Heyyy...

Thursday, July 2, 2009

Business PLan punya novita

I. PROFILE PERUSAHAAN

2.1 Data Perusahaan

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Bentuk perusahaan : CV (Commanditaire Vennootschap)

Nama Perusahaan : “Nichimon Store”

Nomor akte Pendirian : 10633666

Mulai berdiri : 08 November 2009

B. Alamat Perusahaan : Jl.Cihampelas No.36 Bandung

Telp : (022) 91928402

No. Fax : (0265) 91928403

E-mail : Nichimon_store@yahoo.uk

Situs Web : Nichimonstore.com

C. Gambar logo/Lambang Perusahaan

D. Visi Perusahaan

“Menjadi wadah penyalur hobi para Japanesse Lover terbesar di Indonesia”

E. Misi Perusahaan

1. Menawarkan produk berbau anime dan kebudayaan Jepang baik buatan sendiri maupun import dari luar negeri.

2. Membentuk perkumpulan “Japanesse Lover”

3. Menbentuk semacam wadah bagi para pecinta Jepang yang ingin mempelajari bahasa, kebudayaan dan komik Jepang.

F. Tujuan Perusahaan

· Memperkenalkan budaya asing yang sangat digemari di banyak negara.

· Menjadi tempat untuk menyalurkan minat kaula muda yang menpunyai ketertarikan terhadap kebudayaan Jepang, tertutama anime.

· Menjadi toko tervaforit dalam tiga tahun mendatang.

G. Bidang Usaha Perusahaan

Bidang usaha yang kami jalankan adalah dagang dan jasa. Dagang karena usaha ini merupakan gabungan distro, toko dan taman bacaan, kami menjual aneka t-shirt dan jaket dengan gambar-gambar yang menarik, pernak-pernik berbau anime, benda-benda khas jepang. Jasa, karena kami juga menyewakan komik dan dorama-dorama Jepang.

H. Modal Yang diinvestasikan : Rp 200.000.000,00

I. Susunan Pengurus

CEO : Novita Nichi

Operasional Manager : Monita Sari

Financial manager : Winda W

Marketing manager : Willey N

HRD Manager : Ieta E

Research and development manager : Nimura Okito

J. Struktur Organisasi :

Chief Executive Officer

Fitria Septiani, SE

Financial Manager

Cucu KS, Sak

Operasional Manager

Rahmi mardiani

HRD Manager

Wahana Sazpah

Research and development Manager

Lilis H

Marketing

Manager

Kuswara, SE

Workers

II. LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Anime dan kebudayaan Jepang…!? Sekarang, hampir semua anak remaja mengenal yang namanya Anime ( film cartoon ) terutama anime yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Dari anak kecil sampai orang dewasa tahu cerita Naruto, Bleach, Card Captor Sakura, dll. Bahkan tak jarang dari mereka yang tertarik dan ingin memiliki barang-barang yang ada dalam anime tersebut, misalnya headband nya Naruto.

Namun, minat mereka akan barang-barang anime tersebut saat ini sulit dipenuhi, karena toko yang menyediakan pernak-pernik seperti itu sangat jarang, kalaupun ada pasti eksklusif dan harganya mahal. Melihat peluang seperti itu, kami tertarik untuk membuka sebuah toko yang bukan hanya toko biasa tapi juga menawarkan kenyamanan lebih bagi para pecinta anime di Indonesia khususnya di kota Bandung.

Nichimon Store adalah sebuah toko yang merupakan perpaduan antara distro, taman bacaan dan toko pernak-pernik yang dilebur dalam satu tempat bergaya jepang abizz. Masuk ke toko ini, anda akan merasa berada di Jepang. Toko ini menyediakan beraneka macam t-shirt yang digambari tokoh anime favorit anda, aneka jaket, aneka pernak-pernik yang berbau anime dan tentunya tenpat untuk menyewa berbagai judul komik yang anda ingin baca.

