Heyyy...

Wednesday, July 15, 2009

Business pLan punya riZkita Effendi...

I. Profil Perusahaan

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

* Bentuk Perusahaan : Perusahaan Produksi



SAUNG TEMPE


* Nama Perusahaan :

B. Alamat Perusahaan : Jalan Raya Kota Legenda no.90

C. Gambar Logo Perusahaan


D. Visi Perusahaan

Menciptakan sebuah restauran khas tempe yang terbaik dan berkualitas tinggi, sehingga mampu memperkenalkan produk asli Indonesia yaitu tempe

E. Misi Perusahaan

* Mengubah image tempe yang merupakan makanan murahan menjadi makanan mewah.

* Menjadikan tempe menjadi makanan khas Indonesia yang akan dikenal di seluruh dunia.

F. Tujuan Perusahaan

* Menciptakan cita rasa yang berbeda bagi tempe yang akan digemari oleh semua kalangan.

* Membuat tempe menjadi makanan yang mewah namun dengan harga yang terjangkau.

G. Bidang Usaha Perusahaan : Produk

H. Susunan Pengurus


I. Modal yang Diinvestasikan

Modal awal yang diinvestasikan sebesar 500 juta rupiah

II. Latar Belakang Pendirian Perusahaan

Tempe merupakan salah satu makanan asli buatan Indonesia. Keunikan makanan tersebut menjadi salah satu latar belakang pendirian restauran tempe. Tempe sudah sangat akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai tempe, namun selama ini tampilan dari tempe sangat standar, hanya digoreng dan ditumis, sehingga harga jual tempe sangat murah dan tempe mempunyai image makanan murahan. Padahal apabila dikemas dengan sedemikian rupa tempe bisa menjadi makanan yang mewah. Dengan demikian kami ingin meningkatkan nilai jual tempe, sehingga tempe bisa menjadi makanan mewah namun dengan harga yang terjangkau sehingga mengungguli restauran cepat saji.

III. Analisis Lingkungan Bisnis

  1. Analisis 4 Pelaku Utama Bisnis

1. Company (perusahaan)

  1. Penguasaan Pasar

Kami menargetkan dalam jangka pendek akan menguasai pasar sebesar 30%, namun dalam jangka panjang, setelah Saung Tempe dibuka di seluruh daerah pariwisata di Indonesia, kami yakin dapat menguasai pasar sebesar 70%, karena tempe sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia serta harga dari tempe tersebut cukup terjangkau, kami sangat yakin bahwa penguasaan pasar dari Saung Tempe ini dapat mengalahkan restauran cepat saji yang berasal dari luar negri.

Untuk lebih jelasnya kita deskripsikan tabel di bawah ini. Pada tahap pertama Saung Tempe menguasai pasar sebesar 30%, setelah mencapai target tersebut kami akan mulai membuka cabang di beberapa daerah pariwisata dan kota-kota lainnya yang mempunyai potensi pasar sehingga kami dapat menguasai pasar sebesar 50%, dan tahap selanjutnya adalah pengembangan di seluruh cabang sehingga kami dapat mencapai target 70% mengungguli makanan cepat saji yang diimpor dari luar negri.

  1. Modal Perusahaan

Perolehan modal perusahaan 60% diperoleh dari harta pribadi sedangkan 40% diperoleh dari pinjaman bank.

  1. Sumber Daya Manusia

Saung Tempe ini membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak, karena kita berencana membuka cabang di seluruh daerah pariwisata di Indonesia. Untuk pengatur atau yang biasa disebut manajer, kami akan mempekerjakan orang-orang yang berkualitas, berpengalaman, dan mempunyai tingkat EQ serta SQ yang tinggi, sedangkan untuk para staf pekerja yang terjun langsung dalam melayani pelanggan tidaklah harus yang berpengalaman, tapi dia harus mempunyai sifat pekerja keras, mempunyai keinginan untuk belajar, EQ serta SQ yang tinggi dan maksimal menempuh pendidikan SMA/sederajat. Pada intinya kami sangat mengutamakan orang-orang yang tingkat EQ dan SQnya cenderung baik.

  1. Kualitas produk

Kualitas dari produk Saung Tempe ini dapat dikatakan sangat baik, karena kami memilih kedelai-kedelai yang paling berkualitas yang diproduksi sendiri oleh Indonesia.

