Heyyy...

Wednesday, July 15, 2009

Business pLan punya Rizkia Mutty..

I

PROFIL PERUSAHAAN

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Bentuk Perusahaan :

Bentuk pemilikan bisnis ini adalah perusahaan perseorangan dengan pemilik bernama Rizkia Mutiara Caesarriani. Bentuk dari kepemilikan bisnis ini fleksibel, sehingga apabila perusahaan mengalami kemajuan yang pesat, perusahaa dapat mengubah bentuk kepemilikan bisnis apabila dirasakan perlu demi kelacaran kegiatan atau proses operasional perusahaan.

Nama Perusahaan :

Perusahaan ini diberi nama “Caessar High Heel’s”. Kata Caessar diambil dari nama belakang pemilik perusahaan itu sendiri dan diikuti dengan kata High Heel’s (dalam bahasa inggris) yang artinya hak tinggi dalam bahasa indonesia. Diikuti dengan kata high heel’s karena perusahaan ini bergerak dalam bidang memproduksi dan menjual sepatu hak tinggi untuk wanita.

B. Alamat Perusahaan

Terdapat dua alam dari Caessar High Heel’s. pertama, Pabrik untuk memproduksi sepatu hak tinggi ini beralamat di Jalan Cibaduyut No 25 Bandung. Memilih lokasi pabrik di daerah tersebut karena untuk mendekati bahan baku dan juga tenaga kerja. Kedua, gallery untuk menjual hasil produksi beralamat di Jalan Riau No 26 Bandung. Memilih lokasi gallery di daerah tersebut merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendekati pelanggan dikarenakan daerah tersebut merupakan tempat perbelanjaan dan dekat dengan daerah perkantoran.

Alamat lengkap:

Pabrik : Jl. Cibaduyut No 25 Bandung

Telp 022-6060708 / 085659747927

Gallery : Jl. Riau No 26 Bandung

Telp 022-4105678

C. Gambar Logo/Lambang Perusahaan

Logo dari Caessar High Heel’s bersimbol huruf C dan R yang artinya Caessar yaitu di ambil dari nama pemilik perusahaan. Menggunakan latar logo warna merah muda karena warna tersebut mencirikan dari seorang wanita.

D. Visi Perusahaan

Visi dari Caessar High Heel’s adalah kerja profesional dengan memberikan pelayanan yang baik karena kepuasan dan kenyamana pelanggan dalam menggunakan sepatu hak tinggi adalah yang utama sehingga dapat tercapai profit yang maksimal.

E. Misi Perusahaan

Misi dari Caessar High Heel’s:

- Memproduksi dengan bahan dan alat yang berkualitas tinggi

- Memberikan desain dan model yang up to date dan beraneka ragam

- Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan

F. Tujuan Perusahaan

- Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek dari Caessar High Heel’s adalah dapat mensosialisasikan produk sehingga dapat menarik pelanggan, memaksimalkan kualitas produk dan pelayanan, serta mempertahankan kondisi keuangan untuk kemajuan perusahaan di masa depan.

- Tujuan Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah dari Caessar High Heel’s adalah dapat menjaga dan mempertahakan posisi perusahaan di dalam persaigan, memuka dan membina relasi yang baik dengan pihak-pihak yag berkaitan dengan perusahaan, serta menciptakan dan menjaga iklim kerja yang kodusif agar terdapat kenyamanan dalam bekerja dan juga agar sumber daya manusia dapat berkembang.

- Tujuan Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang dari Caessar High Heel’s adalah dapat memperbesar usaha, mewujudkan sumber daya manusia yang mampu bersaing.

G. Bidang Usaha Perusahaan

Caessar High Heel’s merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang memproduksi (sepatu hak tinggi) dan juga sekaligus menjual hasil produksi tersebut pada sebuah gallery.

H. Susunan Pengurus

PRESIDEN

PEMILIK USAHA

DEPARTEMEN SDM

DEPARTEMEN OPERASIONAL

DEPARTEMEN PEMASARAN

DEPARTEMEN KEUANGAN

MANAJERDIVISI

PABRIK

MANAJER

DIVISI

GALLERY

SUPERVISOR

SUPERVISOR

KARYAWAN


Uraian jabatan-jabatan:

- Presiden/pemilik usaha

Posisi atau jabatan ini langsung dipegang oleh pemilik perusahaan dan merupakan pelaksana tertinggi dalam Caessar High Heel’s. Presiden memiliki wewenang dan tanggug jawab kepada perusahaan secara keseluruhan.

- Empat departemen (SDM, operasional, pemasaran, keuangan)

Dalam departemen ini dipimpin oleh seorang kepala departemen yang langsung membawahi manajer (manajer pabrik dan manajer gallery), baik secara langsung maupun dalam bentuk koordinasi. Setiap departemen mempunyai tugas dan tanggung jawa masing-masing.

- Dua divisi

Jabatan ini dipegang oleh seorang manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengawasi dan megevaluasi setiap aktivitas dalam divisi yang dipimpinnya. Dibagi menjadi dua divisi, yaitu divisi pabrik dan divisi gallery. Divisi ini membawahi supervisor dan berkoordinasi dengan setiap departemen.

