pusat)

Motto : “The Place for Fun and Quality”

Logo Perusahaan :

w.jpg

D. Visi Perusahaan :

1. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan intelektual, emosional, dan spiritual.

2. Memungkinkan orang-orang melalui kemahiran berbahasa asing untuk memiliki kesempatan global dalam segala bidang.

3. Menjadi pusat pembelajaran terbaik dan tersebar di Indonesia melalui berbagai program pendidikan dan sarana penujangnya terutama pendidikan bahasa Inggris dan Jepang.

E. Misi Perusahaan :

Misi Wind’s adalah menjadi penyedia tempat kursus bahasa asing terbaik di Kota Bandung dengan menawarkan pelatihan dan pelayanan kepada pelanggan dengan kualitas bertaraf internasional. Dalam usahanya, kami berusaha dengan cara membangun kapasitas tenaga pendidik yang cukup profesional di bidangnya sehingga dari sisi SDM tidak diragunkan lagi kualitasnya.

F. Tujuan Perusahaan :

  • Menciptakan suatu struktur organisasi yang dinamis yang mendukung dan mempercepat kemungkinan partisipasi pengguna jasa dan mitra usaha dalam tatanan manajemen yang sehat dan profesional
  • Menigkatkan kinerja karyawan dan sekaligus kinerja unit kegiatan.
  • Mengadakan pengembangan organisasi dan sekaligus merancang sistem kerjanya secara efektif dan efisien.
  • Menciptakan ketenangan bekerja melalui imbal jasa yang memadai dan sistem pengembangan karier yang jelas.

G. Bidang Usaha Perusahaan :

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa yakni memberikan pengajaran bahasa Inggris dan bahasa Jepang sebagai subjek yang dijadikan materinya.

CaptureSSH. Susunan Pengurus :

blah.jpgCapture.jpg

I. Modal yang diinvestasikan : ±500.000.000

II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAAAN

Era globalisasi menuntut sumber daya manusia untuk memiliki daya saing dan kompetensi dalam bidangnya masing-masing. Oleh karena itu kita tidak cukup hanya mengandalkan pelajaran tambahan bahasa asing yang diajarkan di sekolah atau pun di kampus saja. Perlu kita sadari bahwa spesifikasi keahlian lebih menjadi pilihan utama yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dan daya saing yang itu harus didukung oleh kemampuan komunikasi verbal yang kuat dalam hal bahasa. Hal ini sangat mutlak dikuasai oleh setiap sumber daya manusia yang lahir dan berkembang pada era globalisasi ini. Selain dituntut menguasai beberapa bahasa, seseorang yang bersaing di dalam era globalisasi dituntut untuk membekali diri dalam kemampuan untuk memahami beberapa kebudayaan asing termasuk sifat bangsa asing tersebut dan menyesuaikannya dengan ada istiadat kita. Wind’s menawarkan investasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas diri di bidang bahasa asing yang semakin hari semakin dibutuhkan keahliannya guna menapaki karier yang diperlukan. Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lahir dan berkembang pada era globalisasi ini maka Wind’s sebagai Lembaga Pendidikan Bahasa & Budaya, turut serta dalam memajukan masyarakat Indonesia khususnya dibidang Bahasa Inggris & Bahasa Jepang.

III. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis

1. Company (perusahaan)

a. Penguasaan Pasar:

Dalam perhitungan pendapatan usaha kami hanya dapat memperkirakan hitungan kasar saja karena kami tidak dapat memprediksi secara akurat pangsa pasar yang dapat kami serap. Namun tingkat kepercayaan ini mencapai 50%

b. Modal Perusahaan:

c. Sumber Daya Manusia:

d. Teknologi: teknologi yang kami miliki adalah:

- iSimulation yakni memberikan beragam simulasi role-play dengan memadukannya di saat itu juga. Seperti mencoba simulasi video topik seperti wawancara untuk bekerja

- iXercises yakni siswa mengakses lebih dari 1.000 jam pelajaran interaktif dan tutorial atas semua dasar kemampuan bahasa, seperti membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.