  1. Deferensiasi

* Deferensiasi Produk

Kami lebih menciptakan kepada sebuah inovasi-inovasi baru untuk produk Saung Tempe ini. Kami memadukan tempe yang asli Indonesia dengan bumbu-bumbu dari luar negeri seperti Jepang, Italia, dan Amerika. Bukan hanya diolah dengan bumbu-bumbu dari luar negri tetapi juga kami mengolahnya dengan olahan asli Indonesia. Beberapa diferensiasi produk yang akan kami produksi adalah sebagai berikut:

* Tempe yang diolah dengan pengolahan masakan Jepang

* Tempe Teriyaki

* Mi Ramen Tempe

* Tempe Katsu

* Tempe yang diolah dengan pengolahan masakan Italia

* Pizza Tempe

* Lasagna Tempe

* Spagheti Tempe

* Tempe yang diolah dengan pengolahan masakan Amerika

* Temburger

* Friedtempe

* Tempe yang diolah dengan pengolahan masakan asli Indonesia

* Sate tempe

* Tempe kukus

* Tempe Bakar

* Nasi Goreng Tempe

* Rendang Tempe

* Soto Tempe

* Gulai Tempe

* Diferensiasi Pelayanan

* Pelayanan yang ramah dan menyenangkan.

* Diutamakannya kesopanan dalam pelayanan.

* Para Pelayannya yang menggunakan pakaian adat daerah.

* Adanya arena bermain khusus untuk anak-anak.

* Interior ruangan yang bernuansa Indonesia asli.

2. Costumer (pelanggan/konsumen)

Dengan mempertahankan cita rasa dan pelayanan yang baik dan dengan membuat inovasi-inovasi yang kreatif baik di dalam produksi, harga, maupun pelayanan serta sangat memperhatikan kesehatan dan keamanan produk untuk dikonsumsi maka kami yakin bahwa restauran tempe akan terus mendapat kepercayaan dari konsumen.

Kami menargetkan pelanggan kami adalah dari semua kalangan baik kalangan menengah ke atas ataupun menengah ke bawah, baik anak-anak maupun orang dewasa, karena kami menciptakan sebuah makanan mewah dengan harga yang terjangkau.

3. Competitor (pesaing)

  1. Jumlah Competitor

Jumlah pesaing secara keseluruhan sangat banyak, karena sekarang sudah banyak yang membuka restauran, namun pesaing terberat kami adalah restauran-restauran cepat saji seperti KFC, Texas, Mcd, A&W, dan lain-lain, karena restauran cepat saji tersebut digemari oleh seluruh kalangan dengan harga yang terjangkau. Namun di sisi lain Saung Tempe ini mempunyai kelebihan, yaitu suatu keunikan yang belum pernah ada di Indonesia.

  1. Penguasa skala ekonomi

Penguasaan pasar dari restauran-restauran cepat saji itu di Indonesia dapat dikatakan sebesar 60%.

  1. Merek

* KFC

* Texas

* A&W

* McD

* dan lain-lain

  1. Loyalitas pelanggan

Kesetiaan pelanggan terhadap restauran cepat saji tersebut karena makanan yang diproduksinya enak, menarik, unik dan terjangkau, serta pelayanan yang ramah dari para pelayannya.

  1. Harga yang ditawarkan

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, sekitar Rp 7.000,-/paket sampai dengan Rp 30.000,-/paket

  1. Analisa SWOT(strength(kekuatan), weaknesses(kelemahan), opportunity(peluang), threats(ancaman)

* Usaha ini akan mampu menyaingi restaurant cepat saji dan akan menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang akan menyerap tenaga kerja tingkat SMA/sederajat ke bawah, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran yang berpendidikan rendah. Saung Tempe juga bisa sekaligus mempromosikan makanan khas Indonesia yang dapat divariasikan menjadi lebih unik, enak, dan menarik. Oleh karena cabang Saung Tempe dibuka di daerah pariwisata, maka Saung Tempe akan dapat mempromosikan daerah-daerah pariwisata di Indonesia, terutama daerah pariwisata alam.

* Kelemahan dari Saung Tempe adalah masih melekatnya image tempe bahwa tempe adalah makanan murahan, sehingga kami perlu berusaha untuk merubah image tersebut dan hal itu merupakan tantangan bagi kami.

* Dengan adanya Saung Tempe ini kami yakin akan dapat memperoleh penguasaan pasar yang tinggi di bidang kuliner mengalahkan restauran cepat saji lainnya.

* Loyalitas pelanggan terhadap pesaing sulit didapatkan karena masyarakat lebih akrab dengan produk pesaing.

  1. Analisa POAC

* Perencanaan dari Saung Tempe ini dirancang dengan sesempurna mungkin. Kami akan selalu melakukan penelitian tentang cita rasa yang seperti apa yang disukai oleh semua kalangan. Kami akan selalu melakukan riset di setiap daerah.

* Organisasi dari Saung Tempe ini sangat terstruktur. Mulai dari pemilik yang membawahi manager-manager di setiap restauran, yang mana manager-manager tersebut adalah pemimpin dan berhak mengambil keputusan bagi restauran di tiap cabang daerah. Setiap manager membawahi beberapa supervisor dari dua bagian, yaitu bagian produksi yang mana bagian ini akan bertanggung jawab terhadap produksi dan distribusi dari tempe itu sendiri, dan bagian yang kedua adalah bagian pelayanan, yang mana bagian ini akan bertanggung jawab terhadap pelayanan dan pemasaran. Selajutnya supervisor tersebut membawahi para pelayan yang akan bersentuhan langsung dengan para pelanggan kami.

* Saung Tempe ini akan berusaha seprofesional mungkin baik dalam bidang produksi mauoun pelayanan. Kami akan memprioritaskan weekend dan hari libur nasional untuk melayani pelanggan.

* Manager-manager di setiap daerah yang mengawasi seluruh kegiatan, baik perencanaan yang merupakan penelitian maupun pelaksanaan pengorganisasian agar sesuai dengan rencana awal.

IV. Strategi Perusahaan

  1. Cara meningkatkan produksi

Saung Tempe akan melakukan berbagai inovasi baru dalam meningkatkan produktivitas. Kami akan selalu menerima kritikan dan masukan dari pelanggan sebagai acuan kami dalam meningkatkan produksi. Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dan terus meningkatkan produktivitas dari Saung Tempe, kami yakin akan selalu mendapatkan loyalitas pelanggan.

  1. Memperbesar usaha

Langkah awal kami dalam memperbesar Saung Tempe ini adalah membuka cabang di beberapa kota di Indonesia dan di beberapa daerah pariwisata di Indonesia yang memenuhi potensi pasar.

  1. Mengatasi pesaing

Kami akan selalu mempertahankan cita rasa khas tempe dan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan selalu memberikan masakan yang terbaik dengan harga yang terjangkau bagi para pelanggan, sehingga loyalitas pelanggan terhadap Saung Tempe akan tetap bertahan.

Oleh karena pesaing terbesar kami adalah restauran cepat saji, maka kami menggunakan kelemahan dari restauran cepat saji sebagai peluang bagi kami untuk menciptakan keunggulan yang tidak dimiliki oleh restauran cepat saji yaitu masakan yang sehat dan bebas dari pengawet.

  1. Mengatasi masalah kebangkrutan

Menetapkan usaha kunci yang mana akan menjadi sebuah usaha cadangan apabila usaha Saung Tempe ini mengalami penurunan.

V. Strategi Fungsional Perusahaan

Manajemen Sumber Daya Manusia

Saung Tempe ini membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak, karena kita berencana membuka cabang di seluruh daerah pariwisata di Indonesia. Untuk pengatur atau yang biasa disebut manajer, kami akan mempekerjakan orang-orang yang berkualitas, berpengalaman, dan mempunyai tingkat EQ serta SQ yang tinggi, sedangkan untuk para staf pekerja yang terjun langsung dalam melayani pelanggan tidaklah harus yang berpengalaman, tapi dia harus mempunyai sifat pekerja keras, mempunyai keinginan untuk belajar, EQ serta SQ yang tinggi dan maksimal menempuh pendidikan SMA/sederajat. Pada intinya kami sangat mengutamakan orang-orang yang tingkat EQ dan SQnya cenderung baik.

Selain itu untuk Saung Tempe yang berada di daerah pariwisata kami mengutamakan penduduk sekitar untuk menjadi karyawan kami, sehingga dapat mengurangi urbanisasi di kota-kota kerja.

Manajemen Oprasi

Produk-produk yang dikeluarkan Saung Tempe adalah makanan-makanan yang selalu unik khas Indonesia yang dipadupadankan dengan bumbu-bumbu dari beberapa negara yang terkenal dengan kulinernya.

Manajemen Pemasaran

Setelah mencapai 30% penguasaan pasar, kami akan mencoba membuka cabang di daerah pariwisata alam di Indonesia. Yang menjadi tantangannya adalah bagaimana para pelanggan mengetahui bahwa ada Saung Tempe di daerah pariwisata alam. Sebagai penyelesainnya adalah kami akan mempromosikan daerah-daerah pariwisata tersebut di Saung Tempe yang berada di kota-kota yang mempunyai potensi pasar. Dengan demikian selain dapat memasarkan produk asli Indonesia yaitu tempe kami juga dapat mempromosikan daerah-daerah pariwisata alam yang berada di Indonesia.

Manajemen Keuangan

Menentukan harga produk di bawah harga pesaing yang dapat dijangkau oleh masyarakat di seluruh kalangan dan mengelola keuangan perusahaan dengan bijak.

VI. Penutup

Tempe adalah makanan khas Indonsia yang harus dipertahankan. Adanya Saung Tempe diharapkan dapat mengangkat image tempe sehingga nilai jual tempe lebih tinggi dan disukai oleh seluruh kalangan sekaligus dapat menurunkan tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap junkfood.

1 comment:

  1. Casino Kings | Book Now - Jackson Hole Casino and Resort
    Casino Kings is Jackson 경산 출장마사지 Hole, MI's 목포 출장안마 premier gaming 시흥 출장마사지 destination with over 100 years of 용인 출장샵 experience and the best gambling experience on the Mississippi 세종특별자치 출장마사지 Gulf Coast.

    ReplyDelete