- Supervisor

Supervisor terbagi pada setiap divisi. Supervisor mengawasi keseharian karyawan dan proses operasional perusahaan. Supervisor membawahi seluruh karyawan dan melaporkan seluruh kondisi dari kegiatan operasional perusahaan kepada manajer divisi masing-masing.

- Karyawan

Pada Caessar High Heel’s karyawan dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu karyawan operasional pabrik (sementara termasuk transportasi), kasir, SPG, dan satpam. Karyawan operasional pabrik bertugas mengerjakan proses produksi. Kasir bertugas menerima pembayara dari pelanggan. SPG bertugas untuk melayani palanggan yang datang ke gallery. Satpam bertugas menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan perusahaan.

I. Modal Yang Diinvestasikan

Untuk memulai usaha ini, Caessar High Heel’s meminjam uang dari bank BPR sebesar Rp 150.000.000,00 dengan membayar cicilan setiap bulannya kepada bank tersebut. Perusahaan berusaha untuk menjaga kepercayaan dari bank tersebut agar untuk kedepannya perusahaan memperoleh kemudahan apabila memerlukan tambahan modal.

II

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Caessar High Heel’s merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang memproduksi sepatu hak tinggi dan juga sekaligus menjual hasil produksi tersebut di sebuah gallery. Caessar High Heel’s baru akan didirakan bulan agustus 2009. Caessar High Heel’s ini didirikan atau memilih untuk membuka usaha sepatu hak tinggi karena pemilik melihat bahwa sepatu adalah salah satu kebutuhan primer dari manusia. Selama manusia beraktivitas mereka pasti memerlukan sepatu untuk menopang kaki mereka. Setelah mengamati dan melihat kondisi dan potesi pasar yang sangat mendukung, perusahaan ini difokuskan pada produksi sepatu wanita, khususnya sepatu hak tinggi. Memilih memproduksi sepatu wanita dikarenakan sepatu hak tinggi masih diminati oleh para waita, karena para wanita sangat mementingkan penampilan mereka. Seiring perkembangan zaman dan mode yang berubah para wanita akan mengikuti perubahan mode tersebut sesuai dengan trend dan ini cukup bisa memberikan harapan.

III

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis

1. Company

a. Penguasaan Pasar

Caessar High Heel’s yang bergerak dalam bidang memproduksi sepatu hak tinggi berusaha untuk dapat menguasai pasar sepatu wanita khusunya sepatu hak tinggi yang ditujukan untuk remaja, dewasa dan ibu-ibu, namun dikarenakan Caessar High Heel’s adalah perusahaan yang baru berdiri, maka penguasaan pasarnya belum kuat.

b. Modal Perusahaan

Selain modal pinjaman/yang diinvestasikan dari bank. Perusahaan menanamkan modal pribadi dari pemilik berupa uang sebesar Rp 200.000.000,00 dan juga bangunan untuk kegiatan operasional (proses produksinya) yaitu pabrik.

c. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang dimiliki Caessar High Heel’s adalah sumber daya manusia yang potensial yang ahli dibidangnya yang dapat membantu dan bekerja sama dengan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan perekrutan dan penyeleksian sedemikian rupa yang dilakukan oleh manajemen sumber daya manusia.

d. Teknologi

Teknologi yang digunakan oleh Caessar High Heel’s dalam proses produksinya yaitu dengan mengguakan mesin-mesin, diantaranya mesin untuk membentuk satu garis jahitan dengan merek jumbo king type WR-9910-1, mesin untuk membuat sole dengan merek lanjun, mesin hidrolik untuk mempres sole, mesin hidrolik pemanas dengan uap untuk mempres motif corak ke berbagai macam kulit sepatu, mesin pemasang paku keliling sole, mesin stamping untuk memasang merek atau logo pada sole dan bahan, mesin penggrinda merek yili untuk menggrinda pinggiran sole, mesin pemasang hak tinggi merek yili untuk memasang hak dan menempelkan hak tinggi pada sole sepatu.

e. Kualitas Produk

Caessar High Heel’s memproduksi dengan kualitas bahan dan alat yang baik agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas baik pula sagar pelangan dapat terpuaskan dan nyaman menggunakan produk dari Caessar High Heel’s.

f. Diferensiasi

Caessar High Heel’s memiliki perbedaan-perbedaan dengan perusahaan yang memproduksi atau menjual sepatu, baik dari perbedaan produknya maupun perbedaan pelayanaannya yang dapat dijadikan ciri dari Caessar High Heel’s. perbeaan tersebut yaitu:

- Diferesiasi produk

Caessar High Heel’s memiliki perbedaan dari perusahaan sepatu lain, produk yang dijual oleh perusahaan adalah sepatu hak tinggi untuk wanita dengan model yang dirancang sendiri oleh perusahaan tetapi tetap mengikuti perkembangan zaman dan memproduksi sepatu hak tinggi yang sangat memperhatikan kenyamanan.

- Diferensiasi pelayanan

Caessar High Heel’s memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan. Pelayanannya tersebut yaitu pemberian garansi selama 3 bulan setelah pembelian barang berupa service atau reparasi.