- iLab yang dilengkapi dengan komputer canggih plus fitur internet

e. Kualitas Produk:

f. Diferensiasi

Diferensiasi produk:

-program bahasa Inggris

-program bahasa Jepang

Diferensiasi Pelayanan:

1.Program Bahasa Inggris

Level

Waktu belajar

Lama belajar

Biaya

1. Beginer yakni pemahaman bahasa sedikit atau tidak sama sekali

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp900.000/3 bulan

2. Elementary yakni dapat menggunakan pemahaman tata bahasa dasar

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp900.000/3 bulan

3. Pre-Intermediate yakni pemahaman bahasa menyeluruh; kemampuan kreatif terbatas.

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp900.000/3 bulan

4. Intermediate yakni lancar dalam percakapan sehari-hari; gaya dan ekspresi terbatas.

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp.1.200.000/3 bulan

5. Upper Intermediate yakni pemahaman yang baik untuk tulisan; kemapuan tata bahasa yang tinggi.

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp.1.200.000/3 bulan

6. Pre-advanced yakni pemahaman kosa kata yang baik dan semua fungsi bahasa.

3x 90 menit seminggu

1 tahun

Rp.1.200.000/3 bulan

7. Advanced yakni percaya diri dalam percakapan; kosa kata khusus yang mungkin belum sempurna

3x 90 menit seminggu

6 bulan

Rp1.450.000/3 bulan

8. Academic Proficiency yakni berkomunikasi hampir layaknya penutur asli.

3x 90 menit seminggu

6 bulan

Rp1.450.000/3 bulan

2. Program Bahasa Jepang

Kelas

Jangka waktu

Jumlah

pertemuan

Biaya

Waktu

kursus

keterangan

1. shokyu 1

10 minggu

3x90 menit

Rp650.000

Senin s.d. kamis

pembayaran per paket

2. shokyu 2

10 minggu

3x90 menit

Rp650.000

senin s.d kamis

pembayaran per paket

3. shokyu 3

10 minggu

3x90 menit

Rp700.000

Senin s.d.

kamis

pembayaran per paket

4. shokyu 4

10 minggu

3x90 menit

Rp700.000

Senin s.d.

kamis

pembayaran per paket

2. Customer (Konsumen/Pelanggan)

a. Perilaku Konsumen Kepuasan Konsumen: dengan kualitas barang yang selalu dikontrol dengan baik dan pelayanan yang selalu ditingkatkan dengan baik maka perusahaan optimis akan terus mendapatkan kepuasaan dari pelanggan.

3. Competitor (Pesaing)

a. Jumlah competitor

Sampai saat ini diperkirakan terdapat lima kompetitor besar yang cukup potensial untuk menyaingi kami di bidang usaha sejenis di kota Bandung.

b. Penguasaan Skala Ekonomi : 30 s.d. 40%

c. Merek : English First (EF), TBI, LIA, Cinderella, & JLCC

d. Loyalitas Pelanggan

masing-masing pelanggan memiliki loyalitas yang cukup tinggi terhadap kelima competitor di atas. Masing-masing tempat kursus memiliki dasar loyalitas yang berbeda. Namun berdasarkan survei, sebagian besar pelanggan memiliki loyalitas pada kelima tempat kursus di atas karena faktor suasana belajar yang santai dan menyenangkan. Selain itu juga ada konsumen yang mementingkan kekonsistenan penampilan dan keandalan pelayanan, fasilitas fisik yang ditawarkan pada konsumen seperti yang dilakukan oleh EF & TBI. Kesigapan dan kecepatan penyedia jasa dalam menyelesaikan masalah, keramahan, keamanan, kepercayaan serta keterampilan petugas juga menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih salah satu tempat kursus di atas.

e. Diferensiasi Chanel (Perantara)

masing-masing tempat kursus di atas memiliki beragam perantara yang cukup potensial untuk menarik perhatian pelanggan serta terus berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Ada di antara mereka yang selalu berupaya semaksimal mungkin untuk lebih sering bergaul dengan pelanggan, misalnya komunitas, sponsorship dsb.

g. Harga yang ditawarkan

harga yang ditawarkan cukup bervariasi oleh ke lima tempat kursus tersebut. berkisar dimulai dari enam ratus ribu sampai dengan satu juta lima ratus ribu. Jika dibandingkan, harga tersebut tidak jauh berbeda dengan harga ynag kami tawarkan atau bisa dikatakan kompetitif.

h. Kualitas Perantara

Dari kelima tempat kursus tersebut masing-masing memiliki kulitas perantara yang relatif penilaiannya menurut konsumen. Namun, menurut kami, EF-lah yang memiliki kualitas perantara yang paling baik di antara semua.

