Heyyy...

Friday, July 3, 2009

Business pLan punya SukkmawarrdHinnii..

BAB I

PROFILE PERUSAHAAN

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Nama Perusahaan : Domini House

Domini : Singkatan dari “donat mini”

House : Rumah

Domini House merupakan rumah donat atau perusahaan yang khusus menjual donat dengan ukuran mini.

Bentuk Perusahaan : Perusahaan Perseorangan

Domini House merupakan suatu perusahaan dengan bentuk kepemilikan

perseorangan.Domini House akan didirikan pada bulan akhir Agustus 2009.

Perusahaan ini didirikan oleh Sukmawardini, S.E., Ak. Domini House khusus

menawarkan donat yang berukuran mini dan juga membuka fasilitas karaoke

keluraga didalamnya.

B. Alamat Perusahaan

Jl. Dr Setiabudhi No 50

Bandung,40141

Telp 022-2034050 Hp 085620304050

Domini House didirikan di jalan Dr. Setiabudhi No 50.Alasan perusahaan mendirikan Domini House di jalan Setiabudhi karena daerah ini merupakan pusat perbelanjaan yang banyak diminati oleh para pengunjung terutama factory-factory outletnya yang sering dikunjungi oleh pengunjung yang berasal dari daerah Bandung maupun di luar Bandung. Lokasi perusahaan

sangat strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan (factory outlet), sekolah, kampus, dan kantor. Selain itu akses menuju tempat ini mudah dilalui.

Denah Lokasi Domini House

C. Gambar/ Logo Perusahaan

D. Visi Domini House

Visi dari Domini House adalah ingin menjadikan donat mini menjadi makanan favorit dan dapat dijadikan oleh-oleh khas Bandung.

Dapat bersaing dengan outlet donat asing ternama dengan harga yang terjangkau dan berkualitas baik.

E. Misi Domini House

Menjadi suatu resto yang menjual donat lezat, halal, berkulitas, dan unik dengan harga yang sangat terjangkau. Serta menyedikan tempat dan fasililtas yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga, rekan kerja, dan teman-teman sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimum.

F. Tujuan Domini House

Ø Tujuan Jangka Panjang

a) Dapat menjadikan Domini House sebagai perusahaan donat yang dapat bersaing dengan outlet donat berbendera asing.

b) Dapat memperluas cakupan usaha baik secara vertikal maupun horizontal.

c) Menjadikan donat mini sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung.

Ø Tujuan Jangka Menengah

a) Menjaga perusahaan agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan donat lain.

b) Membina hubungan/ relasi dengan pihak-pihak yang berkaitan lengsung maupun tidak langsung terhadap setiap divisi yang ada dalam perusahaan.

c) Menciptkan inovasi/resep baru donat agar dapat menarik banyak pelanggan dengan rasa yang berkualitas dan harga terjangkau.

Ø Tujuan Jangka Pendek

a) Menarik minat pelanggan agar tertarik dengan produk donat mini yang kami tawarkan.

b) Membangun kondisi finansial untuk investasi masa depan.

c) Menciptakan suasana resto yang nyaman, santai, luas, dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap sehingga para pelanggan tertarik.

d) Memaksimalkan bentuk dan jenis layanan untuk pembantukan image perusahaan yang lebih kuat.

G. Bidang Usaha Domini House

Domini House bergerak dalam bidang usaha perdagangan dengan fasilitas yang sudah dimiliki berupa tanah bangunan, gedung, peralatan,dan alat transport. Perusahaan menawarkan produk donat yang berbentuk mini dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 1.000,00- Rp 5.000,00.

H. Susunan Pengurus

Direktur

I. Modal yang diinvestasikan

Rencana Investasi

Rp’000s

Jumlah

Modal Pribadi

Pinjaman

INVESTASI TETAP

1. Lahan

0

0

0

2.Bangunan

400.000

400.000

3. Mesin & Peralatan

265.000

165.000

100.000

4. Perlengkapan Kantor

30.210

30.210

5. Sarana Transportasi

20.000

20.000

Jumlah Investasi tetap

715.210

715.210

INVESTASI PRA-OPERASIONAL

1. Perencanaan Bisnis

0

0

0

2.Perizinan & pendaftaran

2.000

2.000

0

3. Kurus Keterampilan

1.000

1.000

0

4. Biaya Percobaan Produksi

500

500

0

Jumlah Investasi Pra-operasional

3.500

3.500

0

JUMLAH INVESTASI

MODAL KERJA

BIAYA LANGSUNG

1.Biaya bahan baku

25.000

2. Tenaga kerja Langsung

30.000

Biaya Overhead

22.800

Jumlah Biaya Langsung

77.800

BIAYA TAK LANGSUNG

1. Gaji Direktur

144.000

2. Gaji Manajer

120.000

3. Gaji kepala Dept.

96.000

4. Gaji Supervisor

72.000

4. Biaya pemasaran &penjualan

8.070

5. Alat tulis kantor

300

6. Biaya lain-lain

2.000

Jumlah Biaya Tak Langsung

442.370

BAB II

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Domini House merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan. Perusahaan ini didirikan oleh Sukmawardini Hanifah,S.E., Ak. Perusahaan ini baru akan didirikan pada akhir Agustus 2009 dengan bentuk kepemilikan yaitu perusahaan perseorangan. Perusahaan ini khusus menawarkan donat berukuran mini. Perusahaan ini berdiri karena melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung memilih dan menyukai camilan, salah satunya donat sebagai pelengkap disaat waktu berkumpil bersama keluarga ataupun rekan kerja.

Alasan perusahanan menawarkan produk donat karena donat merupakan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia terutama semenjak munculnya outlet donat asing yang telah menjamur di seluruh wilayah Indonesia termasuk kota besar seperti Bandung. Donat merupakan camilan yang praktis begitupun proses pembuatanya tergolong cukup mudah.

Perusahaan kami ingin menciptakan makanan camilan yang unik dilihat dari bentuk dan rasa. Donat yang berukuran mini dengan bermacam variasi rasa (lebih dari 50 topping), dan aneka softdrinks. Domini House juga ingin bersaing dengat outlet-outlet donat berbendera asing khususnya yang berada di Kota Bandung dengan menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Domini House ingin memberikan pelayanan dan fasilitas berbeda dengan outlet donat lain maka kami pun menyediakan fasilitas karaoke kelurga karena karaoke saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat sebagai sarana hiburan baik bersama keluarga ataupun bersama teman-teman terutama pada akhir pekan. Perusahaan menggunakan konsep open kitchen dimana para kostumer dapat melihat sendiri proses pembuatannya.

Fasilitas lain seperti hotspot area kami sediakan agar membuat pelanggan merasa nyaman berada di tempat kami. Kami pun sangat optimis bahwa bisnis ini dinilai dapat memberikan harapan karena sangat diminati masyarakat sehingga hal tersebut menjadi suatu pertimbangan dalam mandirikan Domini House

BAB III

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pelaku Utama Bisnis.

1. Company (Perusahaan)

  1. Penguasaan Pasar

Domini House merupakan perusahaan donat yang akan didirikan pada akhir bulan Agustus 2009 kerena perusahaan ini baru akan didirikan maka penguasaan pasar belum dapat ditentukan secara riill. Oleh karena itu perusahaan telah menargetkan bahwa penguasaan pasar Domini House untuk jangka pendek adalah Domini House akan menguasai pasar yang berada di sekitar jalan Cihampelas, Cipaganti, Ciumbuleuit, dan dareah Lembang. Hal ini disebabkan oleh wilayah yang berdekatan dengan Domini House sendiri. Sehingga diharapkan Domini House dapat menguasai pasar pada daerah tersebut untuk jangka pendek dan tidak menutup kemungkinan untuk memperbesar cabang donat mini dapat dilakukan.

  1. Modal Perusahaan

Jenis Modal

Jumlah (Rp)

Modal Sendiri

Rp 800.000.000

Modal pinjaman

Rp 100.000.000

Jumlah Modal

Rp 900.000.000

  1. Sumberdaya manusia

Peranan sumberdaya manusia dalam suatu perusahaan amatlah penting.

Sumberdaya manusia adalah penggerak utama atas kelancaran jalannya

perusahaan. Sumberdaya manusia ini merupakan faktor yang tidak dapat

dipisahkan dengan faktor-faktor yang lain. Karyawan bagian penjualan adalah

ujung tombak perusahaan untuk mencari dan mendapatkan konsumen atau

pelanggan yang bersedia membeli atau mengkonsumsi produk yang ditawarkan.