2. Customer

Kepuasan dan kenyamanan pelanggan saat menggunakan hasil produksi yang perusahaan jual adalah yang utama dari Caessar High Heel’s, maka Caessar High Heel’s berusaha untuk memaksimalkan kinerja dari perusahaan, memproduksi dengan menghasilkan sepatu hak tinggi yang berkualitas, memberikan pelayanan yang terbaik saat pelanggan berbelanja sehingga pelaggan tidak kecewa dan merasa puas mengguakan produk dari Caessar High Heel’s.

3. Competitor

a. Jumlah Competitor

Pesaing dari Caessar High Heel’s adalah semua perusahaan-perusahaan sepatu, khususnya perusahaan yang memproduksi atau toko yang menjual sepatu hak tinggi, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Salah satunya yaitu kawasan dimana pabrik dari Caessar High Heel’s pun berada di kawasan tersebut, yaitu daerah Cibaduyut-Bandung.

b. Penguasaan Skala Ekonomi

Penguasaan skala ekonomi dari pesaing cukup kuat dalam menguasai pasar karena perusahaan-perusahaan tersebut sudah lama berdiri dan sudah dikenal oleh masyarakat, baik karena imagenya ataupun kualitas produknya.

c. Merek

Merek pesaing dari Caessar High Heel’s diantaranya yaitu Tomoe Uehera, Bossway, Yongki Komaladi, dll.

d. Loyalitas Pelanggan

Karena perusahaan-perusahaan atau toko-toko pesaing sudah lama berdiri, memiliki kualitas yang bagus dan sudah dikenal oleh masyarakat, maka kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan atau toko-toko tersebut cukup kuat.

e. Harga Yang Ditawarkan

Harga yang ditawarkan oleh pesaing berkisar antara Rp 75.000,00 sampai Rp 300.000,00

4. Center

Caessar High Heel’s memilih pemasok yang baik dan berkualitas untuk kelangsungan proses produksi perusahaan, maka dari itu perusahaan tidak memilih sembarang pamasok tetapi memalui penyeleksian juga. Untuk bahan kulit atau imitasi kulit dipasok dari daerah Cibaduyut-Bandung karena dekat dengan lokasi pabrik dan juga daerah tersebut merupakan daerah yang banyak memproduksi sepatu, sedangkan untuk aksesoris dari sepatu hak tinggi tersebut dipsok dari daerah Bogor, Bekasi, Jakarta.

5. Change

Di dalam mengadaptasi lingkungan, kekuatan yang dimiliki Caessar High Heel’s untuk mengadaptasi lingkungan tersebut timbul dari company (perusahaan) itu sendiri, adanya customers yang memberikan loyalitas kepada perusahaan, center (pemasok) yang memberikan bahan baku berkualitas, dan juga competitor (pesaing) yang dapat memicu perusahaan agar dapat menghasilkan hasil produksi yang lebih baik, baik kualitas maupun kuantitasnya.

B. Analisa SWOT

Untuk mengoperasikan perusahaan dan juga untuk menjaga eksistensi perusahaan pada masa yang akan datang, diperlukan perumusan perencanaan strategis untuk memahami mengenai lingkungan atau kondisi di dalam perusahaan (internal) dan juga kodisi lingkungan luar perusahaan (eksternal) yang dilakukan melalui penelitian dan pengamatan perusahaan.

a. Faktor Internal

§ Strenghts

- Memiliki loyalitas dan kinerja yang kompeten dari manajemen puncak

- Posisi perusahaan yang strategis baik dari letak pabrik maupun gallerynya

- Kerjasama dan disiplin yang tinggi

- Berorientasi kepada pelayanan dan kepuasan pelanggan

§ Weaknesses

- Persaingan didalam pasar belum kuat karena perusahaan masih baru

- Usia perusahaan masih muda sehingga rentan mengalami kebangkrutan

- Peralatan dan perlengkapan yang masih kurang

b. Faktor Eksternal

§ Opportunities

- Kebutuhan sepatu hak tinggi bagi wanita masih tinggi

- Produk yang ditawarkan sudah dikenal dikalangan masyarakat

- Kondisi dan pertumbuhan pasar yang cepat

§ Threats

- Perkembangan dari pesaing atau usaha sejenis

- Perubahan keinginan pelanggan

- Kondisi perekonomian yang tidak pasti

C. Analisa POAC

§ Planning

Persiapan dari Caessar High Heel’s untuk masa depan kegiatan bisnis direncanakan dengan melihat unsur-unsur dasar dari perecanaan 5w+1h yaitu, menentukan apa tujuan-tujuan yang jelas yang ingin dicapai oleh perusahaan, mengapa hal tersebut perlu dilakukan, siapa yang melaksanakannya, kapan dilakukanya, dimana rencana tersebut akan dilakukan, dan menetapkan cara-cara atau keputusan-keputusan yang terbaik untuk melaksanakannya. Selain itu Caessar High Heel’s pun memperhitungkan kemungkinan yang akan diperoleh dan mengukur tingkat keberhasilannya dengan batas waktu yang jelas.

§ Organizing

Rencana (planning) perusahaan dapat menjadi kegiatan usaha apabila terdapat orang-orang yang melaksanakannya, maka dari itu diperlukan pengorganisasian yang terkoordinasi sehingga terdapat satu kesatuan yang terintegrasi agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Pada Caessar High Heel’s, organisasi tersebut dipecah menjadi berbagai jabatan. Dimulai dari pemilik, departemen-departemen, manajer divisi, supervisor hingga karyawan. Dimana setiap jabatan memiliki tugas, tanggung jawab dan wewenang masing-masing.