Dengan konsep berbeda yang kami tawarkan, kami yakin perusahaan kami dapat menjadi magnet baru yang dapat menarik minat dan keinginan para penyuka anime di Bandung untuk menjadi pelanggan kami.

III. ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

4.1 Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis

1. Company (perusahaan)

a. Penguasaaan Pasar : karena toko ini masih baru, maka dalam tahun pertama kami perkirakan penguasaan pasar sekitar 25%

b. Modal Perusahaan : modal perusahaan adalah sekitar Rp. 100.000.000, dalam bentuk asset seperti toko, peralatan toko, koleksi komik, serta contoh-contoh beberapa jenis pernak pernik yang akan dibuat ataupun diimpor.

c. Sumberdaya manusia : kami akan merekrut para anak muda Bandung yang mempunyai minat setidaknya suka pada komik untuk menjadi pegawai khususnya di area taman bacaan Nichimon Store, untuk penjaga toko, kami akan merekrut orang-orang sekitar daerah toko kami, atau kalau tidak orang Bandung saja. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi pengangguran di kota Bandung ini. Untuk tenaga ahli khususnya dalam mendesain gambar yang akan di”tempel” pada T-shirt yang akankami buat, kami akan merekrut mereka yang mempunya keahlian dalam bidang animasi.

d. Teknologi : teknologi yang digunakan berputar pada software computer terutama pada animasi untuk membuat barang-barang apa yang akan dibuat

e. Kualitas produk : kami pastikan bahwa kualitas produk yang kami tawarkan adalah yang terbaik dengan harga yang terjangkau. Karena kami memproduksi sendiri barang kami khususnya t-shirt, pin, mug, dan pernak-pernik yang tidak membutuhkan detail yang terlalu rumit. Tentunya dalam memproduksi barang-barang tersebut, kami selalu memperhatikan kualitas bahan baku dan proses pengerjaannya sehingga dijamin kualitas produk yang kami keluarkan tidak akan mengecewakan. Sementara untuk barang-barang yang butuh detail yang mendalam seperti gasphon dan perlengkapan cosplay, kami memilih untuk mengimpor dari Negara aslinya atau dari China yang tentu saja kualitasnya baik dan harga terjangkau.

f. Diferensiasi

Diferensiasi produk : diferensiasi produk toko kami adalah dari segi motif terutama untuk t-shirt dan pernak-pernik anime yang tidak melulu terpusat pada miniature tokoh, tapi juga tokoh-tokoh favorit tersebut akan kami aplikasikan kedalam mug atau payung atau pensil, dll. Selain itu diferensiasi suasana toko yang juga menyisipkan taman bacaan didalamnya, membuat nilai lebih toko kami untuk diminati para penyuka anime.

Diferensiasi pelayanan : pelayanan yang kami tawarkan adalah melalui dua cara, khususnya untuk pembelian item-item toko yaitu pelanggan membeli langsung atau pelanggan membeli via internet. Selain itu, jika anda masuk kedalam toko kami, kami pastikan anda akan diperlakukan seperti raja/ratu dan anda akan diberikan garansi jika pelayanan dan kualitas produk kami tidak memuaskan anda.

2. Customer (Konsumen/Pelanggan)

a. Perilaku Konsumen Kepuasan Konsumen : dengan kualitas barang yang selalu dikontrol dengan baik dan pelayanan yang selalu ditingkatkan dengan baik maka perusahaan optimis akan terus mendapatkan kepuasan dari pelanggan.

3.Competitor (Pesaing)

a. Jumlah Competitor : saat ini jumlah kompetitor yang paling memberatkan di kota Bandung ada sekitar tiga kompetitor

b. Penguasaan skala ekonomi : sekitar 30%-45%

c. Merek : Animart, Gonzo, Vega

d. Loyalitas Pelanggan : untuk ketiga kompetitor diatas, masing-masing mempunyai pelanggan yang setia terhadap produk mereka terutama Gonzo, karena toko ini didukung oleh komunitas japanesse lover yang jumlahnya tidak sedikit dan mereka dengan senang hati akan mencari barang-barang yang mereka inginkan ke toko ini, walau terkadang tak tersdia di toko tersebut.

e. Diferensiasi Chanel (Perantara) : Menngambil perantara atau distributor dari dua negara yaitu Jepang dan China.

f. Jumlah Perantara : 2 (dua)

g. Harga Yang di Tawarkan : untuk masing-masing toko menerapkan harga yang berbeda, gonzo cukup terjangkau, Animart agak tinggi karena kulaitas barang yang mereka tawarkan cukup tinggi pula.

h. Kualitas Perantara : cukup bagus

4. Center (Pemasok) : kami akan bekerja sama dengan pemasok dari China karena barang yang mereka tawarkan berharga terjangkau namun kualitas cukup baik, dan Jepang untuk barang-barang yang agak eksklusif seperti peralatan cosplay.

5. Change (Kekuatan Perusahaan di dalam mengadaptasi Lingkungan)

Kami yakin kalau perusahaan yang akan kami jalankan ini mempunyai kemampuan adaptasi lingkungan yang cukup baik, karena kami menempatkan toko kami ini di tempat yang cukup strategi yakni di daerah Cihampelas, dan minat para penyuka anime yang kekurangan wadah penyalur makin memantapkan toko kami untuk lebih dikenal di Bandung.

B. Analisa SWOT/TOWS

1. Strength ( kekuatan)

Kekuatan perusahaan yang saya dirikan adalah dari segi model dan motif berbagai perlengkan berbau jepang yang lebih bervariatif daripada toko-toko sejenis, karena kami tidak hanya mengimpor barang dari negara lain tapi juga berupaya untuk membuat sendiri produk tersebut tentunya dengan kualitas yang baik. Selain itu harga yang ditawarkan lebih murah dari toko-toko lain. Selain itu, toko kami bukan sekedar toko biasa karena didalamya tersisip sebuah ruangan yang dikhususkan untuk mereka yang ingin membaca dan menyewa komik.

2. Weakness (kelemahan)

Adapun kelemahan dari usaha yang saya dirikan adalah kekurangan modal dan kurangnya tenaga ahli dalam memproduksi benda-benda berbau jepang tersebut.

3. Opportunity ( Peluang )

Karena toko ini menyuguhkan gaya dan suasana yang berbeda dari toko-toko sejenis yang ada di Indonesia khususnya di kota Bandung, yaitu tersisipnya taman bacaan dalam toko, saya yakin toko ini akan banyak menarik minat para penyuka anime untuk datang dan menjadi pelanggan di toko ini.

4. Threatmen (Ancaman)

Karena toko ini akan saya tempatkan di daerah Cihampelas, maka tantangan terberat untuk usaha ini tentunya adalah pesaing yang juga merupakan toko sejenis dan bertempat didaerah yang sama.

C. Analisa POAC

1. Planing (Perencanaan)

Usaha yang akan saya jalankan ini akan saya beri nama “Nichimon Store” diambil dari nama saya sebagai pemilik utama dan Monita Sari sebagai partner. Usaha ini akan kami tempatkan di jl.Cihampelas No.36. Bergerak di bidang dagang dan jasa, karena kami menggabungkan antara Small distro dan taman bacaan. Rencananya, toko kami ini akan beroperasi setiap hari dari jam 08.00 s.d 22.00 WIB. Target pemasaran produk dan jasa kami adalah anak-anak, remaja dan dewasa khususnya yang mempunyai kegemaran di bidang anime dan Japanesse Culture.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian perusahaan kami akan di bagi kedalam:

CEO : Novita Nichi

Operasional Manager : Monita Sari

Financial manager : Winda W

Marketing manager : Willey N

HRD Manager : Ieta E

Research and development manager : Nimura Okito

3. Actuating (Pelaksanaan)

Pelaksanaan dari rencana pembuatan toko ini ialah, toko di buka setiap hari dari pukul 08.00 s.d 22.00. karyawan yang kami pekerjakan harus mempunyai sikap yang hangat agar pelanggan merasa nyaman.

4. Controling (pengontrolan)

Rencana yang telah kami susun akan kami control pelaksanaannya dengan cara, para pemilik yaitu Novita dan Monita akan terjun langsung ke toko untuk mengawasi tindakan-tindakan para karyawan agar menyuguhkan pelayanan yang hangat bagi pelanggan.

IV. STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

A. Cara meningkatkan produksi

Kami akan meningkatkan produksi dengan cara melakukan diversifikasi atas jumlah produk yang akan kami pasarkan, tidak hanya berputar pada T-shirt dan pernak-pernik saja.

B. Memperbesar usaha

Membuka cabang di beberapa kota besar adalah salah satu keinginan dan rencana kami dalam upaya memperbesar usaha ini.

C. Mengatasi pesaing

Memberikan pelayanan yang seramah mungkin pada pelanggan sehingga pelanggan akan merasa nyaman apabila datang ke toko kami, selain itu harga yang kami tawarkan, kami jamin jauh lebih terjangkau dari harga yang ditawarkan toko lain. Kami juga akan memberikan garansi pada pelanggan yang merasa kurang nyaman atau kurang “sreg” dengan pelayanan atau produk yang diterima.

D. Mengatasi masalah kebangkrutan

- Menambah modal dengan cara melakukan kredit (prminjaman) pada Bank.

- Mempertahankan pelanggan dan terus melakukan inovasi agar produk-produk kami tetap diminati dan itu akan membuat omzet kami meningkat.

- Mengeksiskan toko kami pada komunitas pecinta Jepang dengan cara ikut serta dalam setiap “event jepangan” yang diadakan khususnya di kota Bandung.

V. STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Kami akan merekrut orang-orang yang mempunyai minat dalam kebudayaan Jepang agar lebih mengerti tentang produk yang ditawarkan (terutama yang berbau anime). Selain itu untuk mendisain t-shirt, kami akan merekrut orang yang mempunyai kemampuan dibidang animasi.

2. Manajemen Operasi/Jasa

Toko kami akan buka setiap hari dari pukul 08.00 s.d 22.00. untuk usaha penyewaan komik, kami akan memberlakukan sistem “borrow ten get one”.

3. Manajemen Pemasaran

Pemasaran akan kami lakukan dengan cara menjual langsung barang kami pada pelanggan baik langsung di toko kami maupun melalui internet. Selain itu kami akan mengikuti “even-even jepangan” yang sering diadakan komunitas khususnya di kota Bandung.

4. Manajemen Keuangan

Kami akan mengatur keuangan kami dengan sebaik-baiknya, misalkan saja dengan melakukan pembukuan setiap periode. Keuntungan yang kami peroleh akan kami gunakan untuk ekspansi perusahaan, dan kerugian akan kami tutupi dengan cara menekan biaya produksi.


VI. PENUTUP

Usaha yang kami dirikan adalah usaha di bidang jasa dan dagang. Dengan usaha ini kami berharap, kaum muda khususnya pecinta kebudayaan Jepang, dapat memenuhi hasratnya untuk memiliki barang-barang berbau anime atau Japanesse culture.

Kami juga berharap usaha ini tidak hanya diminati oleh para pecinta jepangan saja, tapi juga oleh seluruh masyarakat Indonnesia, khususnya warga Bandung. Dan juga, kami berharapa usaha ini dapat menjadi motivasi bagi pengusahawan muda Bandung lainnya, untuk lebih berani dalam mengambil alternatif jenis usaha yang dapat memperkaya khasanah usaha di Bandung.

No comments:

Post a Comment