Keberhasilan karyawan bagian penjualan dalam menjual adalah asset perusahaanyang harus dipelihara, dipertahankan, dan dihargai, karena apabila tidak maka tenaga penjualan akan keluar dari perusahaan dan mencari pekerjaan baru di perusahaan lain. Domini House ingin menciptakan suasana yang disiplin terhadap para karyawannya agar mereka memiliki dedikasi yang tinggi dan tanggung jawab yang besar. Dalam perusahaan, kami membagi menjadi beberapa bagian yang terdiri atas : direktur yang berfungsi untuk memimpin perusahaan, manajer yang mempunai tugas untuk memanage bawahannya yang terdiri dari beberapa bagian seperti manajer riset, keuangan, personalia, marketing, dan produksi. Supervisor bertugas untuk mengawasi langsung para karyawan. Karyawan bertugas untuk menjalankan tugas dari atasan dengan sebaik mungkin dan disiplin agar tercipta suatu budaya perusahaan yang baik.

  1. Teknologi

Perkembangan teknologi demikian pesatnya saat ini, awam menyebutnya sebagai era HiTech sering pula masyarakat menyebutnya NewTech, begitupun dengan Information & Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang dengan cepatnya, kadang kita belum mengetahui sistem yang baru, sudah muncul lagi sistem yang lebih baru. Tentunya sebagai konsekuensi logis dari era globalisasi dan liberalisasi yang dipicu dan dipengaruhi oleh perubahan teknologi yang kontinyu dan sangat cepat tersebut, maka dunia bisnis dihadapkan pada suatu persaingan yang sangat tajam. Dalam dunia bisnis teknologi sangat berpengaruh untuk mencapai keefektifan dalam memproduksi barang/ produk.

Domini House menggunakan teknologi tertentu dalam mengolah donat agar menghasilkan cita rasa yang lezat dan penyajiannya yang praktis. Semua faktor tersebut dibantu oleh teknologi. Berikut ini adalah teknologi yang digunakan oleh Domini House dalam memproduksi donat.

Teknologi Domini House

Keterangan

Authomatic Donat Robot MKI (Belshaw) EX.USA

Mesin pembuat donat mulai dari adonan yang sudah jadi lalu dicetak hingga menjadi donut. Tinggal memberi topping

Selain itu, Domini House juga membuka tempat karaoke keluarga yang mana ingin menciptakan suasana karaoke yang nyaman den salah satunya didukung oleh fasilitas karaoke yang serba canggih. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang digunakan oleh Domini House dalam usaha karaoke agar dapat menciptakan efek suara yang baik.

Teknologi Karaoke Domini House

Keterangan

Daihan Karaoke Player

Dengan 30.000 lagu yang terinstall dalam 1 keping DVD

Advante Kara DJ Player

Menggunakan media HARDISK yang terinstall dalam player
sbg media penyimpanan lagu

KARAOKE SYSTEM KOMPUTER

Dapat berfungsi sebagai single komputer maupun system
jaringan (client-server)

  1. Kualitas Produk

Menurut Kotler (2003), pelanggan masa kini menginginkan kualitas dan

pelayanan yang makin baik, yang disertai oleh penyesuaian customization. Perkembangan bisnis bakery ini menjadi bagian penting yang harus diperhatikan oleh setiap produsen guna memenuhi kebutuhan konsumennya. Domini House menciptakan produk dengan bentuk yang unik dan menawarkan variasi rasa yang lezat lebih dari 50 topping dengan tampilan warna yang menarik.

Perusahaan berusaha menciptakan produk donat yang memiliki keunikan

yaitu dengan bentuknya yang mini, dan perusahaan berusaha menampilkan yang terbaik, donat mini ini halal, pembuatannya secara bersih dan bahan baku nya baik sehingga menciptakan rasa yang lezat, dan selalu fresh, serta tidak mengandung bahan pengawet.

f) Diferensiasi

Dewasa ini dalam perkembangan bisnis roti, donat mengalami persaingan yang semakin ketat, banyaknya jenis dan merek donat yang ditawarkan di pasar membuat konsumen semakin banyak pilihan untuk menentukan pembelian produk.

Diferensiasi berarti bahwa suatu produk atau jasa memiliki tidak saja keberbedaan dengan produk atau jasa yang sudah ada, melainkan juga merupakan titik keunggulan dibandingkan yang lainnya itu. Tetapi, diferensiasi tidak berarti ‘asal berbeda’, sehingga kalau sudah berbeda berarti pasti memiliki titik keunggulan yang dimaksud.Berbeda dapat diartikan dalam konteks dan sudut pandang yang berbeda-beda pula. Berbeda dalam artian fisik atau proses dapat dikenali dengan mudah, karena perbedaan itu bisa saja dalam bentuk, tampilan, ukuran, dan fungsi. Tetapi perbedaan dalam konteks ini tidak, pada saat yang sama, akan bermakna sekuat apa yang dimaksud dengan diferensiasi di atas.

Diferensiasi produk dan pelayanan dari suatu perusahaan perlulah ditingkatkan agar dapat menarik minat para kostumer.

Ada dua macam diferensiasi yang diberikan perusahaan yaitu:

a) Diferensiasi Produk

Domini House menyediakan produk yang berbeda dengan outlet donat lain yaitu bentuknya yang mini dengan lebar sebesar 6cm.Proses penyajiannya pun berbeda dengan outlet donat lain, yaitu donat disajikan dengan dibakar, di goreng, dan dicelup dengan fla berbagai rasa. Kami menawarkan lebih dari 50 topping. Donat kami tawarkan dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat yaitu Rp 1.000,00-Rp 5000,00. Donat yang kami sajikan halal dan tidak mengandung pengawet disertai dengan proses produksi dengan teknologi canggih.

b) Diferensiasi Pelayanan

Domini House selalu ingin memberikan pelayanan yang baik.Berikut ini adalah diferensiasi pelayanan yang ditawarkan Domini House:

§ layanan pesan dan antar (delivery service).

§ Tersedianya fasilitas Free WiFi / hotspot area.

§ menawarkan special discount untuk pembelian 1 dus donat yang berisi 12 macam donat dengan 3 macam donat gratis.

§ Melayani keluhan konsumen terhadap produk kami dengan membuka layanan kotak saran sehingga perusahaan dapat mengevaluasi kekurangan baik pelayanan maupun produk yang harus ditingkatkan.

§ Ruangan ber-acc, tempat parkir yang luas,serta taman bermain yang luas.

§ fasilitas karaoke keluraga sebagai sarana hiburan bagi para pengunjung tarif karaoke sekitar Rp40.000,00-Rp100.000,00

2. Customer (Konsumen/Pelanggan)

Kepuasan konsumen tetap menjadi salah satu parameter penting untuk mengukur bagaimana feedback konsumen ke depannya. Jones dan Sasser melalui makalahnya di Harvard Business Review yang berjudul Why Satisfied Customer Defect menyarankan bahwa inti dari strategi yang sukses dalam mengelola kepuasan pelanggan adalah kemampuan dalam mendengar pelanggan.

a) Perilaku Konsumen/ Kepuasan Konsumen

Untuk menciptakan kepuasan konsumen perusahaan terus memberikan pelayanan terbaik bagi para kostumer agar mereka merasa betah dan puas terhadap pelayanan yang kami berikan. Perusahaan berusaha menciptakan suasana resto yang nyaman dan harga yang ditawarkan pun terjangkau. Perusahaan menciptakan konsep baru yang belum digunakan oleh outlet donat yang berada di daerah Bandung yaitu dengan menyediakan fasilitas karaoke keluarga yang bertujuan untuk memberikan dan menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai bagi semua kostumer.

Perusahaan memberikan pelayanan kotak suara kepada para pengunjung yang datang dengan tujuan agar setiap keluhan-keluhan kostumer terhadap pelayanan perusahaan dapat diperbaiki demi mencapai kepuasan konsumen.

Perusahaan juga melibatkan pelanggan dalam keputusan perusaahaan. Misalnya seperti mengundang pengunjung dalam mengetahui proses pembauatn dan rasa donat seperti apa yang mereka sukai sehingga perusahaan akan terpacu untuk dapat menciptakan kualitas yang lebih baik lagi agar pelanggan tidak berpaling.

Perusahaan mempercepat efek dari penggunaan teknologi. Mengapa? Karena di era globalisasi dan persaingan yang demikian ketat, teknologi dapat memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan. Misalnya dengan menggunakan satu sumber data konsumen melalui banyak channel agar bisa memahami kebutuhan dan mengukur prosesnya. Dengan begitu, maka proses yang terjadi akan teratur, efektif, lebih cepat dan akurat.

3. Competitor (Pesaing)

a) Jumlah Competitor

Jumlah Competitor yang menjual donat sangat banyak. Kali ini perusahaan ingin membandingkan dengan perusahaan yang telah dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Jumlah kompetitor yang bergerak dalam menjual donat ini ada dua pesaing yaitu:

ü J.CO donuts .

ü Dunkin Donuts.

b) Penguasaan Skala Ekonomi

Dilihat dari kemampuan menawarkan produknya ternyata J.Co Donuts

& Coffee telah memiliki 65% pangsa pasar donat, peningkatan penjualan

produk sebesar dari 1% - 5% perbulan disetiap gerai. Positioning dari Produk

J.Co Donuts and Coffee ialah sebagai donat yang menampilkan harga premium

tetapi kualitas internasional dengan target market adalah konsumen menengah atas yang terbiasa dengan gaya hidup dinamis, charm (menarik) dan modern. ( Majalah SWA oleh Iswandari Juli 2007). J.Co Donuts menjadi berbeda dengan produsen donat yang lain melalui penetrasi pasar produsen ini dapat menjual sebanyak 10.000 donat perhari

( Majalah SWA oleh Iswandari Juli 2007).

c) Merek

Donkin donuts mulai hadir di Indonesia pada tahun 1985 dan memulai sejarah perkembangan bisnis donat pada zamannya, keunikannya adalah menampilkan varian rasa donat dengan berbagai warna donat yang menarik.

Pada tanggal 26 Juni 2005 J.Co Donuts hadir dengan berbagai

varian donatnya. J.Co merupakam salah satu merek produk yang fenomenal di

pasar. Yang menarik dari J.Co ialah berhasil menciptakan produk yang berbeda dengan produk pesaing donat sebelumnya. J.Co Donuts selalu menyajikan donat dalam keadaan fresh selain itu juga J.Co terkenal sebagai donat yang empuk, juga menyajikan rasa dan bentuk donat yang berbeda dari donat-donat sebelumya.Yang menjadi diferensiasi dari produk ini ialah produsen J’Co selalu menyajikan varian rasa donat yang baru bagi pelangganya. Dan dengan memiliki gerai donat dengan

gaya dapur terbuka atau open kitchen serta menggunakan mesin pembuatan yang canggih, hal ini sangat menarik sehingga konsumen tertarik untuk mencoba membelinya. Selain itu J.Co Donuts juga menjual produk lain seperti minuman serta suasana cafe yang ekslusif serta nyaman bagi konsumennya. Oleh karena itu dengan kehandalan dan strategi yang dimainkan oleh konsumen semakin penasaran dan dengan rasa donatnya yang enak yang mampu membuat konsumennya rela mengantri untuk membeli donat tersebut. Tren ini seakan - akan mendorong para produsen untuk menyesuaikan produknya sesuai dengan keinginan serta harapan konsumen dan juga menambah lini produknya dengan berinovasi menciptakan produk-produk baru yang diperkirakan akan dapat merebut perhatian konsumennya. Kedua perusahaan tersebut telah memiliki nama/merk yang sangat dikenal oleh banyak masyarakat jadi tidak heran apabila harga yang ditawarkanya pun mahal karena kualitas dan pengalamannya yang baik.

C) Loyalitas Pelanggan

Kepuasan dan loyalitas merupakan faktor yang sangat penting di telusuri dalam upaya mempertahankan pelanggan. Penelitian mengenai perceive value dan perceive quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan produk J.Co Donuts dan Dunkin Donuts perlu dilakukan untuk mengetahui dimensi atau bauran pemasaran yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Perilaku pelanggan yang akan diamati dalam penelitian ini adalah melakukan pengukuran persepsi terhadap kepuasan yang diperoleh sehingga membuat konsumen menjadi loyal serta hubungan pengaruh diantaranya. Karena diduga adanya kepuasan konsumen terhadap produk yang berikan karena adanya perceive value dan perceive qualitynya yang dimiliki oleh produsen J.Co Donuts dan Dunkin Donuts sehingga kemungkinan adanya loyalitas pelanggan.

d) Diferensiasi Chanel (Perantara)

Selling point dari J.CO, adalah donatnya yang beda dengan donat2 yang ada dijual sebelumnya, karena bahan bakunya diimpor dari luar negeri,seperti madunya, tepung, coklat, kacangnya,dll. Walaupun bahan bakunya diimpor dari luar negeri harga yang ditawarkan J.CO terjangkau. Selain itu J.CO juga melakukan inovasi setiap bulannya dengan mengeluarkan variasi2 rasa yang baru dari donat2nya. Tidak heran bila J.CO menjadi fenomena karena kesuksesannya dalam menjaring pangsa pasar yang luas.

e) Jumlah Perantara

Menurut informasi yang di peroleh pemasok bahan Dunkin Donuts adalah sebuah perusahaan yang bernama Sangra Ratu Boga (produsen Fermipan). Fermipan adalah salah satu bahan yang sering dipakai
oleh Dunkin Donat untuk membuat donat. Dari koki yang berada di perusahaan tersebut menyatakan bahwa untuk membuat donat produsen harus memperhatikan banyak aspek yaitu sterilisasi tempat, ragi yang digunakan,cara membuat dan tepung mix yang digunakan.

f) Harga yang di Tawarkan

J.CO donuts menawarkan harga donat dengan rincian harga sebagai

berikut:

Harga 1 donuts Rp.5.000,- (glazzy) dan Rp.5.500,- (assorted),
1/2 lusin Rp.25.000,- (assorted),
1 lusin Rp.45.000,- (assorted),
2 lusin Rp.80.000,- (assorted).

Dunkin Donuts menawarkan harga donat:

1/2 lusin Rp.24,900,-

1 lusin Rp. 49.800,-

g) Kualitas Perantara

Kompetitor yang telah memiliki nama terkenal pasti akan selalu megutamakan kualitas dan kualifikasi yang baik untuk bahan pembuatan makanana (donat).Perantara pada perusahaan kompetitor ini sangat baik dan berkualitas karena perusahaan ternama (J.Co dan Dunkin Donuts) lebih mengutamakan kualitas dan sterilisasi pembuatan sehingga dalam perantara (channel) yang bersangkutan harus diperhitungkan agar menghasilkan produk yang bermutu dan lezat.

4. Center (Pemasok)

Domini House ingin menciptakan suatu prodak yang berkualitas dengan harga yang murah dan terjangkau.Pemasok bahan donat Domini House berasal dari Bread Talk milik Jhony Andrean yang kualitas bahan nya sudah tidak diragukan lagi dan udah diakui oleh masyrakat banyak. Pemasok bahan donat berasal dari salah satu cabang Bread Talk di Bandung karena dinilai lebih praktis, lengkap, dan hemat dalam ongkos pengirimannya.

5. Change (Kekuatan Perusahaan di dalam mengadaptasi Lingkungan)

Perusahaan berusaha untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk berkembang dan mendapatkan laba.Berhasil tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuannya tergantung pada keahlian manajemen di bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang lain. Domini House selalu ingin memberikan pelayanan yang baik bagi para konsumen agar mereka tertarik kepada produk kita dan ada keinginan untuk berlangganan. Dalam mengadaptasi lingkungan bisnis perusahaan akan melakukan survei kepada para masyarakat mengenai selera makanan masyarakat saat ini agar perusahaan dapat terus mengembangkan usahanya dengan menciptakan berbagai macam inovasi baru, Domini House berusaha untuk menciptakan produk yang baru tanpa bahan pengawet dengan cita rasa yang khas dengan outlet donat lainnya.

B. Analisa SWOT

a)Faktor Internal

Ø Strength

  • Orientasi pada pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
  • Memiliki keunikan produk dan fasilitas pelayanan yaitu produk donat mini dengan fasilitas karaoke keluarga dan tempat yang luas.
  • Menawarkan inovasi produk dengan rasa yang beragam dan harga yang sangat terjangkau.
  • Kedisiplinan yang tinggi dan kebersamaan yang kuat.
  • Lokasi perusahaan yang sangat strategis sehinga pemasaran produk mudah dilakukan.

Ø Weakness

§ Image pasar masih belum terlalu kuat karena tergolong masih baru.

§ Ketersediaan peralatan dan perlengkapan yang masih kurang serta belum ada pemasok yang dapat memberikan keuntungan maksimum.

§ Perusahaan rentan mengalami kebangkrutan karena usianya yang masih muda/ baru berdiri.

§ Tenaga ahli minim.

b) Faktor Eksternal

Ø Opportunities

  • Masyarakat cenderung menyukai makanan camilan untuk bersantai terutama donat sebagai makanan yang sedang diminati oleh banyak masyarakat senagai foodstyle.
  • Kondisi dan pertumbuhan pasar yang cepat.
  • Bentuk usaha ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat.
  • Masih banyak dareah yang dapat menjadi pasar atau segmen baru dalam usaha ini.

Ø Threats

  • Banyaknya pesaing usaha yang sejenis.
  • Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu sehingga menuntut perusahaan agar bisa mendapatkan teknologi canggih sebagai faktor pendorong usahanya.
  • Perubahan hasrat pelanggan.
  • Pelanggan berpaling kepada outlet donat lain.
  • Kegagalan Brand perusahaan.

c. Analisa POAC

Secara umum, dunia manajemen menggunakan prinsip POAC. atau Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Prinsip manajemen ini banyak digunakan oleh organisasi dewasa ini untuk memajukan dan mengelola perusahaan.

Ø Analisis Planning

Dalam perencanaan ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Yaitu harus SMART yaitu:

§ Specific artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis.

Domini House ingin menciptakan suatu bianis yang khusus membuat camilan yaitu berupa donat mini dengan berbagai varian rasa dan berbagai macam penyajiannya seperti donat celup dan donat bakar dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang baik ,seperti fasilitas karaoke, hotspot area, taman bermain anak, dan suasana tempat yang luas. Sehingga perusahaan berharap dapat bersaing dengan perusahaan donat yang sudah ternama dan dikenal oleh masyarakat.

§ Measurable artinya program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya. Domini House barusaha untuk menciptakan resep dan inovasi yang baru sehingga disukai oleh masyarakat dengan didukung oleh proses penyajian donat mini yang steril, berkualitas, dan harga yang dapat di jangkau oleh semua kalangan.

§ Achievable artinya dapat dicapai. Jadi bukan anggan-angan. Domini House harus menentukan target pasar dengan baik terutama untuk semua kalangan baik anak-anak, remaja, dan dewasa dengan menjadikan Domini House sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai terutama pada hari weekend dengan menarik para pengunjung agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

§ Realistic artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada tantangan. Domini House berusaha untuk memberikan diferensiasi produk dan pelayanan yang baik kepada para kostumer dengan memanfaatkan dan memaksimalkan semua sumber daya yang ada di dalam perusahaan baik dari segi teknologi maupun sumber daya manusia itu sendiri.

§ Time artinya ada batas waktu yang jelas. Domini House selalu berusaha untuk melakukan evaluasi dan penilaian atas hasil yang sudah dicapai dalam periode 1 minggu pertama pembukaan resto ini. Sampai pengevaluasian setiap bulan, triwulan, dan tahunan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat meberbaiki kesalahan den dapat meningkatkan kualitas perusahaan.

Ø Analisis Organizing

Agar tujuan perusahaan tercapai maka dibutuhkan pengorganisasian. Dalam perusahaan biasanya diwujudkan dalam bentuk bagan organisasi. Yang kemudian dipecah menjadi berbagai jabatan. Pada setiap jabatan biasanya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (Job Description).

Pemegang Jabatan tertinggi Domini House adalah direktur yang bertugas sebagai pembuat keputusan di dalam perusahaan sekaligus sebagai pemilik perusahaan.

Pada posisi ini, direktur memiliki tugas yang besar, tanggung jawab dan wewenangnya untuk memoimpin perusahaan ke arah yang lebih baik.

Adapun tugas manajer yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi departemen dibawahnya seperti Departemen Riset, Keuangan, Pemasaran, Personalia, dan Produksi. Supervisor bertugas untuk mengawasi para karyawan secara langsung. Karyawan bekerja sesuai dengan perintah atasan dengan sebaik.Dengan pembagian tugas tersebut maka pekerjaan menjadi ringan. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Disinilah salah satu prinsip dari manajemen. Yaitu membagi-bagi tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Ø Analisis Actuating

Perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus sehingga perlu dilakukan penyesuian. Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan.

Ø Analisis Controlling

Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian.

Pengawasan perlu dilakukan agar perusahaan dapat menilai dan mengawasi kekurangan perusahaan seperti kualitas prodik, proses pembuatan, maupun sumberdaya manusia itu sendiri agar dapat menciptakan lingkungan bisnis dan budaya perusahaan yang baik.Sehingga dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.

BAB IV

STRATEGI PERUSAHAAN


Menurut Thomas L.Wheelen – J.David Hunger manajemen strategi adalah serangkaian dari pada keputusan majerial dan kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan/perencanaan strategi,pelaksanaan/ implementasi, dan evaluasi. Domi House berupaya untuk mampu menunjukan kepada semua pihak kemana arah dan tujuan perusahaan sebagai landasan untuk pengendalian dan mengevaluasi keberhasilan. Domini House diharapkan harus dapat mempertemukan kebutuhan berbagai pihak, pemasok, karyawan, pemegang saham, pihak perbankan, dan masyarakat luas lainnya yang terkait dengan perusahaan atau disebut dengan istilah Stakeholder Benefits, memegang peranan terhadap sukses atau gagalnya perusahaan.

Selain itu, strategi perusahaan memungkinkan eksekutif puncak untuk mengantisipasi perubahan dan menyiapkan pedoman dan pengendalian, sehingga dapat memperluas kerangka waktu/ berpikir mereka secara prespektif dan memahami konstribusi yang baik untuk hari ini dan hari esok.Tanggung jawab seorang manajer bukan hanya mengkonsentrasikan terhadap kemampuan atas kepentingan efisiensi, akan tetapi hendaknya juga mempunyai perhatian yang serius agar bekerja keras melakukan sesuatu secara lebih baik dan efektif.
Dalam mengambil setiap keputusan, Domini House selalu berupaya agar keputusan yang diambil adalah keputusan yang rasional analisis. Pengambilan keputusan secara intuitif emosional, yaitu pengambilan keputusan dengan menggunakan perasaan, pengalaman, pemikiran, reflektif, dan naluri dangan menggunakan proses jiwa dibawah sadar. Pengambilan keputusan secara perilaku politis, yaitu pengambilan keputusan dengan menggunakan sejumlah tekanan dari orang lain dan terpengaruh oleh keputusan mereka.Pemilihan strategi Domini House bertujuan untuk memilih strategi alternatif terbaik bagi perusahaan dalam segala hal yang mendukung gerak usaha perusahaan.

A. Cara Meningkatkan Produksi

Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui
upaya peningkatan kapasitas produksi yang dapat dicapai perusahaan dengan
melakukan penambahan mesin dan operator.
Proses analisa dimulai dengan mengumpulkan data, membuat model awal
yang merupakan pendekatan dari sistem produk sesungguhnya berdasarkan data-data yang ada dan dilanjutkan dengan mengemukakan usaha-usaha perbaikan yang mungkin dilakukan agar dapat meningkatkan produksi serta menganalisa setiap usaha perbaikan tersebut dari segi ekonomi untuk melihat seberapacepat investasi yang dilakukan dapat kembali.

B. Memperbesar Usaha

Salah satu usaha yang ditempuh oleh Domini House adalah dengan melakukan suatu investasi baru atau pendirian usaha baru di daerah lain. Dalam melaksanakan hal tersebut, diperlukan dana yang besar yang memerlukan pertimbangan-pertimbangan yang benar karena memerlukan biaya yang tidak sedikit.

C. Mengatasi Pesaing

Ada enam cara yang dilakukan perusahaan dalam upaya untuk mengatasi pesaing:

1. Membangun persepsi yang baik sesuai dengan brand positioning.

Hal ini biasanya dilakukan dengan melakukan komunikasi pemasaran secara intensif.

2. Meningkatkan kualitas produk.

Disini sebuah perusahaan harus senantiasa meningkatkan kualitas produk,baik itu jasa, barang maupun gagasan. Dari sudut pandang pemasaran, hal ini sering dipengaruhi oleh persepsi. Semakin tinggi persepsi kualitas produk, semakin tinggi pula dibutuhkannya kualitas riil dari produk tersebut.

3. Selalu menyajikan produk-produk baru.

Ini tidak berarti menghasilkan produk yang sama sekali baru, akan tetapi bisa pula berarti menghasilkan produk-produk hasil inovasi atau modifikasi dari produk yang sudah ada.

4. Melakukan pendekatan dengan konsumen.

Ini diistilahkan dengan custumer relationship management, yaitu serangkaian proses dan teknik untuk mengontrol hubungan konsumen.

5. Melakukan distribusi secara terintegrasi.

Pendekatan distribusi ini memadukan sistem distribusi direct, dependent dan independent.

6. Harga yang kompetitif.

Harga kompetitif tidak berarti menjual dengan harga yang murah. Sebab pihak perusahaan dapat memadukan kesiapan bersaing dengan keragaman produk yang dimiliki dengan portfolio produk yang lengkap, perusahaan bisa menjual produk dengan harga beragam sesuai permintaan konsumennya.

D. Mengatasi masalah kebangkrutan

Ada beberapa cara perusahaan dalam mengatasi masalah kebangrutan :

1. Dalam strategi diferensiasi, Domini House berusaha menjadi unik dalam industrinya pada berbagai dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli. Perusahaan menyeleksi satu atau lebih atribut yang dipandang penting oleh banyak pembeli di dalam suatu industri, dan secara unik menempatkan diri untuk memenuhi kebutuhan itu.Domini House menyediakan produk donat unik yang ebrukutan mini dengan berbagai varian rasa. Perusahaan harus mepertimbangkan sistem penyerahan produk yang digunakan untuk menjualnya, pendekatan pemasaran, dan faktor-faktor lainnya.Apabila Domini House dapat bekerja dengan baik untuk menghasilkan produk yang berkualitas maka perusahaan akan memiliki kinerja tinggi dalam industrinya. Logika dari strategi diferensiasi mengharuskan perusahaan memilih atribut untuk mendiferensiasikan diri secara berbeda dengan atribut.

2. Untuk menjaga agar perusahaan tidak oleng dan terbebas dari kebangkrutan maka perusahaan harus mampu menjaga efektifitas, efisiensi, produktivitas, dan profit perusahaan dalam keseimbangan yang tepat untuk memastikan agar perusahaan tidak sampai bangkrut.

3. Perusahaan berusaha meyakinkan para Stakeholder perusahaan; seperti bank, karyawan, pemilik saham, pemasok, customer, kantor pajak, dan yang lain – lainnya dengan sepenuh hati dan kejujuran tinggi untuk mau membantu mengerti usaha perusahaan ke arah penyembuhan total melalui dukungan langsung dan tidak langsung dari para stakeholdernya.

4. Perusahaan akan terus-menerus mengupayakan dan mendekati konsemen dengan pelayanan dan kualitas prodak yang baik agar tidak berpaling.

BAB V

STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

Strategi fungsional merupakan kegiatan-kegiatan jangka pendek yang harus dilaksanakan oleh setiap bidang fungsional dalam perusahaan guna mengimplementasikan umum pembagian spesifikasi pekerjaan yang ada di dalam suatu perusahaan. Tentu saja di dalam perusahaan Domini House bidang fungsional dalam perusahaan Domini House meliputi bebarapa bidang yaitu Bidang operasi/ produksi bertugas untuk menciptakan produk donat mini yang berkualitas yang didukung oleh beberapa faktor seperti lokasi, peralatan, persediaan, mutu, biaya dan karyawan. Bidang sumber daya manusia yang terdiri dari beberapa bagian untuk melakukan tugasnya.

Pada bidang pemasaran peran fungsi pemasaran Domini House adalah mencapai sasaran perusahaan dengan menghasilkan penjualan produk dan jasa yang menguntungkan dipasar sasaran dan dapat meningkatkan penjualan yang signifikan dengan memberikan pedoman yang menyangkut 4 komponen pokok yaitu marketing mix, product, price, promotion dan place. Dan bidang yang terakhir yaitu bidang keuangan, bidang keuangan sangat penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan yang menyangkut keputusan perusahaan dalam mengatur investasi, dana yang dikeluarkan, menghitung laba, dan mengatur sumber modal.
Kesemua faktor tersebut diharapkan dapat membantu Domini House dalam menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang untuk dapat memaksimalkan kinerja perusahaan agar memperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.


1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Manusia merupakan suatu unsur penting dalam setiap organisasi, seperti halnya Domini House sangat memrlukan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk menunjang kesuksesan usaha yang akan dijalani.

Domini House ingin menciptakan sumberdaya manusia yang handal berdasarkan bagian nya masing-masing. Adapun beberapa kebijakan yang menyangkut sumber daya manusia yang mencakup struktur organisasi,analisis jabatan, Job Description, compensation, recruitment & selection, training and development.

a)Struktur Organisasi



Direktur


b) Reqruitment and Selection

Langkah-langkah seleksi karyawan Domini House:

1. Peninjauan uraian dan spesifikasi pekerjaan

Uraian dan spesifikasi pekerjaan memiliki peranan penting dalam proses seleksi karyawan baru Domini House. Tanpa adanya hal ini proses seleksi tidak akan dapat menyeleksi karyawan yang benar-benar diperlukan. Spesifikasi pekerjaan menguraikan keterampilan, pengetahuan, dan ciri pribadi lainnya yang harus dimiliki oleh calon karyawan supaya dapat melaksanakan pekerjaan secara baik. Informasi ini menguraikan jenis orang yang diperlukan untuk mengawasi lowongan kerja.

2. Perekrutan

Perekrutan dilakukan oleh Domini House dengan tujuan agar dapat menarik minat sejumlah orang yang memenuhi syarat untuk mengisi lowongan kerja. Semakin banyak orang yang melamar pekerjaan kepada perusahaan maka perusahaan pun akan menmukan karyawan yang tepat dan ahli dalam bidang yang kami tawarkan. Ada beberapa cara yang dilakukan perusahaan untuk menarik minat calon potensial yaitu dengan menggunakan iklan lowongan kerja di media massa (koran), dan media elektronik(radio, internet). Domini House memanfaatkan juga jasa departemen personalia untuk merekrut dan melakukan seleksi terhadap calon potensial tersebut agar sesuai dengan kualifikasi yang di butuhkan oleh perusahaan.

3. Pengajuan lamaran

Domini House akan membuat formulir lamaran kerja yang menjadi titik tolak yang baik untuk menemukan para calon pelamar. Agar dapat menemukan calon pelamar yang memiliki potensi. Pengajuan lamaran bisa dilakukan secara langsung di kantor kami maupun melalui internet. Dengan cara ini perusahaan dapat mengetahui pengalaman kerja pelamar, background pendidikan, dan keahlian yang dimiliki oleh calon pelamar.

4. Wawancara awal

Wawancara awal dilakukan terhadap calon karyawan yang memenuhi syarat formal berdasarkan surat lamaran dan riwayat hidup yang disampaikan. Wawancara awal Domini House delakukan oleh departemen personalia secara langsung. Wawancara ini dimaksudkan untuk menyisihkan pelamar yang tidak memenuhi persyaratan.

5. Tes

Tes ini dirancang untuk mengukur ciri-ciri yang tidak dapat dinilai secara akurat melalui formulir lamaran (riwayat hidup) atau wawancara. Berikut ini adalah sejumlah tes yang digunakan oleh Domini House:

ü Tes Performa

Tes ini mengharuskan pelamar untuk melaksanakan bagian tertentu dari pekerjaan yang ditawarkan. Misalnya sebagai kasir, shopkeeper.

ü Simulasi

Tes ini dirancang untuk mengukur kemempuan yang disyaratkan pekerjaan tetapi pelamat tidak melakukan pekerjaan yang sesungguhny. Disini kemampuan siuji dalam lingkungan simulatif.

ü Tes tertulis

Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan mental umum seperti kemampuan matematika yang diberikan bagi pelamar pekerjaan sebagai kasir.

ü Tes kepribadian

Tes ini dirancang untuk mengetahui ciri-ciri kepribadian seperti agresivitas, motivasi, ambisi, dan kemampuan beradaptasi.

6. Pemeriksaan Referensi

Cara ini memungkinkan manajemen Domini House memeriksa latar belakang pelamar. Ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi yang berguna tentang perilaku pelamar di masa lalu. Cara ini dimaksudkan agar perusahaan dapat mengecek benar tidaknya informasi yang disediakan pelmar.

7. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan khususnya untuk beberapa jabatan tertentu. Hal inilah yang menyebabkan Domini House mengharuskan para pelamar untuk mengisi kuisioner kesehatan untuk mndapatkan surat keterangan dokter.

8. Wawancara akhir

Dalam setiap langkah seleksi para pelamar yang tidak memenuhi syarat akan berguguran. Sampai akhirnya tinggal beberapa orang yang dipandang memenuhi persyaratan minimum.

Daftar Pemeriksa Wawancara Domini House

Topik

Pertanyaan

Yang perlu diketahui

Pendahuluan

Ucapan selamat datang

Penampilan dan kesopanan

Bagaimana pelamar mengetahui adanya lowongan kerja.

Kemapuan mengungkapkan diri sendiri

Pengalaman kerja

Tugas di pekrejaansebelumnya

Relevansi dan kecukupan pengalaman kerja

Mana tugas yang paling disukai dan yang tidak disukai

Kompetensi dan keterampilan

Prestasi utama

Motivasi dan inisiatif

Masalah yang dihadapi dan cara penanganannya

Kemampuan kerja sama dengan orang lain

Alasan beralih pekerjaan

Sikap umum terhadap pekerjaan

Apa yang sudah dipelajari dari pekerjaannya selama ini

Apakah pekerjaan itu seperti yang diinginkan pelamar

Pendidikan

Pendidikan formal atau pelatihan

Relevansi dan kecukupan pendidikan atau pelatihan

Prestasi khusus

Motivasi

Asal dana pendidikan

Reaksi terhadap yang berwenang

Alasan menagmbil jurusan atau mata pelajaran, apa hubungannya dengan pekerjaan atau karier

Kerjasama dalam tim, rasa rasa bertanggung jawab, manajemen waktu.

Kegiatan Sekarang

Minat khusus atau hobi

Vitalitas

Kegaiatan kemasyarakatan

Manajemen waktu, kedewasaan dan pertimbangan

Cara menggunakan waktu senggang

Nilai dan tujuan dasar dalam hidup

9. Keputusan pengangkatan

Jika semua informasi tentang pelamar yang tersisa telah terhimpun

selama proses seleksi, selanjutnya diambil keputusan akhir tentang siapa yang akan diangkat. Asumsinya disini ada lebih dari satu orang yang memenuhi syarat.

10. Orientasi karyawan baru

Langkah akhir dalam proses seleksi yang ada dalam Donimi House adalah orientasi karyawan baru. Karyawan baru ini akan menerima orientasi tentang pekerjaan yang dilakukan, diperkenalkan dengan rekan kerja, tempat pekerjaannya, dan Domini House secara menyeluruh.

Berikut ini uraian syarat-syarat recrutment dan selection Domini House:

  1. Direktur/pemilik usaha

Kualifikasi pada posisi ini sesuai dengan kebijakan otonom dari pemilik, yang pada prinsipnya dikondisikan dengan keadaan pemilik. Semua kualifikasi yang ada pada jajaran yang ada dibawahnya diketahui dan dimiliki.

  1. Manajer

§ Pria/ wanita usia 27-35 tahun.

§ Pendidikan S2 manajemen.

§ Pengalaman minimal 2 tahun menjadi kepala bagian.

§ Memiliki jiwa leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki semangat kerja yang tinggi.

§ Dapat berbahasa inggris secara fasih.

§

  1. Departemen Riset

§ MBA/ MM jurusan pemasaran.

§ Berminat dan memahami ilmu statistik.

§ Menguasai Bahasa Inggris.

§ Pekerja tim dan memiliki kemampuan presentasi serta interpersonal
yang baik

  1. Departemen Keuangan

§ Pria/ wanita usia 28-35 tahun.

§ Pendidikan minimal S1 Akuntansi, IPK min. 3,00.

§ Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang manajemen keuangan.

§ Mampu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol keuangan dalam perusahaan, menguasai komputer serta memiliki keuletan dan kejujuran.

§ Memiliki jiwa leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki semangat kerja yang tinggi.

  1. Departemen Marketing

§ Pria/ wanita usia 28-32 tahun.

§ Pendidikan minimal S1, IPK 3,00.

§ Pengalaman minimal 3 tahun di bidang menejemen pemasaran.

§ Menguasai manajemen pemasaran,komputer (Exel, Adobe Photoshop, Corel Draw).

§ Memiliki jiwa leadership, dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki semangat kerja yang tinggi.

  1. Departemen Operasional

§ Pria/ wanita usia 28-35 tahun.

§ Pendidikan minimal S1, IPK 3,00.

§ Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang operasional perusahaan.

§ Mampu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi dan mengontrol operasional perusahaan.

  1. Departemen Personalia

§ Pria/ wanita usia 28-35 tahun.

§ Pendidikan minimal S1 manajemen/psikologi/hukum, IPK min. 3,00.

§ Pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang SDM.

§ Memiliki jiwa leadership yang tinggi, jujur, dapat berkomunikasi dengan baik.

§ Menguasai manajemen SDM, UU ketatanegaraan, komputer, benefit dan compensation dan ISO 9001:2000.

  1. Supervisor

§ Pria/ wanita usia 25-30 tahun.

§ Pendidikan S1

§ Fresh graduate, lebih diutamakan yang mempunyai pengalaman kerja.

§ Menguasai komputer, bahasa inggris, dan mamapu menguasai serta mengontrol staf karyawan.

§ Berpenampilan menarik dan dapat berkomunikasi dengan baik.

  1. Karyawan

a) Kasir

§ Wanita usia 25-28 tahun.

§ Pendidikan minimal D1 dalam bidang keuangan.

§ Fresh graduate, lebih mengutamakan yang mempunyai pengalaman kerja.

§ Dapat mengoperasikan komputer.

§ Jujur, disiplin, ramah, berpenampilan menarik.

b) Karyawan Operasional

Karyawan operasional ini dibagi menjadi dua bagian yaitu:

v Karyawan Operasional (Produksi)

§ Pria/wanita usia 20-27 tahun.

§ Pendidikan D1-D3 semua jurusan.

§ Jujur, disiplin, mau bekerja keras.

§ Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik.

§ Diutamakan yang bisa memasak dan mahir dalam mengolah resep yang baik dan berkualitas.

v Karyawan Operasional ( Karaoke dan shopkeeper)

§ Pria/wanita usia 20-27 tahun.

§ Pendidikan D1-D3 semua jurusan.

§ Jujur, disiplin, mau bekerja keras

§ Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik.

§ Dapat mengoperasikan komputer dengan baik.

c. Analisis Jabatan

Dalam melaksanakan operasi dalam Domini House tentunya harus dipenuhi salah satu syarat yaitu adanya tenaga kerja/jabatan-jabatan karyawan.Uraian jabatan-jabatan tersebut antara lain:

v Direktur/ pemilik usaha.

Posisi atau jabatan ini merupakan pelaksana tertinggi perusahaan Domini House dan langsung dipegang oleh pendiri atau pemilik perusahaanitu sendiri. Direktur mempunyai wewenang dan tanggung jawab bagi perusahaan secara keseluruhan.

v Lima departemen (riset, marketing, keuangan, operasional,personalia)

Setiap departemen mempunyai wilayah kerja, tugas, dan tanggung jawab masing-masing sesuai dengan bidangnya. Pembagian departemen ini sangatlah penting bagi Domini House guna menjunjung efektifitas dalam bekerja sehingga tujuan yang diinginkan perusahaan dapat tercapai.

v Manajer

Manajer merupakan orang yang berpengaruh dan dituntut memiliki jiwa leadership yang tinggi dan dapat bekerja sama di dalam perusahaan baik bersama atasan, departemen, supervisor maupun karyawan. Selain itu manajer merupakan orang yang harus bisa berinteraksi dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, dapat membuat sebuah keputusan (decision making) dan juga dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami perusahaan berdasarkan keputusan semua pihak yang ada dalam perusahaab Domini House.

v Supervisor

Supervisor terbagi dalam setiap divisi usaha, jumlahnya sesuai dengan kebijakan manajer divisi. Supervisor adalah posisi yang langsung berhubungan dengan kesaharian karyawan dan proses operasional perusahaan. Supervisor membawahi seluruh seluruh karyawan dan melaporkan seluruh kondisi dan penilaniannya atas operasional perusahaan kepada setiap menajer divisi.

v Karyawan

Pada posisi ini karyawan dibagi menjadi tiga macam yaitu kasir, karyawan operasional, dan produksi. Perusahaan membagi karyawan menjadi beberapa bagian dengan alasan agar setiap karyawan yang ada diperusahaan menjadi ahli yang terampil dalam bidangnya untuk menunjang produktivitas dan efektifitas dalam perusahaan Domini House.

D. Job Description

1) Direktur/ Pemilik Usaha

§ Bertanggung jawab atas semua kegiatan perusahaan.

§ Sebagai penentu wewenang/ keputusan tertinggi perusahaan.

§ Memimpin operasional perusahaan.

§ Menyusun rencana baru untuk perluasan layanan perusahaan.

§ Mengkomunikasikan rencana kepada semua departemen.

2) Manajer

§ Membagikan tugas kepada bawahannya sesuai dengan jod description masing-masing.

§ Memotivasi bawahan agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan standard yang diinginkan.

§ Bertanggung jawab dan menjamin bahwa hasil pekerjaan bawahannya telah bersinergi sedemikian rupa sehingga tercipta hasil yang baru yakni goals yg ditentukan pada awal pekerjaan.

3) Departemen Riset/ Penilaian

§ Bertanggung jawab atas perencanaan dan eksekusi pekerjaan riset serta pengelolaan semua aset informasi perusahaan.

§ Mengelola informasi/ data statistik perusahaan dari setiap periode waktu.

4) Departemen Keuangan

§ Menetapkan perkiraan keuntungan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

§ Menyusun laporan ststistik tentang kegiatan yang telah dilaksanakan den membandingkan secara periodik dengan anggaran yang telah ditetapkan.

§ Menentukan cara memperoleh dana untuk biaya ekspansi.

§ Menentukan harga yang baik.

5) Departemen Marketing

§ Mengatur produksi sebuah produk, yaitu meliputi riset pasar dan pengembangan produk, desain, serta proses uji coba.

§ Mengembangkan strategi yang dirancang untuk mengedukasi konsumen mengenai fitur-fitur utama sebuah produk, membujuk konsumen untuk membeli, dan terus meningkatkan kepuasan konsumen.

§ Mendukung pencapaian kinerja selling berupa sales dan market share serta kinerja services berupa customer satisfaction dan customer loyalty.

§ Merumuskan strategi pemasaran.

§ Menentukan peningkatan periklanan untuk meningkatkan pelayanan usaha.

6) Departemen Operasional

§ Megawasi dan bertanggung jawab terhadap operasional perusahaan.

§ Menentukan kebijakan-kebijakan terhadap proses operasional perusahaan.

§ Merencanakan dan melaksanakan layanan dalam perusahaan.

7) Departemen Personalia

§ Menetapkan kualifikasi, program reqruitment, seleksi, serta jumlah karyawan yang diperlukan.

§ Mengevaluasi kondisi dan kebutuhan karyawan.

§ Menetapkan uraian tugas bagi setiap pejabat dan karyawan.

§ Merumuskan bentuk dan struktur organisasi perusahaan dengan berkonsultasi kepada manajemen puncak (direktur).

§ Melaksanakan proses training dan development kepada karyawan.

8) Supervisor

§ Mengawasi langsung para karyawan dalam proses pelayanan jasa perusahaan.

§ Melatih karyawan di supervisi.

§ Mendisiplinkan karyawan dan membuat jadwal shift bagi karyawan.

§ Memastikan bahwa setiap karyawan telah mengikuti pelatihan kursus yang diperlukan untuk berkinerja sesuai standar perusahaan.

9) Karyawan

v Kasir

§ Menerima pembayaran dari pelanggan.

§ Menjaga keuangan yang ada padanya.

§ Menjaga harmonisasi hubungan diantara sesama karyawan dan pelanggan.

v Karyawan Operasional Donat dan Karaoke

§ Melayani kebutuhan dan keperluan pelanggan.

§ Mengurusi masalah pemakaian peralatan dan perlengkapan karaoke(khusus karyawan operasional karaoke).

§ Membarikan pelayanan yang baik, ramah, sopan, dan santun kepada pelanggan.

v Karyawan Operasional (produksi)

§ Memproduksi dan membuat resep dengan kualitas dan pembuatan yang steril agar dapat menciptakan donat yang lezat dan berkualitas.

§ Menyediakan menu andalan dan menciptakan inovasi baru dalam pembuatan donat mini.

§ Menjaga keharmonisan hubungan diantara sesama karyawan, atasan, pelanggan.

E. Compensation

Domini House memberikan kompensasi secara bulanan, hal itu berlaku untuk semuah jabatan yang ada di dalam perusahaa. Perusahaan akan memberikan insentif pada karyawan yang berprestasi.

Berikut uraian gaji perbulan pejabat dan karyawan Domini House.

Jabatan

Jumlah Gaji

Direktur

Rp.12.000.000,00

Manajer

Rp.10.000.000,00

Kepala Departemen

Rp. 8.000.000,00

Supervisor

Rp. 6.000.000,00

Karyawan:

  • Kasir

Rp. 1.500.000,00

  • Karyawan Operasional

Rp. 1.000.000,00

F. Training And Development

Jenis-jenis pelatihan Domini House:

1. Latihan Dalam Kerja (on-the-job training)

§ Magang (apprenticeship programs) merupakan latihan untuk karyawan baru Domini House yang akan dilaksanakan di dalam kelas atau di tempat pekerjaan, diatur dan dipimpin oleh manajemen personalia Domini House.

§ Instruksi kerja (job Instruction) merupakan kegiatan manajemen dalam mempersiapkan karyawan, menunjukan, dan menjelaskan pelaksanaan, melaksanakan dan mengawasi tugas-tugas yang mesti diselesaikan.

§ Latihan pendahuluan (vestibule training) merupakan latihan bagi karyawan terlatih atau setengah terlatih yang diselenggarakan terpisah dari tempat kerja.

§ Latihan Kemahiran (couching) merupakan latihan kerja dalam bentuk pengajaran yang terutama ditujukan untuk memperoleh kemahiran atau keterampilan yang spesifik.

§ Penugasan sementara, latihan kerja dalam bentuk ini dilakukan dengan penemoatan sementara karyawan untuk jangka waktu yang ditetapkan, agar karyawan tersebut belajar telibat dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.

§

2. Latihan Luar Kerja (off-the-job training)

Latihan luar kerja berbeda dengan latihan dalam kerja. Latihan ini merupakan latihan karyawan yang diselenggarakan manajemen Domini House maupun pihak lain, yang berada di luar tempat kerja.

Berikut ini merupakan latihan luar kerja yang diselenggarakan Domini House:

  • Studi kasus (case study) merupakan latihan karyawan untuk menganalisis kasus-kasus tertentu secara mendalam yang dilakukandi luar tempat kerja.
  • Kursus khusus (special courses) merupakan latihan operatif yang digolongkan sebagai program pengembangan keahlian karyawan.

2) Manajemen Operasional

Manajemen Operasi Domini House Domini House tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain, detelah merekrut sumberdaya manusia yang memenuhi kualifikasi maka Domini House juga memperhitungkan bahan baku yang digunakan untuk mengolah donat, didukung oleh lokasi yang merupakan tempat operasional sehingga perusahaan menggabungkan kesemuanya melalui pos kerja (work station) jalur operasi/jasa.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan operasional perusahaan yaitu :

  • Pembelian bahan baku

Domini House sangat memperhatikan bahan baku yang baik dan berkualitas maka dari itu Domini House memperhitungkan pemasok yang benar-benar sudah diakui kualitasnya. Domini House memiliki pemasok bahan baku dari Bread Talk salah satu perusahaan bakery yang terletak di Bandung.

  • Pengawasan persediaan

Persediaan yang ada dalam perusahaan berupa peralatan dan perlengkapan merupakan faktor utama bagi Domini House. Domini House senantiasa melakukan pengawasan dan pemeliharaanterhadap peralatan dan perlengkapan yang digunakan karena bisa saja peralatan/ perlengkapan yang digunakan telah usang dan harus diganti.

  • Penjadwalan

Domini House buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00WIB kecuali pada hari raya. Adapun dalam menejemen waktunya karyawan Domini House bekerja dibagi manjadi 2 shift yaitu pagi dan malam dengan tujuan agar karyawan dapat bekerja dengan efektif.

  • Pengawasan kualitas

Domini House Selalu mengawasi kualitas donat yang dihasilkannya dengan memperhatikan bahan baku, teknologi, tempat, dan pelayanan perusahaan dengan tujuan agar pelanggan merasa puas dan produk dapat mudah dikenal.

Facility Layout

3) Manajemen Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang

dilakukan oleh manajemen Domini House dalam usahanya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, untuk berkembang, dan mendapatkan laba.

Perusahaan berusaha untuk dapat memuaskan kebutuhan konsumen dengan pemasaran yang baik.Kegiatan pemasaran bukan semata-mata kegiatan untuk menjual barang dan jasa, karena kegiatan sebelum dan sesudahnya juga merupakan suatu kegiatan pemasaran. Adanya keinginan dan kebutuhan manusia yang menciptakan adanya pemasaran.Pemasaran harus dapat menafsirkan kebutuhan dan keinginan konsumen dan mengkombinasikan dengan data pasar seperti lokasi, jumlah dan kesukaan konsumen, sehingga dasar untuk mengadakan pengolahan bagi perencanaan produk.

a. Segmentasi

Pelayanan jasa dan produk Domini House diperuntukan untuk semua masyarakakat yang berada di daerah Bandung dan sekitarnya.

b. Targeting

Domini House memiliki terget pasar yang diperuntukan untuk semua kalangan baik anak-anak, remaja, dan dewasa sebagai tempat/ resto yang nyaman bagi semua pelanggan.

c. Positioning

Domini House menawarkan layanan produk donat mini yang bervariasi dengan layanan yang berbeda yaitu dilengkapi fasilitas karaoke dan konsep yang sedang digemari oleh masyarakat yaitu open kitchen (dapur terbuka).

Bauran Pemasaran Produk

a. Service (jasa)

Domini House selalu berusaha menciptakan pelayanan terbaik yaitu dengan menyediakan fasilitas karaoke, parkir area yang luas, dan tersedianya area hotspot yang diharapkan dapat menciptakan kenyamanan pelanggan.

Domini House juga menawarkan fasilitas layanan delivery service kepada pelanggan agar pelanggan dan menyediakan kotak suara bagi para pelanggan agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerjanya.

b.Price (harga)

Domini House menawarkan harga yang sangat terjangkau bagi semua masyarakat dengan varian rasa dan penyajian yang beragam yaitu:

  • Donat Biasa dengan berbagai topping (strwbery,BBQ,tiramisu,dll):

Harga 1 donat Rp. 1000,-

Harga 1 lusin 12.500,-

  • Donat Celup dengan fla beraneka rasa (strawbery, apel, jeruk, green tea):

Harga 1 donat Rp.2000,-
1 lusin Rp.15.000,-

  • Donat bakar:
    1 lusin Rp.25.000,-

Domini House Karaoke

Domini House meyediakan 3 buah studio karaoke dengan ukuran medium yang dikhususkan untuk keluarga dengan kapasitas 10 orang dengan

harga Rp. 50.000,-/jam.

c.Promotion (promosi)

Promosi yang dilakukan oleh Domini House yaitu dengan melakukan promosi melalui brosur, koran, dan radio karena media ini dinilai cukup efektif untuk memmpromosikan perusahaan kepada masyarakat.

d. Place (tempat)

Domini House berlokasi di Jl. Dr Setibudhi No 50, Bandung.Alasan perusahaan mendirikan Domini House di jalan Setiabudhi karena daerah ini merupakan pusat perbelanjaan yang banyak diminati oleh para pengunjung terutama factory-factory outletnya yang sering dikunjungi oleh pengunjung yang berasal dari daerah Bandung maupun di luar Bandung. Lokasi perusahaan

sangat strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan (factory outlet), sekolah, kampus, dan kantor. Selain itu akses menuju tempat ini mudah dilalui. Domini House memiliki luas sekitar 500m2 , dengan fasilitas parkir yang luas dan terdapat taman bermain anak di dalamnya.

Domini House menyediakan tempat yang sangat nyaman untuk para pelanggan dengan suasana interior ruangan yang ceria untuk kapasitas maksimal sebanyak 100 orang, tersedia toilet, mushola, fasilitas karaoke keluarga sehingga pengunjung merasa nyaman berkunjung ke Domini House.

e. Process (Proses)

Pemasaran yang dilakukan oleh Domini House yaitu dengan melakukan konsep open kitchen sehingga para pengunjung langsung dapat melihat proses pembuatan donat mini yang sedang diproduksi dan adanya fasilitas AC di setiap ruangan demi menciptakan suasana yang nyaman bagi para pengunjung.

4) Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah komponen penting bagi perusahaan Domini House yang merupakan faktor penentu dalam pengoperasian perusahaan. Manajemen keuangan ini menyangkut komposisi modal pemilik, laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, dan neraca. Kegiatan perencanaan program tidak bisa terlepas dari faktor keuangan. Oleh karena itu, perusahaan berusaha untuk dapat mengelola keuangan dengan sebaik mungkin dengan tujuan menciptakan kestabilan kondisi keuangan dan dapat dijadikan sebagai modal investasi.

Mesin dan Peralatan

Keterangan

Harga (Rp)

Mesin Pembuat Donat

Rp 15.000.000

Peralatan Pembuat Donat

Rp 10.000.000

Peralatan Karaoke/rooms

Rp 80.000.000

Perlengkapan Kantor

Perlengkapan Kantor

Jumlah yg diperlukan

Estimasi Harga

Etalase @Rp. 500.000,-

2 unit

Rp 1.000.000,-

Meja @Rp. 150.000,-

50 unit

Rp 7.500.000,-

Kursi @Rp75.000,-

50 unit

Rp 3.750.000,-

Komputer@1.500.000,-

6

Rp 9.000.000,-

Printer Nota @Rp 550.000,-

1 unit

Rp 750.000,-

Telepon @Rp 150.000,-

1 unit

Rp 150.000,-

Kalkulator @ Rp 20.000,-

3 buah

Rp 60.000,-

A.C Rp @1.000.000,-

8 unit

Rp 8.000.000,-

Total

Rp 30.210.000,-

Biaya pemasaran dan penjualan

type of factory overhead

Quantity needed

Annual cost (in Rp)

Kemasan produk (kardus)

2500@Rp 1000

Rp 2.500.000,-

Tas kresek

2500@Rp 200

Rp 500.000,-

Neon box

1 unit

Rp 750.000,-

Brosur

600@Rp 100

Rp 720.000,-

Koran

1 bln 1 x Rp 300.000

Rp 3.600.000

Total

Rp 8.070.000,-

Biaya peralatan lain

Perlengkapan lain

Jml diperlukan

Perkiraan harga(Rp)

Perizinan dan pendaftaran

1

Rp 2000.000,-

Biaya percobaan prodiksi

Rp 500.000,-

Alat tulis

Rp 300.000,-

Total

Rp 2.800.000

Biaya tenaga kerja

Posisi

Jumlah

Gaji/bulan (Rp)

Gaji/tahun (Rp)

Direktur

1

Rp 12.000.000

Rp 144.000.000

Manajer

1

Rp 10.000.000

Rp 120.000.000

Kepala Departemen

5

Rp 8.000.000

Rp 96.000.000

Supervisor

1

Rp 6.000.000

Rp 72.000.000

Karyawan

Kasir

1

Rp 1.500.000

Rp 18.000.000

Karyawan Produksi

14

Rp 1.000.000

Rp 12.000.000

Total

Rp 41.500.000

Rp 462.000.000

Biaya Overhead

Type of factory overhead

Quantity Needed

Monthly cost (Rp)

Annual Cost (Rp)

Gas

Rp 800.000

Rp 9.600.000

Listrik

Rp 400.000

Rp 4.800.000

Telepon

Rp 300.000

Rp 3.600.000

Air

Rp 400.000

Rp 4.800.000

Total

Rp 1.900.000

Rp 22.800.000

Komposisi Modal Domini House

Jenis Modal

Jumlah (Rp)

Modal Sendiri

Rp 800.000.000

Modal pinjaman

Rp 100.000.000

Jumlah Modal

Rp 900.000.000

Domini House

Income Statement

Per December 31, 2010

(in billion rupiah)

Revenue:

Operation Income…………………………………………… Rp 750.000

OtherIncome……………………………………………………...Rp 80.000 +

Total Revenue………………………………………………………………………Rp 830.000

Operation Expense:

Salaries Expense…………………….Rp 462.000

Electric and Phone Expense…………22.800

Depreciation Expense…………………… 5.000

Supplies Expense…………................... 30.210

Equipment Expense…………………..….267.800

Total Operation Expense….…………………………Rp 787.810

Miscellaneous Expense:

Interest Expense………………………Rp 2.000

Total Expenses…………………………………………………………………..(Rp 789.810)

40.190

BAB VI

PENUTUP

Beberapa tahapan telah terlampaui dalam menyusun business plan ini. Berkenaan dengan hal tersebut penulis memilih jenis usaha produksi donat dengan nama perusahaan “Domini House” yaitu perusahaan donat yang khusus memproduksi donat mini dengan fasilitas karaoke. Bisnis ini sangat efektif dalam pemasarannya karena melihat kultur budaya orang Indonesia yang kerap kali melakukan pertemuan dengan keluarga, sahabat ataupun rekan kerja dengan menyantap camilan. Donat telah menjadi suatu santapan yang culup bergengsi di kalangan masyarakat tertentu.

Banyak hal yang menjadikan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis yang bertema “Business Plan” dapat dijadikan sebagai pengetahuan yang sangat berarti bagi penulis karena dapat menambah wawasan mengenai kewirausahaan dan juga sangat membantu melatih diri menjadi wirausaha, merencanakan, menghitung, menganalisa, serta mengimplementasikan secara menyeluruh rangkaian proyek yang merupakan harapan dan tujuan seluruh mahasiswa.Perencanaan usaha yang didirikan ini memiliki banyak kekurangan maka penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun semoga suatu saat nanti penulis bisa merealisasikannya dalam kehidupan nyata dan bukan hanya sebagai suatu teori semata.

Nama : Sukmawardini Hanifah

Nim : 0807159

Prodi : Akuntansi

Kelas : A

1 comment:

  1. 1XBet
    Betting in India. It 1xbet 먹튀 can be great to find the most communitykhabar popular brands, especially ones that offer betting on sports such as football, tennis,  Rating: 1/10 · ‎Review by Riku VihreasaariWhere can I find titanium ring 1xbet?Where filmfileeurope.com can kadangpintar I find 1xbet betting?

    ReplyDelete