4. Center (Pemasok)

keperluan keperluan belajar yang dipasok:

- buku paket pelajaran oleh PT Elex

- perlengkapan audio visual seperti CD-ROOM, DVD oleh PT Media

5. change (Kekuatan Perusahaan di dalam Mengadaptasi Lingkungan)

Dalam mengadaptasi lingkungan yang terus menerus berubah sering dengan perkembangan. Meskipun usaha tempat kursus bahasa asing sudah cukup banyak namun kami optimis untuk tetap bertahan dalam menghadapi segala jenis tantangan. Kami berusaha menerapkan strategi brand mark (membangun brand/merek perusahaan) serta menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui strategi CRM (Customer Relationship Management) agar pelanggan tetap loyal pada perusahaan kami.

B. Analisis SWOT/TOWS

Analisis Kelayakan

Strength (Kekuatan)

§ Fasilitas ruangan yang bersih, nyaman, dan full AC

§ Modul kuliah standar pendidikan internasional

§ Wind’s sertification yang bekerjasama dengan Cambridge University

§ koneksi internet 24 jam

§ konsultasi ekslusif dengan para pengajar yang profesional

§ training kits untuk memudahkan proses belajar

§ Lokasi Strategis

Weakness (Kelemahan)

§ Adanya keterbatasan modal untuk berinvestasi dalam rangka perluasan usaha

Opportunity (Kesempatan)

§ Belum ada jenis bisnis yang sama di lokasi perusahaan didirikan

§ Segmentasi pasar masih dapat diperluas

§ Perusahaan dapat unggul dalam menjalankan bisnis di lokasi ini. Kelengkapan fasilitas sangat mendukung upaya pengembangan dan peningkatan laba perusahaan.

§ Keterbatasan modal dapat diatasi dengan meminjam uang pada bank

§ Perusahaan perlu membuat sistem pengendalian yang efektif untuk menjaga agar distribusi pelayanan tetap baik

§ Perusahaan perlu mencari informasi mengenai minat siswa terhadap pelajaran bahasa asing serta berusaha menjalin kemitraan baik dengan kembaga sekolah, atau pun universitas

Threats (Ancaman)

§ Bisnis tempat kursus sudah cukup banyak di kota Bandung

§ Minat masyarakat dalam memperlajari bahasa asing masih cenderung kurang sehingga masyarakat umumnya lebih mengandalkan/bergantung pada pelajaran yang disediakan di sekolah atau di kampus mereka saja.

§ Perusahaan perlu meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan tetap loyal

§ Perusahaan dapat mensosialisasikan pentingnya menguasai bahasa asing melaui iklan layanan masyarakat, event-event, sponshorship kegiatan, dan lainnya

§ Perusahaan dapat mengembangkan produk/jasa pelayanan lainnya yang menarik bagi pelanggan

§ Menemukan inovasi baru dalam menguasai pasar jenis ini

§ Menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah atau institusi pendidikan, misalnya sekolah atau perguruan tinggi baik negeri atau pun swasta

C. Analisis POAC

Planning:

Pada awalnya kami merencanakan untuk ingin mendirikan tempat kursus dengan modal yang kami miliki ditambah dengan melakukan peminjaman jangka pendek kepada bank. Selanjutnya kami bekerja sama dengan rekan-rekan kami yang lain untuk ikut serta bergabung. Di antaranya ada yang menjadi staff pengajar karena keahliannya. Waktu perencanaan yang kami butuhkan adalah lebih kurang tiga bulan

Organising:

Pada saat pengorganisasian kami membagi-bagi tugas dari masing-masing anggota kami:

yakni

1. Wiwin sebagai direktur utama yang bertugas memimpin perusahaan secara keseluruhan, 2. Wendy Putro sebagai manager yang bertugas untuk memberikan arahan serta intsruksi

3.Wolfgang sebagi staff ahli teknologi yang terus menerus mencari inovasi untuk diterapkan dalam mengembangkan metode pembelajarankepada bawahannya

4. Willy yang berlatar belakang ahli keuangan bertugas sebagai staf manajer keuangan

5.Wanda yang berlatarbelakang sarjana ilmu komukasi bertugas mengurus promosi melallui berbagai media yang telah kami tetapkan untuk mempromosikan usaha kami sebelumnya, seperti melalui event seperti bazar, menjadi peserta dalam pameran pendidikan, dll.

6. Wagiyono yang bertugas sebagai staf produkis yang mengurus berbagai perlengkapan serta saranan untuk pembelajaran

7. Windy bertugas di bagian personalia untuk mecari serta menyeleksi SDM yang cocok serta pantas untuk menjadi bagian mitra kerja kami

8. Amalia bertugas untuk memberikan pengawasan kepada pengajar-pengajar di setiap cabang dengan pengawasan yang bergilir. Ia juga menjadi pengajar di cabang kami.

