Heyyy...

Friday, July 3, 2009

Business pLan punya ervinah..

PROFIL PERUSAHAAN

a. Nama Perusahaan :

GREEN COFFEE

Alamat Perusahaan : Jl. Ahmad Yani no. 39 Serang

Telepon : 0254-200468

Fax : 0254-200486

E-mail : greencoffee@yahoo.com

b. Bentuk Perusahaan : Persekutuan komanditer (CV) yang terdiri dari 5 orang sekutu aktif dan 2 orang sekutu pasif.

c. Gambar Logo Perusahaan :

d. Visi Perusahaan : Menjadi center Coffee shop di Indonesia

e. Misi Perusahaan :

1. Menyediakan tempat ‘nongkrong’ yang nyaman bagi semua kalangan.

2. Menyediakan variasi kopi sebagai produk utama dan cake dengan bentuk yang unik dan menarik, serta cita rasa yang berbeda.

3. Mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

4. Membuat wahana kerja yang dinamis dan kekeluargaan dengan tidak mengabaikan keseriusan bekerja.

f. Tujuan Perusahaan :

Tujuan pemilik mendirikan Green Coffee ini ada beberapa hal, yaitu :

Ø Tujuan Jangka Pendek

Tahun 1

Promosi usaha

Bulan 1-3

· Promo melalui media-media cetak dan audio

· Memberikan harga khusus promo bagi pelanggan

· Uji produk, menawarkan secara gratis sample kopi kepada sasaran pelanggan (masih dalam tahap promo)

Bulan 4-5

Diversifikasi produk dari hasil pengujian pada bulan 1-3

Bulan 6-12

Mengembangkan pemasaran, dengan melakukan promo diluar daerah target pemasaran yang telah ada.

Ø Tujuan Jangka Menengah

Tahun pertama sampai dengan tahun kelima perusahaan sudah mampu mengembalikan modal usaha, dan melakukan ekspansi usaha dengan diversifikasi produk dan perluasan area pemasaran dengan menambah target pelanggan.

Ø Tujuan Jangka Panjang

Memperluas cakupan usaha sehingga menyebar di seluruh kota-kota di Pulau Jawa dan menjadikan produk kopi Green Coffee sebagai cita rasa kopi khas kota Serang.

g. Bidang Usaha Perusahaan :

Bidang usaha yang akan ditempuh oleh “Green Coffee” adalah sebuah kedai kopi yang menu utamanya adalah kopi yang disajikan dengan kreasi yang unik dan cita rasa yang menarik. Selain itu “Green Coffee” juga menyediakan cemilan pendamping sajian utama dengan variasi cita rasa yang sesuai dengan menu utama.

h. Struktur Organisasi :

Struktur organisasi perusahaan ini secara umum digambarkan pada bagan struktur organisasi berikut

Text Box: PerekrutanText Box: PelatihanText Box: KasirText Box: KeuanganText Box: AdvertisingText Box: ChiefText Box: WaitressText Box: Penghubung dengan pemasok Text Box: SecurityText Box: Cleaning Service

h. Modal yang Diinvestasikan :

Untuk menjalankan bisnis kedai kopi ini, perusahaan mendapatkan modal berupa dana yang berasal dari dana pribadi pendiri perusahaan sendiri dan pinjaman dari bank.

Jumlah modal yang diinvestasikan dalam bisnis ini adalah sebesar Rp. 292.500.000. dengan perincian dana sebagai berikut:

Sekutu Pasif

Heliani Goland, S.E

Rp. 70.000.000

26,42%


DeriL Festinoval

Rp. 70.000.000

26,42%

Sekutu Aktif

Ervinah, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%


Tri Ilma, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%


Ira Kartika, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%


Agung, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%


Adi Prasetya, S.pd

Rp. 25.000.000

9,43%

Pinjaman

Bank JABAR

Rp. 27.500.000

-

Total Modal Usaha


Rp. 292.500.000

100%

Pembagian keuntungan perusahaan = Persentase jumlah modal disetor x laba bersih

Catatan : bila terjadi kerugian maka tidak ada pembagian keuntungan.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Segala sesuatu terjadi di dunia ini tentulah memiliki latar belakang yang mendasarinya. Begitu pula dengan rencana yang ada dipikiran penulis untuk membuat sebuah usaha yang didasari peluang perkembangan bisnis café di kota-kota besar. Prospek usaha kedai kopi pada kota-kota besar merupakan bisnis yang sudah banyak ditemui, karena itu kami berniat mendirikan sebuah usaha di kota yang jarang ditemui bisnis seperti ini. Alasan Kami memilih lokasi Serang adalah selain karena alasan tersebut, penulis berfikir bahwa semua kalangan menginginkan tempat berkumpul yang nyaman dan santai dengan suasana yang berbeda dari kedai atau tempat tongkrongan yang lain.

Oleh karena itu, kami mendirikan sebuah kedai kopi di kota Serang dengan menghadirkan nuansa yang berbeda, nuansa yang kami hadirkan adalah nuansa alam hijau sesuai dengan nama kedainya yaitu “Green Coffee”. Penulis mengambil konsep nuansa alam hijau karena disamping cuaca di kota serang yang cukup panas, nuansa yang hijau dan asri juga sangat cocok bagi orang-orang yang ingin melepas kepenatan dari kegiatan sehari-hari yang menguras tenaga dan pikiran.

Kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah bisnis ini dijalankan terutama sebagai media pengembangan kemampuan bisnis penulis dan tentunya mengharapkan profit atas kegiatan perusahaan.

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

Untuk memulai bisnis ini, penulis telah menganalisis hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini. Dalam mengantisipasi hal-hal tersebut, penulis menganalisis melalui 3 metode, yaitu :

  1. Analisis 5 Pelaku Utama dalam Bisnis
  2. Analisis SWOT/TOWS
  3. Analisis POAC

Di bawah ini akan dijabarkan hasil analisis penulis dengan 3 metode yang telah dilakukan.

  1. Analisis 5 Pelaku Utama dalam Bisnis

a. Company (Perusahaan)

· Penguasaan Pangsa Pasar

Sebagai perusahaan yang baru didirikan, perusahaan mengerti bahwa pasar yang ada belum banyak dikuasai oleh para pesaing yang melakukan bisnis serupa, walaupun begitu bukan hal mudah untuk menjadikan bisnis ini terus bertahan.

Para pesaing cenderung memiliki dan menguasai pasarnya masing-masing. Ada pesaing yang khusus melayani konsumen kelas atas, ada pesaing yang mengonsentrasikan kegiatan bisnisnya untuk konsumen kelas menengah, dan ada pula pesaing yang hanya memfasilitasi konsumen tingkat bawah. Melihat kecenderungan para pesaing yang banyak melakukan segmentasi terhadap konsumen baik secara demografis dan psikografis, perusahaan melihat celah yang bisa dimanfaatkan untuk merebut pasar dari tangan para pesaing. Cara tersebut adalah dengan tidak melakukan segmentasi terhadap konsumen, baik secara demografis ataupun secara psikografis.

· Modal Perusahaan

Modal yang digunakan untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu besar, tapi penulis beranggapan bahwa jumlah dana yang dipergunakan cukup untuk memulai menjalankan bisnis ini. Adapun sumber modal berasal dari modal pribadi dan pinjaman dari bank.

· Sumber Daya Manusia

Perusahaan akan berusaha mencari sumber daya manusia yang tinggi kualitasnya dari segi fisik dan juga kepribadian.

Kriteria pegawai yang diterima oleh perusahaan sebagai pegawai adalah :

v Dilihat dari segi fisik

ü Sehat dan tidak cacat fisik

ü Mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bagiannya masing-masing

ü Berpenampilan menarik khususnya untuk waiters.

v Dilihat dari segi kepribadian

ü Beriman kepada Allah SWT

ü Pekerja keras

ü Bertanggung jawab

ü Professional

ü Disiplin, dll.

· Teknologi

Dalam menjalankan kegiatan produksi ataupun pemasarannya, perusahaan tidak terlalu banyak menggunakan teknologi yang canggih ataupun mutakhir. Teknologi yang digunakan adalah teknologi standar dalam pengolahan coffee dan cake serta cetakan-cetakan unik pembentuk cake.

· Kualitas Produk

Perusahaan akan berusaha membuat menu coffee dan cake yang dapat memenuhi keinginan konsumen dan juga dapat memuasakan konsumen. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem quality control. Dengan sistem ini, diharapkan kualitas kopi dapat terjamin, dan kepuasan konsumen dapat dicapai dengan optimal.

· Diferensiasi

ü Diferensiasi produk

Green coffee adalah sebuah kedai yang menyajikan menu utamanya kopi, namun kopi yang disajikan oleh green coffee berbeda dengan yang disajikan oleh kedai kopi lainnya, kopi yang disajikan di green coffee disajikan secra unik karena dihias sedemikain rupa agar terlihat lebih menarik agar para consume tertarik untuk mencobanya dan yang lebih penting adalah kopi di green coffee memiliki cita rasa yang berbeda karena green coffee mengambil robusta jenis bali sebagai bahan dasarnya, kopi tersebut tidak diragukan lagi kenikmatannya.

Green coffee berencana akan membuat produk baru setiap tahunnya, agar para konsumen tidak bosan dalam menikmati kopi yang ada di green coffee.

ü Diferensiasi Pelayanan

Dalam hal pelayanan green coffee berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, pelayanan tersebut berbeda dengan kedai kopi pada umumnya, green coffee menyajikan suasana yang asri dan segar karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang hijau sehingga konsumen akan merasa berada dirumah sendiri, selain itu green coffee menerapkan system 3S bagi para pegawainya yaitu Senyum, Salam, dan Sapa, diharapkan dengan diterapkannya system 3S tersebut para konsumen nyaman mengunjungi green coffee.

b. Customer (Konsumen)

Konsumen didaerah Serang dapatdikelompokkan berdasarkan psikografis. Dilihat dari gaya hidup (yang merupakan salah satu segmentasi berdasarkan psikografi), konsumen dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

· Konsumen tingkat atas

· Konsumen tingkat menengah

· Konsumen tingkat bawah

Untuk merebut pasar yang telah dikuasai oleh para pesaing, perusahaan menerapkan cara tidak menerapkan segmentasi terhadap konsumen sehingga diharapkan target konsumen relatif banyak.

Meninjau tingkat loyalitas konsumen secara umum, perusahaan beranggapan bahwa tingkat loyalitas konsumen tidak perlu dikhawatirkan, mengingat di daerah ini para konsumen cukup memperhatikan harga produk dan kualitas baik produk maupun pelayanan. Oleh karena itulah, perusahaan berusaha agar selalu memuaskan dan memenuhi keinginan konsumen dengan menyediakan menu coffee dan cake yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen.

c. Competitor (Pesaing)

Walaupun kedai kopi di kota Serang keberadaanya belum cukup banyak, namun sudah terdapat beberapa pesaing yang tentunya mempunyai pengalaman yang banyak dalam menghadapi konsumen di daerah ini yang memiliki tingkat loyalitas pelanggan yang cukup tinggi. Beberapa pesaing utama perusahaan ini antara lain:

  • S’RIZKY, dimana perusahaan ini juga bergerak dibidang yang sama yaitu dengan produk utamanya kopi, selain sudah dikenal oleh masyarakat luas, kopi yang ditawarkan juga beraneka ragam dengan mengambil berbagai jenis kopi pilihan. S’RIZKY sudah lama berdiri sehingga dalam pengusaan pasar tidak diragukan lagi, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas sudah mengenal kenberadaan S’RIZKY, produknyapun tidak hanya kopi, ice cream serta soft drink disajikan disini. Dalam penetapan harga, harga di S’RIZKY bervariasi mulai dari yang murah hingga yang termahal tergantung dari apa yang dipesan.
  • Warung Kopi Ma’Inah, warung kopi ini menyediakan kopi dengan berbagai makanan kue tradisional yang digemari oleh masyarakat sekitar, dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau menjadikan warung kopi ini banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan khususnya kalangan menengah ke bawah.

Melihat kriteria pesaing-pesaing utama perusahaan, oleh karena itu Green Coffee mencoba menawarkan produk dan pelayanan-pelayanan yang berbeda dari kedai kopi yang lainnya seperti fasilitas pelalayanan yang menarik serta suasana rindang dan hijau yang bisa membuat konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama di Green Coffee.

d. Center (Pemasok)

Untuk pemasok sendiri, Green Coffee akan mengadakan kerja sama dengan pemasok bahan baku terpilih. Pemasok sendiri berasal dari dalam negreri Green Coffee memilih pemasok dari dalam negeri karena green coffee menginginkan produk bahan baku dari hasil alam sendiri. Adapun kopi yang kami gunakan adalah kopi robusta jenis bali yang diambil dari salah satu perkebunan di kota Bandung. Alasan kami memilih kopi tersebut karena selain kopi robusta tidak asing bagi lidah orang Indonesia kopi ini juga memiliki kualitas dan cita rasa yang tinggi.

Berikut target pemasok bahan baku Green Coffee:

1. Perkebunan kopi di daerah Bandung

2. Peternak sapi perah di Lembang-Bandung

3. Perkebunana buah-buahan di daerah Bandung

4. Pabrik gula di daerah Jawa Timur

5. Pabrik gandum di Jakarta

6. Perkebunan Coklat di Subang-Jawa Barat

7. Madu dari Lembang-Bandung

e. Change (Kekuatan perusahaan dalam mengadaptasi lingkungan)

Pada bagian ini akan dianalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dalam mengadaptasi lingkungan.

· Kekuatan :

    1. Kualitas terjamin
    2. Cita rasa bervariasi dengan bentuk yang unik
    3. SDM yang professional
    4. Harga terjangkau
    5. Bahan baku yang mudah di dapat karena berasal dari dalam negeri

· Kelemahan :

1. Perusahaan yang masih baru

2. Harga bahan baku khususnya kopi dan coklat yang relative mahal

3. Sulitnya mencari SDM yang terampil, khususnya untuk bagian cheef

· Peluang :

1. Pangsa pasar yang masih luas

2. Pesaing besar relatif terbatas

3. Mengembangkan bidang usaha

· Ancaman :

1. Munculnya variasi minuman yang berbahan dasar kopi

2. Munculnya pesaing baru yang membentuk usaha dibidang yang sama

  1. Analisis SWOT


Strengths (S)

1. Kualitas terjamin

2. Cita rasa bervariasi dengan bentuk yang unik

3. SDM yang professional

4. Harga terjangkau

5. Bahan baku yang mudah di dapat karena berasal dari dalam negeri

Weaknesses (W)

1. Perusahaan yang masih baru

2. Harga bahan baku khususnya kopi dan coklat yang relative mahal

3. Sulitnya mencari SDM yang terampil, khususnya untuk bagian cheef

Opportunities (O)

1. Pangsa pasar yang masih luas

2. Pesaing besar relatif terbatas

3. Mengembangkan bidang usaha

Mememaksimalkan layanan terhadap pangsa pasar yang masih luas dengan pelayanan dari SDM yang berkualitas serta pemanfaatan bahan baku yang mudah didapat. Jika perusahaan telah berkembang dan dikenal luas oleh konsumen, maka perluasan pasar dengan membuka cabang dapat dilaksanakan ataupun dengan mengembangkan bidang usaha lainnya yang sejenis.

Pelayanan yang maksimal terhadap konsumen atas produk ataupun pelayanan yang bersifat “person to person” dapat menarik perhatian sehingga pasar mau beralih kepada perusahaan. Mendirikan cabang di kota lain dapat memperjelas pasar dengan menarik konsumen di kota lain.

Threats (T)

1. Munculnya variasi minuman yang berbahan dasar kopi

2. Munculnya pesaing baru yang membentuk usaha dibidang yang sama

Memaksimalkan kualitas produk sehingga dapat menyaingi pesaing. Kalau memungkinkan, tekan harga produk agar konsumen tertarik. SDM yang ada harus dimaksimalkan agar tidak membuat kesalahan seperti yang pernah dilakukan pesaing.

Maksimalkan usaha untuk segera memperoleh pasar yang pasti agar segera dapat menyaingi pesaing dan segera mendapatkan pengalaman di bisnis ini.

3. Analisis POAC

a. Planning

Penulis berencana mendirikan sebuah kedai kopi yang diberi nama Green Coffee pada tahun 2010 mendatang yang digawangi oleh Ervinah dan keempat sahabatnya yaitu Tri Ilma, Agung, Ira Kartika, dan Adi Prasetia yang nantinya akan menjalankan perusahaan, dan 2 sahabat lainnya yaitu Heliani dan Deril Festinoval yang hanya menginvestasikan modalnya tanpa ikut terjun langsung keperusahaan. Green coffee merupakan kedai kopi yang menu utamanya adalah kopi,. Adapun tujuan didirikannya green coffee adalah penulis ingin menghadirkan tempat berkumpul yang nyaman dan santai dengan suasana yang berbeda dari kedai atau tempat tongkrongan yang lain bagi semua kalangan di kota Serang. Hal ini dilakukan karena penulis berfikir bahwa tempat-tempat tongkrongan yang berada di kota Serang pada umumnya memiliki konsep yang sama, karena itulah green coffee ingin menyajikan suasana berbeda dari tempat-tempat yang lain dengan suasana alam yang rindang dan asri, diharapkan dengan konsep yang penulis buat para konsumen dari berbagai kalangan dapat singgah di green coffee.

Untuk memulai usaha ini tidak hanya melakukan perencanaan operasional penulis juga melakukan perencanaan dalam hal keuanagan dengan cara memeperkirakan pendapatan yang diperoleh serta beban-beban yang ditanggung perusahaan selama 3 tahun mendatang, ini dilakukan dengan tujuan agar perusahaan bisa mengetahui perkiraan laba yang akan didapat tipa tahunnya serta perbandingan laba 3 tahun yang akan datang. Diharapkan dengan perencanaan tersebut perusahaan yang penulis tancang bias berjalan dengan baik.

b. Organizing

Dalam pengorganisasian penulis menggambarkannya dalam struktur organisasi berikut : :

Text Box: PerekrutanText Box: PelatihanText Box: KasirText Box: KeuanganText Box: AdvertisingText Box: ChiefText Box: WaitressText Box: Penghubung dengan pemasok Text Box: SecurityText Box: Cleaning Service

Job Description manajer atau pemilik perusahaan di antaranya :

· Menetapkan tujuan jangka panjang maupun jangka pendek dalam lingkup perusahaan

· Menyediakan modal dalam bentuk barang, dana modal, sumber daya manusia, dan lain-lain yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan bisnis perusahaan

· Mencari strategi umum yang dapat dilakukan untuk memajukan perusahaan

· Melakukan pengawasan secara umum terhadap jalannya kegiatan perusahaan

· Memberikan contoh yang baik terhadap pegawai

· Melakukan koordinasi dengan setiap pihak yang ada dalam perusahaan

· Kepala Bagian Sumber Daya Manusia

Job description :

· Memimpin bagian sumber daya manusia dalam menjalankan aktivitasnya

· Melakukan pengendalian terhadap pegawai

· Melakukan pengawasan terhadap pegawai

· Memberikan kompensasi yang berhubungan dengan pekerjaan terhadap pegawai

· Melakukan koordinasi dengan setiap pihak yang ada dalam perusahaan

· Kepala Bagian Keuangan

Job description :

· Memimpin bagian keuangan dalam menjalankan aktivitasnya

· Melakukan pengendalian terhadap keadaan keuangan perusahaan

· Melakukan pengawasan terhadap keadaan keuangan perusahaan

· Melakukan koordinasi dengan setiap pihak yang ada dalam perusahaan

· Kepala Bagian Operasional

Job description :

· Memimpin bagian operasional dalam menjalankan aktivitasnya

· Melakukan pengendalian terhadap kegiatan operasional perusahaan

· Melakukan pengawasan terhadap kegiatan operasional perusahaan

· Melakukan koordinasi dengan setiap pihak yang ada dalam perusahaan

· Kepala Bagian Pemasaran

Job description :

· Memimpin bagian pemasaran dalam menjalankan aktivitasnya

· Melakukan pengendalian terhadap kegiatan pemasaran perusahaan

· Melakukan pengawasan terhadap kegiatan pemasaran perusahaan

· Melakukan koordinasi dengan setiap pihak yang ada dalam perusahaan

c. Actuating

Setelah diadakan perencanaan yang matang maka usaha tersebut direalisasikan, dalam menggerakan usaha tersebut green coffee selalu mengacu pada rencana yang sudah penulis buat sebelumnya. Pengorganisasian yang sudah dibuat dijalankan dan diterapkan sesuai dengan jobdesnya masing-masing, sehingga dengan penggerakan yang menagcu dan mendasari perencanaan yang telah dirancang sebelumnya oleh penulis, diharapkan usaha green coffee dapat berkembang pesat dan merambah di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.

d. Controling

Penggerakan apabila tidak di sertai dengan control yang baik tidak akan berjalan, oleh karena itu pengawasan atau controlling sangat penting dalam suatu usaha, karena dengan adanya pengawasan diharapkan bisa memperkecil segala risiko yang akan diterima oleh perusahaan. Demikian juga halnya dengan green coffee. Green coffee juga melakukan pengawasan pada setiap bidang yang ada, diantaranya bagian pemasaran, bagian keuangan, bagian operasional dan bagian sumber daya manusia (SDM). Setiap kepala bagian memberi control pada staffnya masing-masing hal ini dilakukan agar tidak adanya penyelewengan dalam perusahaan.

STRATEGI PERUSAHAAN/BISNIS

Berdasarkan hasil Analisis Lingkungan Bisnis yang telah dijabarkan di atas, penulis telah menyusun strategi-strategi yang dapat ditempuh agar perusahaan dapat bersaing di pasaran. Strategi-strategi tersebut adalah :

  1. Meningkatkan produksi

Strategi yang digunakanoleh Green Coffee untuk meningkatkan pelanggan salah satunya dengan meningkatkan produksi, agar produksi meningkat kami akan menambah sumber daya manusia (SDM) yang professional dalam membuat dan meracik kopi.

  1. Memperbesar usaha dengan cara :

· Membuka cabang di tempat-tempat strategis yang ada dikota serang

· Mendirikan cabang di kota lain untuk memperluas pasar seperti Jakarta yang direncanakan pada tahun 2011.

  1. Mengatasi pesaing dengan cara :

· Memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen agar mereka puas dan mau mengunjunginya kembali

· Menggunakan pegawai yang tinggi kualitasnya agar cita rasa kopi yang dihasilkan menggugah para konsumen.

· Maksimalkan potensi-potensi yang ada pada perusahaan sehingga dapat menarik para konsumen untuk menggunakan produk perusahaan.

· Memperkaya menu makanan yang ditawarkan sebagai pelengkap menu utama yaitu coffee

  1. Mengatasi masalah kebangkrutan dengan cara :

· Tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukan oleh pesaing.

· Melakukan control pada setiap manajemen.

· Memperluas pasar.

· Memaksimalkan modal yang terbatas.

STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu modal yang amat penting bagi berjalannya suatu kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis tidak mungkin akan berjalan tanpa adanya sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu kualitas kegiatan bisnis nantinya.

Mengingat pentingnya peran sumber daya manusia, maka perusahaan menganggap penanganan masalah sumber daya manusia ini patut menjadi salah satu hal yang harus sangat diperhatikan oleh perusahaan. Karena itu pula, perusahaan perlu membuat manajemen yang mengatur masalah sumber daya manusia ini. Tingkat manajemen fungsional yang akan mengatur segala hal tentang sumber daya manusia adalah Kepala Bagian Sumber Daya Manusia.

Jumlah tenaga kerja yang dibuuhkan untuk kedai kopi ini terdiri dari 5 orang pegawai kantor yang terdiri dari 1 orang manajer dan 4 orang kepala bagian, 10 orang petugas lapangan, yang terdiri dari 1 orang kasir yang bertugas menghitung pembayaran sesuai pesanan pelanggan. 3 orang karyawan chief yang bertugas mengolah bahan baku sesuai dengan proporsi yang telah diuji coba sebelumnya dan menyajikannya sesuai dengan menu pesanan, serta membuat cake yang sesuai dengan pesanan. 4 orang Waitress yang bertugas melayani konsumen dengan memberikan daftar menu kepada pelanggan yang datang dan memperkenalkan menu-menu yang ada serta mengantarkan pesanan kepada konsumen, 1 orang cleaning service yang bertugas membersihkan lantai di seluruh bagian Green Coffee, meja dan kursi serta peralatan kitchen set , dan 1 orang Securities yang bertugas menjaga keamanan di lingkungan perusahaan.

Untuk meningkatkan keterampilan karyawan khususnya pegawai baru perlu ditambah bekal keterampilan dengan mengadakan pelatihan terhadap pegawai baru tersebut, baik yang sudah berpengalaman ataupun belum berpengalaman. Sejak masuk karyawan sudah menandatangani kontrak perjanjian yang berisi hak dan kewajiban termasuk sanksi pelanggaran .

Di bawah ini dicantumkan daftar kompensasi atau gaji pegawai.

No

Jabatan

Kompensasi

1

Manajer

Rp 2,300,000

2

Kepala Bagian

Rp 1,800,000

5

Bagian Kasir

Rp 1,000,000

7

Chief

Rp 1,300,000

8

Waitress

Rp 800,000

9

Cleaning Service

Rp 700,000

10

Security

Rp. 800.000

2. Manajeman Operasional

· Produksi

Dalam melakukan kegiatan tersebut, tentunya harus diperhatikan prosedur pelaksanaan kegiatan yang umumnya dipakai. Di bawah ini digambarkan alur prosedur kegiatan perusahaan.

Sebagai tempat melakukan kegiatan operasional perusahaan, komposisi ruangan yang ada turut menentukan lancar tidaknya proses suatu kegiatan. Di bawah ini digambarkan lay out denah ruangan yang ada dalam perusahaan.

Keterangan:

1. Pintu masuk 7. Wc karyawan

2. Indoor 8. Ruang administrasi/kantor

3. Outdoor 9. Dapur

4. Meja bar dan kasir 10. Gudang

5. Wc dalam 11. Wc luar

6. Ruang karyawan

3. Manajemen Pemasaran

Untuk memperjelas dalam melakukan pemasaran produk kepada konsumen, di bawah ini dijabarkan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning) perusahaan dan juga bauran pemasaran (Marketing Mix) yang menjadi dasar bagi perusahaan dalam melakukan pemasaran.

Ø Segmentasi

· Segmentasi berdasarkan geografis

Secara geografis, karena perusahaan terletak di kota Serang, otomatis konsumen tidak akan jauh dari masyarakat Serang dan sekitarnya, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat konsumen dari kota-kota lain yang datang ke green coffee.

· Segmentasi berdasarkan demografis

Segmentasi berdasarkan demografis berdasarkan usia

Berdasarkan usia, jelas bahwa kegiatan bisnis perusahaan ditujukan dan diperuntukkan untuk usia dewasa.

· Segmentasi berdasarkan psikografis

Dilihat dari gaya hidup (yang merupakan salah satu segmentasi berdasarkan psikografi), konsumen dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

· Konsumen tingkat atas

· Konsumen tingkat menengah

· Konsumen tingkat bawah

Untuk merebut pasar yang telah dikuasai oleh para pesaing, perusahaan menerapkan cara tidak menerapkan segmentasi terhadap konsumen sehingga diharapkan target konsumen relatif banyak.

Ø Targeting

Semua kalangan masyarakat Serang, khususnya masyarakat pecinta kopi

Ø Positioning

Chalange Market pada bisnis coffee shop di kota Serang.

Ø Marketing Mix

- Product

Produk yang akan dipasarkan oleh perusahaan adalah produk coffee dan menu pelengkap lain, yaitu :

1. Produk coffee

* Ice coffee

* Love Coffee

Merupakan produk coffee dengan perpaduan rasa antara kopi dengan coklat krim dan buah strawberry yang segar.

* Global coffee

Merupakan produk coffee yang disajikan hangat dipadu dengan susu vanilla dan krim coklat yang lezat.

* Fruit coffee

Merupakan produk coffee dengan rasa buah-buahan yang segar sesuai dengan rasa yang diinginkan diproses secara fresh sehingga menghasilkan rasa yang berbeda.

* Honey coffee

Merupakan produk coffee dengan campuran es krim dan madu dengan rasa yang fantastic.

* Flower coffee

Merupakan produk coffee yang dicampur dengan jus segar serta krim coklat diatasnya menambah kemeriahan rasa yang unik,disajikan dingin.

* Banana coffee

Merupakan campuran coffee dengan pisang segar pilihan ditambah dengan ice cream rasa pisang menambah kesegaran di siang hari anda.

* Cream coffee

Merupakan coffee yang dibalur dengan krim coklat dan campuran ice cream segar menambah keceriaan di setiap percakapan.

* Couple coffee

Merupaka coffee yang dicampur dengan coklat dan susu serta jus apel segar.

* Mellow coffee

Merupakan coffee dipadu dengan jus melon dan susu murni.

* Hot coffee

* Dark coffee

Merupakan produk coffee hitam dicampur dengan gula untuk mempermanis rasa dan aroma.

* Brown coffee

Merupakan produk coffee yang diolah dan di mix dengan gula serta coklat pilihan menciptakan warna coklat yang cerah dan menarik dan rasa yang nikmat.

* Milk coffee

Merupakan produk coffee yang dipadu dengan susu murni dan gula pilihan.

* Chocho

Singkatan dari chocolate coffee, yaitu campuran kopi dan coklat dengan sedikit madu untuk memperkuat rasa.

* Magic coffee

Singkatan dari mango ginger coffee, yaitu produk coffee yang dipadu dengan buah mangga segar ditambah dengan jahe serta madu yang mempermanis lidah.

* Bule coffee

Singkatan dari buah lemon, maksudnya adalah produk coffee yang di campur dengan perasan buah lemon untuk memperhangat suasana.

2. Menu Pelengkap

* Rose Cake

Cake coklat dengan tambahan madu serta milk segar disajikan dengan bentuk hati, cocok untuk konsumen yang membawa pasangan.

* Yummy Cake .

Cake coklat dengan ice cream diatasnya ditaburi dengan buah-buahan yang segar, rasanyapun yummi..

* Chocolate cake

Cake coklat dengan campuran selai coklat dan ice creamrasa coklat diatasnya mempermanis rasa dan suasana.

* Sweet cake

Cake pisang dilumuri susu dan madu serta taburan pisang diatasnya menambah keunikan rasa bagi para pecinta banana.

* Sun cake

Cake kopi dengan campuran coklat dan milk, disajikan dengan bentuk bunga yang unik dan rasanyapun tidak kalah unik dengan bentuknya.

* Maestro cake

Cake dengan campuran buah mangga dan susu member rasa yang khas disetiap gigitan.

* Creamy cake

Cake dengan cream coklat dan susu di tambah fla berbagai buah sesuai selera yang dipesan.

* Cha-cha

Cha-cha singkatan dari caramel cake,cake dicampur dengan caramel dan cream coklat.

* Rolesto cake

Cake coklat berbentuk roll dengan isi selai buah-buahan sesuai dengan selera pemesan.

- Price

Harga dari produk-produk yang akan dipasarkan itu adalah sebagai berikut :

Menu

Harga satuan

(Rp)

· Ice Coffee :


Love coffee

10000

Global coffee

9000

Fruit coffee

10000

Honey coffee

10000

Flower coffee

9500

Banana coffee

8000

Cream coffee

9500

Couple coffee

10000

Mellow coffee

9000

· Hot coffee :


Dark coffee

5000

Brown coffee

6000

Milk coffee

6000

chocho coffee

7500

Magic coffee

6000

Bule coffee

6000

· Cake :


Rose cake

9000

Yummy cake

9500

Chocolate cake

9000

Sweet cake

9000

Sun cake

8500

Maesto cake

8500

Creamy cake

9000

Cha-cha cake

8500

Rolesto cake

8500

- Place

Tempat pemasaran produk-produk tersebut adalah di Green Coffee yang beralamat di Jalan Ahmad Yani no. 39 Serang

- Promotion

¨ Promosi Pemasaran

Media yang akan digunakan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk adalah :

-Media cetak à surat kabar : Harian Banten

-Media Elektronik à radio : Dimensi FM

- Pamflet

- Spanduk

¨ Promosi Penjualan

- Memberikan voucher diskon produk kopi pada minggu pertama pembukaan usaha.

- Diadakan semacam voucher member bagi pelanggan tetap untuk memeproleh potongan harga dan penawaran khusus, pada saat-saat tertentu seperti launching menu baru .

- Memberikan diskon istimewa bagi pelanggan yang mengadakan acara-acara khusus, seperti ulang tahun, meeting, reunian, acara keluarga, dls.

4. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan salah satu manajemen yang sangat penting untuk diperhatikan dalam jalannya kegiatan bisnis. Di bawah ini penulis cantumkan beberapa hal mengenai keuangan yang ada dalam bisnis kedai ini.

Modal yang digunakan untuk menjalankan bisnis ini berasal dari modal pribadi pemilik perusahaan dan pinjaman bank sebesar Rp. 292.500.000. Dengan rincian sebagai berikut:

Sekutu Pasif

Heliani Goland, S.E

Rp. 70.000.000


DeriL Festinoval S.pd

Rp. 70.000.000

Sekutu Aktif

Ervinah, S.E

Rp. 25.000.000


Tri Ilma, S.E

Rp. 25.000.000


Ira Kartika, S.E

Rp. 25.000.000


Agung, S.E

Rp. 25.000.000


Adi Prasetya, S.pd

Rp. 25.000.000

Total Modal Pemilik Perusahaan

Rp. 265.000.000

Pinjaman

Bank JABAR

Rp. 27.500.000

Total Modal Usaha

Rp. 292.500.000

Rincian Aktiva Perusahaan Awal Pendirian

No

Nama

Jumlah

Ket

1

Komputer

Rp. 8.000.000

2 set @ Rp. 4.000.000

2

Printer

Rp. 1.000.000

2 set @ Rp. 500.000

3

Cash Machine

Rp. 5.000.000

1 unit @ Rp 5.000.000

4

Coffee Machine

Rp. 6.000.000

1 unit @ Rp. 6.000.000

5

Oven

Rp. 1.000.000

1 unit @ Rp. 1.000.000

6

Kitchen Tools

Rp. 70.000.000

1 set @ Rp. 70.000.000

7

Small Table

Rp. 3.600.000

12 set @ Rp. 300.000

8

Long Table

Rp. 4.500.000

9 set @ Rp 500.000

9

Chairs

Rp. 12.000.000

60 set @ Rp. 200.000

10

Freezer

Rp. 5.000.000

1 set @ Rp. 5.000.000

11

Sound System

Rp. 5.000.000

1 set @ Rp. 5.000.000

12

Other

Rp. 10.000.000

-


Total Aktiva

Rp. 131.100.000


Perhitungan Gaji Pegawai per bulan

No

Jabatan

Kompensasi

Jumlah Pegawai

Jumlah Kompensasi

1

Manajer

Rp 2,300,000

1

Rp 2,300,000

2

Kepala Bagian

Rp 1,800,000

4

Rp 7,200,000

3

Kasir

Rp 1,000,000

1

Rp 1,000,000

4

Chief

Rp 1,300,000

3

Rp 3,900,000

5

Security

Rp. 800.000

1

Rp 800,000

6

7

Waiters

Cleaning Service

Rp 800,000

Rp 700.000

4

1

Rp 3,200,000

Rp 700.000

Total Salaries Expense

Rp 19.100.000

Perkiraan biaya bahan baku tiap tahun:

Keterangan

2010

2011

2012

Jumlah (kg/Lt)

Harga

Total

Jumlah (kg/Lt)

Harga

Total

Jumlah(kg/Lt)

Harga

Total

(Rp)

(Rp)

(Rp)

(Rp)

(Rp)

(Rp)

Bahan baku kopi










Kopi

720

55000

39600000

774

55000

42570000

796

55000

43780000

Gula

1188

5500

6534000

1296

5500

7128000

1332

5500

7326000

Susu

1440

5000

7200000

1800

5000

9000000

1980

5000

9900000

Coklat

1260

40000

50400000

1440

40000

57600000

1440

40000

57600000

Madu

540

35000

18900000

720

35000

25200000

810

35000

28350000

Telor

360

11000

3960000

540

11000

5940000

630

11000

6930000

Buah-buahan



7020000



7070000



8000000

Bahan baku cake










Terigu

3960

7000

27720000

4320

7000

30240000

4500

7000

31500000

Gula

5940

5500

32670000

6660

5500

36630000

6732

5500

37026000

Telur

2520

11000

27720000

2745

11000

30195000

2858

11000

31438000

Coklat

1800

40000

72000000

1980

40000

79200000

2070

40000

82800000

Susu

1800

5000

9000000

2160

5000

10800000

2340

5000

11700000

Buah-buahan



7000000



7300000



7450000

Lain-lain



23760000



25920000



27000000

Total



333484000



374793000



390800000

Perkiraan perhitungan biaya variable untuk setiap tahunnya:

Keterangan

2010 (Rp)

2011 (Rp)

2012 (Rp)

Biaya bahan baku

333,484,000

438,423,000

390,800,000

Total biaya

333,484,000

438,423,000

390,800,000

Perkiraan perhitungan biaya tetap untuk setiap tahunnya:

Keterangan

2010 (Rp)

2011 (Rp)

2012 (Rp)

Biaya gaji pegawai

229,200,000

229,200,000

229,200,000

Biaya sewa gedung

36,000,000

36,000,000

36,000,000

Total biaya

265,200,000

265,200,000

265,200,000

Berikut ini dicantumkan perkiraan pendapatan tahun pertama operasional perusahaan (Bulan Januari-Desember).

Thn

Menu

Jumlah Barang

Harga satuan

Perkiraan

(Rp)

Pendapatan (Rp)

2010

· Ice Coffee





Love coffee

3600

10000

36000000


Global coffee

2880

9000

25920000


Fruit coffee

3240

10000

32400000


Honey coffee

3960

10000

39600000


Flower coffee

2880

9500

27360000


Banana coffee

2520

8000

20160000


Cream coffee

2520

9500

23940000


Couple coffee

2880

10000

28800000


Mellow coffee

2880

9000

25920000


· Hot coffee





Dark coffee

1800

5000

9000000


Brown coffee

2160

6000

12960000


Milk coffee

1800

6000

10800000


chocho coffee

2520

7500

18900000


Magic coffee

1800

6000

10800000


Bule coffee

2160

6000

12960000


· Cake





Rose cake

4320

9000

38880000


Yummy cake

5400

9500

51300000


Chocolate cake

5040

9000

45360000


Sweet cake

4320

9000

38880000


Sun cake

4680

8500

39780000


Maesto cake

3960

8500

33660000


Creamy cake

3600

9000

32400000


Cha-cha cake

4320

8500

36720000


Rolesto cake

3960

8500

33660000

Total Penjualan 2010



686160000

Perkiraan pendapatan operasional pada tahun ke-2

Thn

Menu

Jumlah Barang

Harga satuan

Perkiraan

(Rp)

Pendapatan (Rp)

2011

· Ice Coffee





Love coffee

4320

10000

43200000


Global coffee

2160

9000

19440000


Fruit coffee

3600

10000

36000000


Honey coffee

4320

10000

43200000


Flower coffee

3240

9500

30780000


Banana coffee

3240

8000

25920000


Cream coffee

3240

9500

30780000


Couple coffee

3240

10000

32400000


Mellow coffee

3600

9000

32400000


· Hot coffee





Dark coffee

2160

5000

10800000


Brown coffee

2520

6000

15120000


Milk coffee

2160

6000

12960000


chocho coffee

2160

7500

16200000


Magic coffee

1440

6000

8640000


Bule coffee

1800

6000

10800000


· Cake





Rose cake

5040

9000

45360000


Yummy cake

5760

9500

54720000


Chocolate cake

5760

9000

51840000


Sweet cake

3960

9000

35640000


Sun cake

4320

8500

36720000


Maesto cake

4680

8500

39780000


Creamy cake

4320

9000

38880000


Cha-cha cake

4680

8500

39780000


Rolesto cake

4680

8500

39780000

Total Penjualan 2011



751140000

Perkiraan pendapatan operasional pada tahun ke-3

Thn

Menu

Jumlah Barang

Harga satuan

Perkiraan

(Rp)

Pendapatan (Rp)

2012

· Ice Coffee





Love coffee

4680

10000

46800000


Global coffee

3240

9000

29160000


Fruit coffee

2880

10000

28800000


Honey coffee

4680

10000

46800000


Flower coffee

2880

9500

27360000


Banana coffee

4320

8000

34560000


Cream coffee

2880

9500

27360000


Couple coffee

2520

10000

25200000


Mellow coffee

4320

9000

38880000


· Hot coffee





Dark coffee

2520

5000

12600000


Brown coffee

1800

6000

10800000


Milk coffee

2520

6000

15120000


chocho coffee

2520

7500

18900000


Magic coffee

1800

6000

10800000


Bule coffee

1440

6000

8640000


· Cake





Rose cake

4680

9000

42120000


Yummy cake

6120

9500

58140000


Chocolate cake

6120

9000

55080000


Sweet cake

4680

9000

42120000


Sun cake

3960

8500

33660000


Maesto cake

4320

8500

36720000


Creamy cake

4680

9000

42120000


Cha-cha cake

5040

8500

42840000


Rolesto cake

5400

8500

45900000

Total Penjualan 2012



780480000






Di bawah ini dicantumkan perkiraan laporan keuangan untuk bulan pertama operasional perusahaan (Bulan Juli).

Green Coffee

Income Statement

For The Month Ended December, 2010, 2011, 2012


2010

2011

2012

Revenue

Rp 686,160,000

Rp 751,140,000

Rp 780,480,000

Variable cost

Rp 333,484,000

Rp 374,793,000

Rp 390,800,000

Contribution margin

Rp 352,676,000

Rp 376,347,000

Rp 389,680,000

Fixed cost

Rp 265,200,000

Rp 265,200,000

Rp 265,200,000

Earning before tax

Rp 87,476,000

Rp 111,147,000

Rp 124,480,000

PPh

Rp 8,747,600

Rp 11,114,700

Rp 12,448,000

Net Income

Rp 78,728,400

Rp 100,032,300

Rp 112,032,000

Green Coffee

Owner's Equity Statement

For The Month Ended Desember 31, 2010,2011,2012


2010

2011

2012

Modal awal

Rp 292,500,000

Rp 371,228,400

Rp 472,607,000

Penambahan laba

Rp 78,728,400

Rp 100,032,300

Rp 112,032,000

Modal akhir

Rp 371,228,400

Rp 471,260,700

Rp 584,639,000

Pembagian laba per modal sekutu yang disetor:


Nama

Modal awal

persentase

Laba dibagikan

2010

2011

2012

Sekutu Pasif

Heliani Goland, S.E

Rp. 70.000.000

26,42%

Rp 20,800,043.28

Rp 26,428,533.66

Rp 29,598,854.40

DeriL Festinoval S.pd

Rp. 70.000.000

26,42%

Rp 20,800,043.28

Rp 26,428,533.66

Rp 29,598,854.40

Sekutu Aktif

Ervinah, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%

Rp 7,424,088.12

Rp 9,433,045.89

Rp 10,564,617.60

Tri Ilma, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%

Rp 7,424,088.12

Rp 9,433,045.89

Rp 10,564,617.60

Ira Kartika, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%

Rp 7,424,088.12

Rp 9,433,045.89

Rp 10,564,617.60

Agung, S.E

Rp. 25.000.000

9,43%

Rp 7,424,088.12

Rp 9,433,045.89

Rp 10,564,617.60

Adi Prasetya, S.pd

Rp. 25.000.000

9,43%

Rp 7,424,088.12

Rp 9,433,045.89

Rp 10,564,617.60

Green Coffee

Balance Sheet

December 31, 2010,2011,2012






2010

2011

2012

Assets




Cash

Rp 161,400,000

Rp 165,507,500

Rp 180,425,000

Komputer

Rp 8,000,000

Rp 6,400,000

Rp 4,800,000

Printer

Rp 1,000,000

Rp 800,000

Rp 600,000

Cash Machine

Rp 5,000,000

Rp 3,750,000

Rp 2,500,000

Coffee Machine

Rp 6,000,000

Rp 5,400,000

Rp 4,800,000

Oven

Rp 1,000,000

Rp 900,000

Rp 800,000

Kitchen Tools

Rp 70,000,000

Rp 56,000,000

Rp 42,000,000

Small Table

Rp 3,600,000

Rp 3,150,000

Rp 2,700,000

Long Table

Rp 4,500,000

Rp 3,937,500

Rp 3,375,000

Chairs

Rp 12,000,000

Rp 10,500,000

Rp 9,000,000

Freezer

Rp 5,000,000

Rp 4,000,000

Rp 3,000,000

Sound System

Rp 5,000,000

Rp 4,000,000

Rp 3,000,000

Other Asset

Rp 10,000,000

Rp 9,000,000

Rp 8,000,000

Total Asset

Rp 292,500,000

Rp 273,345,000

Rp 265,000,000

Liabilities And Equity




Liabilities

Rp 27,500,000

Rp 8,345,000

Rp -

Equity

Rp 265,000,000

Rp 265,000,000

Rp 265,000,000

Total Liabilities And Equity

Rp 292,500,000

Rp 273,345,000

Rp 265,000,000

Penyusutan untuk computer, printer, mesin kopi, cash machine, kitchen tools, tables, chairs, freezer, dan sound system disusutkan dengan menggunakan metode garis lurus. Adapun masa tiap peralatan adalah sebagai berikut:


Origin cost (Rp)

year

Depretiation (Rp)

Komputer

8,000,000

5

1,600,000

Printer

1,000,000

5

200,000

Cash Machine

5,000,000

4

1,250,000

Coffee Machine

6,000,000

10

600,000

Oven

1,000,000

10

100,000

Kitchen Tools

70,000,000

5

14,000,000

Small Table

3,600,000

8

450,000

Long Table

4,500,000

8

562,500

Chairs

12,000,000

8

1,500,000

Freezer

5,000,000

5

1,000,000

Sound System

5,000,000

5

1,000,000




PENUTUP

Bisnis coffee shop ini sebenarnya adalah bisnis yang telah lama ingin penulis geluti, sebagai wujud kepedulian penulis terhadap aspirasi kebutuhan masyarakat Serang dan menyalurkan bakat dan kemampuan berbisnis serta mempererat tali silaturahmi antar rekan kerja.

Demikianlah business plan yang telah berusaha penulis susun seoptimal mungkin. Semoga segala ide, pikiran, dan konsep yang telah tertuang dalam business plan ini benar-benar dapat terealisasikan. Amin.

No comments:

Post a Comment