§ Actuating

Apa yang telah direncanakan atau dipersiapkan dengan matang perlu digerakan oleh pegawai sesuai degan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan. Agar para karyawan mau menjalankan tugasnya, maka pada Caessar High Heel’s para karawan diprakarsai, diberi motivasi, diarahkan, serta dipegaruhi untuk mengerjakan tugas-tugasnya tersebut. Selain itu, kerja sama antar pegawai Caessar High Hee’ls sangat diperlukanpun dan perlu ditumbuhkan agar visi, misi, dan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan maksimal. Pada Caesar High Heels pemberian kompensasi yang wajar sangatlah penting karena ini merupakan salah satu cara dari Caessar High Heel’s agar para karyawan mau bekerja sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.

§ Controling

Pengawasan pada Caessar High Hee’ls sangat penting, karena dengan pengawsan maka perusahaan akan mengetahui dan mengukur apakah perusahaan telah berjalan sesuai dengan visi, misi, tujuan dan juga program kerja yang telah direncanakan. Pada Caessar High Heel’s, apabila melakukan pengawasan, maka dilakukan perbaikan atas pelaksanaan kerja tersebut apabila diperlukan. Pengawasan pada Caessar High Hee’ls meliputi pengawasan terhadap kinerja karyawan, keuangan, waktu dan juga produksi.

IV

STRATEGI PERUSAHAAN

A. Cara Meningkatkan Produksi

Untuk meningkatkan produksi, Caessar High Heel’s harus bisa meningkatkan pelanggan terlebih dahulu, karena apabila pelanggan semakin meningkat, jumlah produksi pun akan meningkat dan itu merupakan salah satu tugas dari departemen pemasaran untuk bisa menawarkan dan mempromosikan hasil produksi dengan baik sehingga calon pelanggan tertarik dan berminat untuk membeli dan menggunakan hasil produksi yag perusahaa jual. Apabila produksi sudah dapat meningkat, maka kiranya diperlukan tambahan jumlah unit dari alat-alat untuk memproduksi barang sehingga dalam proses produksi akan lebih cepat.

B. Memperbesar Usaha

Untuk kelangsungan hidup perusahaan, maka untuk kedepannya dalam rangka memperbesar usaha, selain hanya memproduksi dan menjual hasil produksi di gallery sendiri, Caessar High Heel’s akan menjadi perusahaan maklun, yaitu menerima pesanan untuk membuat sepatu hak tinggi dari perusahaan atau toko sepatu lain (tanpa merek dari Caessar High Heel’s) dan juga menjadi pemasok untuk toko-toko sepatu wanita (dengan merek dari Caessar High Heel’s).

C. Mengatasi Pesaing

Untuk mengatasi perkembangan dari pesaing, maka Caessar High Heel’s semaksimal mungkin dapat memberikan kualitas dan pelayanan terbaik untuk pelanggan, dengan memberikan produk yang berbeda dan pelayanan yang berbeda pula dari toko sepatu lain, seperti dengan memberikan garasi kepada pelanggan. Selain itu, pemasaran dari perusahan harus lebih ditingkatkan agar Caessar High Heel’s dapat dikenal masyarakat.

D. Mengatasi Masalah Kebangkrutan

Menjadi maklun dan pemasok bagi toko sepatu wanita merupakan salah satu cara untuk mengatasi kebangkrutan bagi Caessar High Heel’s, sehingga keuangan perusahaan dapat terus bergulir dan perusahaan akan tetap bisa bertahan di dunia bisnis. Selain itu, manajemen keuangan perusahaan harus dapat dikelola dengan baik dan juga manajemen keuangan harus dapat mengatur pengeluaran yang benar-benar diperlukan oleh perusahaan sehingga tidak ada pengeluaran yang sia-sia.

V

STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

A. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan hal utama sebagai penggerak kegiatan usaha. Tanpa sumber daya manusia kegiatan usaha tidak akan berjalan. Sumber daya manusia pada Caessar High Heel’s haruslah pekerja yang efektif dan potensial dan diharapakan menjadi kekuatan bagi perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Maka dari itu, manajemen/departemen sumber daya manusia pada Caessar High Heel’s harus dapat merencanakan, mengarahkan, mengkoordiasikan pekerjaan, baik dimulai dari mencari pegawai, melatih, megorganisasi sampai melayani pegawai.

1. Struktur Organisasi

PRESIDEN

PEMILIK USAHA

DEPARTEMEN SDM

DEPARTEMEN OPERASIONAL

DEPARTEMEN PEMASARAN

DEPARTEMEN KEUANGAN

MANAJERDIVISI

PABRIK

MANAJER

DIVISI

GALLERY

SUPERVISOR

SUPERVISOR

KARYAWAN


2. Analisis Jabatan

Sebelum melaksanakan penerimaan tenaga kerja, Caessar High Heel’s mempersiapkan landasan yang kuat untuk menarik calon yang potensial, yaitu dengan membuat analisis jabatan yang terdiri dari dua unsur:

1. Deskripsi Jabatan

a. Presiden/pemilik usaha

- Membuat dan menetapkan kebijakan

- Bertanggung jawab terhadap seluruh aktivitas perusahaan

- Memimpin operasional perusahaan

- Memberikan delegasi otoritas kepada tingkat bawah

- Menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan

- Mengkomunikasikan strategi tersebut kepada setiap departemen

b. Departemen Sumber Daya Manusia

- Memilih tenaga kerja dengan menetapkan spesifikasi, program pengrekrutannya serta seleksi sesuai dengan jumlah teaga kerja yag diperlukan oleh perusahaan

- Tenaga kerja yang sudah dipilih harus dilatih dan dikembangkan dengan baik

- Mencipatakan kondisi kerja yang menunjang moral pekerja

- Menetapkan tugas untuk setiap tenaga kerja sesuai jabatannya

- Antara tugas kerja dan balas jasa harus seimbang

c. Departemen Operasional

- Mengawasi dan bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional perusahaan

- Dapat mengembangkan bidang operasi yang selaras dengan kebutuhan pasar

- Dapat mengelola secara optimal, efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya dalam proses transformasi menjadi barang (proses produksi)

d. Departemen Pemasaran

- Merumuskan strategi pemasaran

- Mencari dan mengumpulkan informasi mengenai perkembangan pasar

- Menganalisis isu dan peluang

- Dapat mengembangkan produk baru yang akan ditawarkan

e. Departemen Keuangan

- Menentukan cara memperoleh dana dan menggunakannya untuk keperluan operasi atau untuk membiayai ekspansi

- Menyusun laporan keuangan dan menganalisis dari kondisi keuangan perusahaan tersebut

- Menetapkan perkiraan keuntungan perusahaan dalam periode tertentu

f. Manajer Divisi

- Menentukan dan melaksanakan wewenang atau kebijakan setiap divisi masig-masing

- Memantau dan mengevaluasi kerja supervisor

- Memberikan usulan dan masukan kepada setiap departemen

g. Supervisor

- Mengawasi langsung kerja karyawan

- Melatih karyawan yang disupervisi

- Memastikan bahwa setiap karyawan telah mengikuti pelatihan yang diperlukan

- Mendisiplikan karyawan dan membuat jadwal kerja bagi karyawan

h. Karyawan

1. Karyawan Operasional

- Mengerjakan proses produksi (sementara termasuk transportasi)

- Menjaga harmonisasi hubungan yang baik antara sesama karyawan

2. Kasir

- Menerima pembayaran dari pelanggan

- Menjaga keuangan yang ada padanya

- Sopan, ramah dan santun kepada pelanggan

- Menjaga harmonisasi hubungan yang baik antara sesama karyawan

3. SPG

- Melayani pelanggan dengan baik

- Sopan, ramah dan santun kepada pelanggan

- Menjaga harmonisasi hubungan yang baik antara sesama karyawan

4. Satpam

- Menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan perusahaan

- Menjaga harmonisasi hubungan yang baik antara sesama karyawan

2. Spesifikasi Syarat-Syarat Suatu Jabatan

a. Presiden/pemilik usaha

Dikarenakan Caesar High Heels merupakan perusahaan perseorangan maka spesifikasi untuk posisi ini dikodisikan dengan keadaan pemilik.

b. Departemen Sumber Daya Manusia

- Pria/wanita usia 27-35 tahun

- Pendidikan S1 manajemen/psikologi, IPK min 3,00

- Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang SDM

- Menguasai manajemen SDM, UU ketenagakerjaan, komputer, benefit dan compensation dan ISO 9001:2000

- Memiliki leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, serta memiliki semangat kerja yang tinggi

c. Departemen Operasional

- Pria/wanita usia 27-35 tahun

- Pendidikan S1, IPK min 3,00

- Pengalaman kerja min 2 tahun di bidang operasional perusahaan dagang

- Mampu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengontrol opersional perusahaan

- Memiliki leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, serta memiliki semangat kerja yang tinggi

d. Departemen Pemasaran

- Pria/wanita usia 27-35 tahun

- Pendidikan S1, IPK min 3,00

- Pengalaman kerja min 2 tahun di bidang manajemen pemasaran

- Menguasai menajemen pemasaran, komputer (Excel, Adobe, Corel Draw, Photoshop)

- Memiliki leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, serta memiliki semangat kerja yang tinggi

e. Departemen Keuangan

- Pria/wanita usia 27-35 tahun

- Pendidikan S1 akuntansi/manajemen, IPK min 3,00

- Pengalaman kerja min 2 tahun di bidang manajemen keuangan

- Mampu merencanakan, melaksanakan, mengontrol keuangan perusahaan, menguasai komputer, memiliki keuletan dan kejujuran

- Memiliki leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, serta memiliki semangat kerja yang tinggi

f. Manajer Pabrik

- Pria/waita usia 25-30 tahun

- Pendidikan S1, IPK min 2,75

- Fresh graduate atau pengalaman kerja minimal satu tahun

- Menguasai komputer, mengetahui hal-hal yang menyangkut dengan pengerjaan sepatu hak tinggi

- Memiliki leadership, rajin, ulet, jujur, dapat berkomunikasi dengan baik, mempunyai komitmen kerja dan semangat kerja

g. Manajer Gallery

- Pria/waita usia 25-30 tahun

- Pendidikan S1, IPK min 2,75

- Fresh graduate atau pengalaman kerja minimal satu tahun

- Menguasai komputer, mengetahui hal-hal yang menyangkut dengan penjualan

- Memiliki leadership, rajin, ulet, jujur, dapat berkomunikasi dengan baik, mempunyai komitmen kerja dan semangat kerja

h. Supervisor

- Pria/waita usia 25-28 tahun

- Pendidikan S1

- Fresh graduate, lebih diutamakan yang punya pengalaman kerja

- Menguasai komputer, mampu menguasai dan mengontrol karyawan yang ada di bawahnya

- Dapat berkomunikasi dengan baik

i. Karyawan

1. Karyawan Operasional

- Pria/wanita usia 18-25 tahun

- Pendidikan SLTA dan sederajat

- Memiliki keterampilan

- Rajin, mau bekerja keras

2. Kasir

- Wanita usia 23-27 tahun

- Pendidikan D1-D3 dalam bidang keuangan

- Fresh graduate, lebih diutamakan yang punya pengalaman kerja

- Dapat mengoperasikan komputer

- Jujur, ramah, rajin, dan berkepribadian yang baik

3. SPG

- Wanita usia 18-25 tahun

- Pendidikan SLTA dan sederajat

- Berpenampilan menarik

- Sopan, ramah, murah senyum dan berkepribadian baik

4. Satpam

- Pria usia 25-30 tahun

- Pendidikan SLTA dan sederajat

- Telah mengikuti pelatihan dalam bidang satuan pengamanan

- Postur tubuh harus ideal dan memiliki dasar-dasar bela diri

- Berbadan sehat dan mau bekerja keras

3. Perekrutan

Perekrutan ini dilakukan untuk mencari atau menarik sejumlah orang yang sesuai dengan spesifikasi atau memenuhi syarat untuk mengisi lowongan kerja yang tersedia. Ada beberapa cara yang dilakukan Caessar High Heel’s untuk mencari atau menarik calon tenaga kerja, yaitu salah satunya dengan memasang iklan lowongan kerja di media massa, baik cetak maupun elektronik. Selain itu Caessar High Heel’s menggunakan jasa departemen tenaga kerja untuk menemukan calon tenaga kerja yang potensial. Utuk posisi tertentu seperti bagian departemen dan maajer, perusahaan akan mengadakan perekrutan interal terlebih dahulu agar dapat memotivasi karyawan melalui pengembangan karier dalam perusahaan

4. Seleksi

Pada Caesar High Heels, seleksi dilakukan sesuai dengan analisis jabatan. Untuk menentukan orang itu memenuhi syarat atau tidak maka dilakukan wawancara yang dilakukan oleh departemen sumber daya manusia secara langsung dan singkat. Setelah diadakan wawancara lalu diadakan tes, baik tes kepribadian, tes tertulis, tes kecermatan, dan tes performa.

5. Latihan dan Pengembangan

Agar pekerjaan dapat dilakukan dengan baik, tepat, dan efisien serta untuk meningkatkan tanggung jawab, disiplin dan profesionalisasi karyawan maka Caessar High Heel’s mengadakan latihan untuk karyawannya dalam bentuk latihan praktek. Yang termasuk didalamnya yaitu:

- Magang untuk karyawan baru yang akan dilaksanakan di dalam kelas atau ditempat pekerjaan.

- Rotasi jabatan dilakukan dengan melakukan pergantian jenis pekerjaan atau waktu kerja dalam frekuensi tertentu untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas kepada karyawan.

- Instruksi kerja dalam mempersiapkan karyawan, menujukkan dan menjelaskan pelaksanaan, melaksanakan dan mengawasi tugas-tugas yang mesti diselesaikan.

- Latihan kemahiran dalam bentuk pengajaran yang terutama ditujukan untuk memperoleh kemahiran atau keterampilan tertentu yang sangat spesifik.

- Studi kasus untuk menganalisis kasus-kasus tertentu.

- Latihan pengembangan sumber daya manusia untuk menaikkan atau memperbaiki kepekaan dan kesadaran karyawan.

6. Kompensasi

Pada Caessar High Heel’s, kompesasi disini berupa gaji bulanan yang berlaku utuk setiap pejabat dan karyawan dalam perusahaan. Kompensasi tersebut didasarkan pada standarisasi dan sedikitnya harus dapat memenuhi kebutuhan minimal. Selain itu perusahaan juga memberikan insentif pada karyawan yang ditinjau sesuai degan prestasi kerjanya. Berikut uraian gaji perbulan pejabat dan karyawan dalam Caesar High Heel’s:

1. PresidenPemilik Rp 10.000.000,00

2. Kepala Departemen Rp 5.000.000,00

3. Manajer Divisi Rp 3.000.000,00

4. Supervisor Rp 2.000.000,00

5. Karyawan:

a. Karyawan operasional pabrik Rp 1.200.000,00

b. Kasir Rp 1.000.000,00

c. SPG Rp 1.000.000,00

d. Satpam Rp 900.000,00

B. Manajemen Operasional

Dengan sumber daya yang telah dipilih dan telah dibagi tugas, wewenang serta tanggung jawab masing-masing, serta tempat kegiatan operasional (pabrik) yang telah ada dan juga tersedianya bahan baku maka dengan kesemua itu Caessar High Heel’s dapat menjalankan kegiatan usahanya/operasinya.

a. Pembelian Bahan Baku

Pembelian bahan baku pada Caessar High Heel’s merupakan tugas dari manajer pabrik dan harus dikonsultasikan ke atas. Dalam pembelian bahan baku harus diperhatikan pemasok yang dapat memberikan keuntungan dan jaminan dari segi kualitas maupun kuatitas bagi Caessar High Heel’s. Pemasok diseleksi dari segi karakteristiknya, baik dari harga dan juga kualitasnya. Untuk menilai karakteristik tersebut Caessar High Heel’s melakukan pedekatan dengan mendapatkan harga-harga serta bagaimana kualitasnya untuk bahan baku dari setiap calon pemasok. Meyeleksi pemasok bertujuan agar bisa menentukan pemsok maa yag dapat memberikan layanan dan keuntungan yang baik bagi Caessar High Heel’s.

b. Pengawasan Persediaan

Pengawasan persediaan harus sangat diperhatikan dan itu merupakan hal yang utama dalam manajemen operasi, karena persediaaan yang ada, peralatan dan perlengkapan merupakan kunci atau modal utama dalam kegiatan operasi. Misalnya pengecekan terhaadp persediaan bahan baku, apakah masih cukup atau tidak, dalam penggunaan bahan kulitnya harus diperhitungkan agar tidak terjadi pemborosan. Pengawasan serta pemeliharaan terhadap peralatan dan perlengkapan yang dipergunakann dalam kegiatan operasi harus selalu dilakukan agar tidak terjadi masalah yang dapat menghambat kegiatan operasional.

c. Proses Produksi dan Layout

Proses produksi pada Caessar High Heel’s termasuk proses produksi fabricating yaitu mengubah bahan baku menjadi bentuk lain.

Layout untuk pabrik dari Caessar High Heel’s adalah layout fungsional atau layout proses, dimana kegiatan operasi berdasarkan pegelompokan mesin.

Adapun layout kondisi pabrik yaitu:

- Gudang untuk menyimpan persediaan bahan baku

- Ruangan untuk membuat upper (tali sepatu)

- Ruangan sole, dimulai dari membuat sole sepatu, mengepres sole sepatu, menggrinda

- Ruangan untuk mengepres motif corak ke kulit sepatu

- Ruangan untuk memasang paku keliling sole

- Ruangan stamping

- Ruangan untuk membuat dan memasang hak tinggi

- Ruangan finishing untuk memeriksa hasil sepatu yang sudah jadi

- Gudang untuk menyimpan sepatu hak tinggi yang sudah jadi dan siap dijual

Terdapat juga ruangan untuk presiden, kepala setiap departemen, manajer dan supervisor (berada dalam satu ruangan) dan juga toilet serta tempat ibadah untuk umat muslim.

Layout kondisi gallery yaitu:

- Ruangan depan untuk memajang hasil produksi dan tempat pembayaran transaksi (kasir).

- Ruangan belakang untuk manajer dan supervisor (dalam satu ruangan)

- Gudang untuk penyimpanan barang

- Toilet dan tempat ibadah untuk umat islam

d. Pengawasan Produksi

Untuk menjaga kelancaran pekerjaan dari bahan baku sampai ke barang jadi dan dapat menyelesaikannya dalam tempo singkat dengan biaya yang rendah maka diperlukan pengawasan produksi.

1. Planning

Pada Caessar High Heel’s agar proses produksi berjalan lancar, maka diperlukan perencaaan lebih dulu, seperti membuat prosedur dan tujuan proses yang terperinci. Misalnya, menentukan jumlah bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi.

2. Routing

Routing pada Caessar High Heel’s sangat penting, karena proses produksinya menggunakan mesin-mesin yang digunakan untuk proses yang berbeda. Maka dari itu harus ditetapkan tenaga kerja dan rutenya untuk masig-masing pekerjaan dan hubungannya dengan proses pekerjaan lainnya.

3. Scheduling

Untuk menjaga kelancaran pekerjaan, menghindarkan koflik dan kelalaian dalam menggunakan mesin serta membuat tabel waktu kapan bahan baku diperlukan, kapan dan berapa jumlah barang yang harus selesai dalam waktu tertentu, bagaimana kapasitas dari mesin yang akan digunakan, dan satu lagi yang paling penting yaitu agar jangan ada kekurangan waktu atas pekerjaan yang terlambat, maka pada Caessar High Heel’s diperlukan penjadwalan.

C. Manajemen Pemasaran

Pada Caessar High Heel’s, pemasaran merupakan kegiatan yang penting untuk menawarkan produk perusahaan yang telah dihasilkan, yaitu sepatu hak tinggi agar produk yang telah dihasilkan berubah menjadi keuntungan. Selain itu, dengan adanya pemasaran perusahaan dapat berkembang dan bersaing atau menguasai pasar. Maka dari itu diperlukan strategi pemasaran yang baik.

a. Market Segmentation

Produk yang dihasilkan oleh Caessar High Heel’s diperuntukkan bagi wanita yang suka menggunakan sepatu hak tinggi, baik remaja, dewasa, dan ibu-ibu untuk kalangan menengah ke atas.

b. Bauran Pemasaran Produk

1. Produk

Produk yang ditawarkan oleh Caessar High Heel’s adalah sepatu hak tinggi dengan berbagai ukuran hak dimana terdapat berbagai model yang selalu up to date dan mengikuti perkembangan zaman yang sesuai dengan keinginan konsumen

2. Price

Harga yang ditawarkan Caessar High Heel’s dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke atas, karena harganya berkisar antara Rp 75.000,00 sampai Rp 250.000,00. Harga yang ditawarkan tersebut berdasarkan hasil perhitungan dan pertimbangan. Dilihat dari biaya produksinya dan juga berdasarkan segment yang sudah ditetapkan.

3. Place

Caessar High Heel’s memiliki dua alamat. Pertama, untuk proses produksinya (pabrik) berlokasi di Jalan Cibaduyut No 25 Bandung karena untuk mendekati bahan baku dan tenaga kerja. Kedua, untuk menjual hasil produksinya berlokasi di Jalan Riau No 26 Bandung. Lokasi tersebut sangat strategis karena merupakan daerah tempat perbelanjaan dan dekat dengan perkantoran.

4. Promotion

Promosi yang dilakukan oleh Caessar High Heel’s untuk menarik pelanggan dan kedepannya untuk meningkatkan pelanggan adalah:

- Advertising

Caessar High Heel’s melakukan promosi melalui advertising, tetapi masi terbatas hanya pada beberapa surat kabar, radio dan majalah dinding karena media-media ini biayanya relatif lebih murah.

- Personal Selling

Pada Caessar High Heel’s hal ini dilakukan, namun tidak terlalu formal, kemungkinan dilakukan setiap saat dalam keseharian orang-orang perusahaan.

- Public Relation

Caessar High Heel’s melakukan public relation untuk memberikan informasi kepada publik tentang perusahaan dan juga produk yang dihasilkan dan diharapkan dapat mengembangkan citra dan reputasi yang baik bagi perusahaan dihadapan masyarakat, seperti menjadi sponsor pada acara modeling.

- Sales Promotion

Sales promotion salah satu promosi yang efektif bagi Caessar High Heel’s agar calon pelanggan mau membeli produk perusahaan. Misalnya sales promotion yag dilakukan Caessar High Heel’s adalah dengan memberikan diskon.

D. Manajemen Keuangan

Pada setiap usaha apabila tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, maka tidak akan terlaksana dengan baik. Begitu pula pada Caessar High Heel’s. Karena itu pada Caessar High Heel’s, manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting karena menentukan keberhasilan usaha bisnis dan membutuhkan orang yang profesional untuk menanganinya.

Pada manajemen keuangan, dalam jangka waktu tertentu selama menjalani proses/kegiatan usaha seluruh transaksi dicatat untuk mengetahui laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, dan neraca. Dari laporan keuangan tersebut perusahaan bisa mengetahui perkembangan perusahaan dan dapat mengambil keputusan keuangan untuk kelangsungan perusahaan. Selain itu dengan adanya manajemen keuangan, perusahaan dapat mengetahui apakah perusahaan memperoleh keuntungan, berapa keuntungannya, mengetahui pajak yang harus dibayar, apakah perusahaan harus memijam dana lagi atau tidak, dan sebagainya.

Perencanaan kegiatan usaha perusahaan selanjutnya tidak terlepas dari keuangan bahkan sangat tergantung dari keadaan keuangan perusahaan. Karena itu, keuangan perusahaan harus dapat dikelola sebaik mungkin agar rencana kegiatan usahanya pun dapat terlaksana dengan baik.

Komposisi modal pada Caessar High Heel’s :

Modal yang di investasikan (pinjaman) Rp 150.000.000,00

Modal perusahaan (pribadi) Rp 200.000.000,00

Jumlah modal Rp 350.000.000,00

VI

PENUTUP

Caessar High Heel’s merupakan sebuah perusahaan perseorangan yang baru akan dibentuk oleh Rizkia Mutiara Caesarriani. Caessar High Heel’s bergerak dalam bidang memproduksi sepatu hak tinggi dan langsung menjual hasil produksinya pada sebuah gallery dengan nama seperti nama perusahaannya yaitu Caessar High Heel’s. Segmen atau target dari Caessar High Heel’s adalah wanita, baik remaja, dewasa, atau ibu-ibu yang suka menggunakan sepatu hak tinggi. Dengan manajemen yang baik dan sumber daya manusia yang potensial dan dapat bekerja sesuai dengan tugas, wewenang serta tanggung jawabnya, kinerja perusahaan yang selalu ditingkatkan baik dari segi produksinya atau penjualannya, ditambah lagi dengan strategi perusahaan yang baik, diharapkan perusahaan akan mencapai visi, misi, dan tujuan perusahaan, yaitu dapat memberikan kepuasan dan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

1 comment:

  1. termakasih telah berbagi info menarik seputar wirausaha Kak, sangat bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Laundry Gratis

    ReplyDelete