Actuating: untuk menigkatkan profesionalisme karyawan. Kami mengadakan kursus bagi mereka yakni kursus manajemen secara intensif di suatu sekolah manajemen yang bagus sehingga mereka dapat berbicara dengan bahasa manajemen yang sama. Selain itu kami juga menerapkan pola kepemimpinan otoriter namun tetap mendelegasikan perkerjaan kepada karyawan kami. Selain itu kami mempromosikan karyawan yang prestasi kerjanya semakin bagus. Selain itu kami juga selalu memberikan motivasi dan dorongan pada karyawan untuk terus giat bekerja. Dalam prosesnya, kami berusaha sedapat mungkin menghindari terlalu sering mengganti perubahan terhadap sistem kerja sehingga membingungkan para karyawan kami.

controling :

kami senantiasa selalu memantau kinerja para karyawan kami guna mencapai keefektifan serta keefisisenan bekerja. kami selalu mendelegasikan tugas kepada karyawan kami, tetapi bukan berarti semua tugas tanpa kendali. Kami terus menjalin komunikasi di antara staff.

IV. STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

A. Cara Menigkatkan Produksi

Dalam rangka memperoleh lebih banyak kepercayaan dari konsumen, kami terus menerus menigkatkan produktivitas kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, selain itu kami juga terus mencari inovasi dalam mengembangkan metode pelajaran supaya siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa asing dengan teknologi canggih kami.

B. Memperbesar Usaha

Dalam rangka memperbesar usaha, kami terus menerus mencari invenstor yang ingin bekerjasama dengan kami.

C. Mengatasi Pesaing

Dengan teknologi metode pembelajaran kami yang canggih, kami cukup percaya diri bisa bersaing dengan kompetitor lainnya yang sejenis dengan kami, selain itu.

D. Mengatasi Masalah Kebangkrutan

untuk mengatasi masalah kebangkrutan kami mungkin akan meminjam dana dari bank atau mengadaikan beberapa dari aset kami.

V. STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Pemilik perusahaan bertindak sekaligus sebagai pimpinan perusahaan. Keberjalanan perusahaan akan dibantu oleh para karyawan yang juga merupakan mitra bagi pemilik perusahaan.Para pegawai ini terdiri dari :

- 2 orang customer service peminjaman buku (shift)

- 1 orang karyawan bagian administrasi dan persediaan

- 1 orang karyawan bagian keuangan dan akuntansi

- 1 orang karyawan bagian marketing

- 1 orang kasir

- 1 orang waiter/waitress beverage (minuman)

- 1 orang cleaning service

Seluruh karyawan akan mendapatkan pengarahan dan pelatihan perdana tentang job description yang harus mereka kerjakan. Gaji karyawan akan diberikan setiap bulan berdasarkan kompensasi gaji yang telah disepakati bersama di awal perekrutan.

Kompensasi gaji yang diberikan kepada karyawan kami adalah sebagai berikut :

Jabatan

Kompensasi Gaji

Customer Service

Rp.1.200.000,00

Administrasi dan Persediaan

Rp.1.200.000,00

Keuangan dan akuntansi

Rp.1.500.000,00

Marketing

Rp.1.500.000,00

Kasir

Rp.1.000.000,00

Waiter/Watress Beverage

Rp.1.000.000,00

Cleaning Service

Rp.1.000.000,00

Selain itu, bagi karyawan yang disiplin dan tekun akan diberikan penghargaan

(award) setiap bulannya sebagai karyawan berprestasi serta diberikan tambahan bonus.

2. Manajemen Operasi/Jasa

Proses penyediaan perlengkapan serta peralatan untuk belajar dimulai dengan memesan buku pelajaran kepada perusahaan yang telah kami koordinasi sebelumnya untuk kemudian didistribusikan kepada konsumen. Selanjutnya, pelanggan yang ingin mendaftar bisa langsung menghubungi kami dengan cara datang langsung untuk registrasi. Pendataan perlengkapan dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi buku-buku yang rusak, atau tidak lengkap sehingga pada saat digunakan akan menggangu konsumen dalam proses belajar. Perusahaan kami menyediakan fasilitas ruangan yang nyaman dan luas yang terdiri dari:

- total 16 kelas di semua cabang

- 3 ruang baca di masing-masing cabang untuk memudahkan siswa belajar dengan suasana kondusif

- 3 kantin di masing-masing cabang

- 1 ruangan bagi pimpinan, karyawan administrasi, keuangan dan akuntansi, serta marketing di kantor pusat

- 2 ruangan kamar mandi (untuk pelanggan dan pegawai) untuk masing-masing cabang

- free hotspot di setiap cabang

- Tempat parkir yang cukup luas dan aman

3. Manajemen Pemasaran

Promosi melibatkan komunikasi informasi untuk membantu orang menemukan produk, dan membantu pemasar menemukan pelanggannya. Promosi juga dilakukan untuk menciptakan positioning dan citra produk.Untuk meningkatkan citra perusahaan dan mengembangkan brand usaha, kami melakukan promosi sebagai berikut :

-memasang iklan melalui media pamflet yang ditempelkan di lokasi-lokasi strategis di sekitar perusahaan serta membagikan leaflet secara langsung pada pelanggan 1 target

-mengikuti kegiatan event seperti menjadi peserta dalam pameran pendidikan

- memasang iklan melalui internet serta radio

4. Manajemen Keuangan

Dalam menjalankan usaha kursus ini, sebenarnya kami tidak memerlukan dana yang besar untuk, namun menurut kami, dana tersebut terbilang cukup wajar untuk usaha jenis ini. Kami memosisikan lembaga kami sebagai tempat kursus yang berkualitas dengan biaya yang setara dengan kualitas pelayanan yang kami berikan pada konsumen. Prinsip tersebut kami ambil dari prinsip ekonomi yang berbunyi “dengan pengorbanan sekecil-kecilnya mendapatkan hasil tertentu, dan dengan pengorbanan tertentu mendapatkan hasil sebesar-besarnya”. Karena dosen kami berkata bahwa di dunia ini tidak ada hal yang dinamakan dengan pengorbanan sekecik-kecilnya untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya. Modal awal dalam mendirikan perusahaan diperoleh dari modal sendiri sebesar Rp.800.000.000,00 .rinciannya sebagai berikut:

Sewa Bangunan Kantor

Rp. 76.000.000,00

Renovasi Bangunan Kantor

Rp. 60.000.000,00

Peralatan Kantor

Rp. 100.000.000,00

Perlengkapan Kantor

Rp. 130.000.000,00

Penggajian karyawan

Rp. 8.400.000,00

Marketing

Rp. 20.000.000,00

Biaya Utiliy (Telepon, Listrik, Air, Internet,dll)

Rp. 40.000.000,00

Total Investasi Awal

Rp.500.000.000,00

Proyeksi Pendapatan Perusahaan selama satu tahun :

jumlah pendaftar dalam kurun tiga bulan pertama 200 orang untuk program bahasa inggris dengan total pendapatan 200.000.000

jumla pendaftar tiga bulan sekitar 200 orang untuk program bahasa jepang dengan perkiraan total pendapatan 250.000.000

jadi akan terjadi BEP dalam kurun tiga bulan

VI. PENUTUP

Model usaha kursus yang kami jalankan adalah lembaga bahasa dan kebudayaan sekaligus bimbingan belajar. Kami sangat berharap masyarakat sekitar memperoleh yang besar serta menggunakan sebaik-baiknya kesempatan itu untuk menigkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa asing. Selain itu, meninjau kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk memungut biaya, maka bimbingan kursus sebagai alternatif guna menunjang prestasi siswa, sedangkan untuk mereka yang sedang belajar di perguruan tinggi atau pun yang sudah bekerja dan ingin menambah kemampuan mereka dalam berbahasa asing, kami akan dengan senang hati memberikan pelayanan terbaik kami untuk kepentingan mereka. Di samping itu, era globalisasi yang menjadi trend baru dalam dunia ekonomi mengharuskan seseorang untuk mampu berkomunikasi menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris, karena apabila seseorang tidak memiliki kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris, maka akan mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat. Dengan mengacu pada uraian kami di atas maka, kami juga memiliki harapan ke depan nantinya. Harapan dalam kurun waktu satu tahun pertama, usaha kami sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Bandung, Jawa Barat bahkan seluruh Indonesia. Dalam kurun waktu du tahun pertama kami memperoleh pay back, dalam kurun waktu tiga tahun kami memiliki cabang lebih banyak di Jawa Barat, dan berikutnya di seluruh Pulau Jawa serta seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment